Sukses

Libur Panjang, Jalur Puncak Macet 8 KM

Libur panjang Hari Raya Nyepi yang dimulai Sabtu ini, membuat lalu lintas macet parah di kawasan Puncak.

Liputan6.com, Puncak - Banyaknya tempat wisata di kawasan Puncak, Bogor masih menjadi primadona bagi warga ibukota sebagai tempat untuk menghabiskan waktu libur panjang. Seperti yang terjadi pada libur panjang Hari Raya Nyepi yang dimulai Sabtu ini.

Akibatnya, kemacetan lalu lintas terjadi di kawasan Puncak. Kendaraan roda empat pun mengular hingga sepanjang 8 kilometer.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (29/3/2014) pukul 09.00 WIB di Pos Polisi Gadog, lalu lintas di Jalur Puncak mengalami kemacetan hingga ke pintu Tol Ciawi. Kepadatan antrean diperparah adanya pelebaran jalan, tepatnya di KM 47 arah Puncak.

Biasanya, kendaraan menuju Puncak menggunakan 2 lajur. Namun karena perbaikan jalan itu, hanya satu lajur saja yang dibuka. Sehingga kendaraan yang ingin menuju kawasan puncak harus bergantian.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang semakin parah, Satlantas Polres Bogor memberlakukan one way system atau sistem satu arah. Sistem tersebut berlaku pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Saat one way system diberlakukan, kendaraan dari Riung Gunung, Puncak ditutup. Sedangkan dari Pintu Keluar Tol Ciawi ke arah Puncak menggunakan 2 jalur.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Muhammad Chaniago menyarankan kepada pengendara, agar bersabar dalam antrean dan tidak melakukan pelambungan-pelambungan jalur. Sebab pelambungan jalur bukan solusi, tapi justru menjadi biang kemacetan.

"Kami juga mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati selama melakukan perjalanan di kawasan Puncak. Terutama di titik-titik rawan kemacetan dan juga longsor.

Ditambah bila cuaca sedang buruk, sambungnya, kabut akan menyelimuti kawasan Puncak sehingga jarak pandang akan terbatas.

"Diperkirakan arus kendaraan akan meningkat pada sore hari, mengingat banyak orang yang akan menghabiskan hari libur panjang dari hari Sabtu hingga hari Senin mendatang," pungkas  AKP Muhammad Chaniago. (Yus Ariyanto)

Baca Juga:

Liburan ke Puncak? Simak Pengaturan Lalu Lintasnya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini