Sukses

Upacara di Pantai Jelang Hari Raya Nyepi

Ribuan umat Hindu dari Kota Mataram dan Lombok Barat, NTB, memenuhi areal Pantai Melase Lombok Barat.

Liputan6.com, Mataram - Menjelang Kamis senja, ribuan umat Hindu dari kota Mataram dan Lombok Barat, NTB, memenuhi areal Pantai Melase Lombok Barat. Mereka berbondong-bondong menuju area tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (29/3/2014), berbagai perlengkapan sembahyang juga turut dibawa dan disiapkan untuk mengikuti prosesi upacara melasti. Upacara melasti merupakan proses pembersihan diri sebelum upacara Nyepi.

Upacara tersebut digelar oleh sebagian besar umat Hindu Dharma di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat.

Usai pesembahyangan dan pembacaan doa, sejumlah persembahan pun mereka larungkan ke tengah samudera.

Sementara itu, ritual Melasti umat Hindu dari berbagai wilayah di Yogyakarta juga tak jauh berbeda. Mereka juga mendatangi pantai, yakni Pantai Parangkusumo di Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Mereka datang dengan membawa sesaji berupa hasil bumi, yang selanjutnya ditata dalam altar tepi pantai. Upacara melasti itu sekaligus ritual doa memohon kedamaian dan kehidupan yang lebih baik.

Laut menjadi pilihan tempat dilaksanakannya upacara Melasti. Karena umat hindu meyakini air laut adalah air suci, yang bisa membersihkan segala jenis kotoran yang ada pada setiap benda termasuk dalam diri manusia.

Suasana jelang Hari Raya Nyepi di Bali, pembuatan patung ogoh-ogoh ramai dibuat oleh warga kota Denpasar. Uniknya, patung ogoh-ogoh tidak saja dibuat dalam ukuran besar, namun juga mulai ramai dibuat dalam ukuran mini khusus untuk anak anak.

Salah satu kawasan yang banyak menjual patung ogoh-ogoh mini adalah di sepanjang Jalan Kapten Agung, Denpasar.

Tema yang diwujudkan dalam patung ogoh-ogoh mini, selain tema buta kala yang cukup menyeramkan, ada juga tema film kartun seperti sponge bob atau tema lainnya sesuai dengan pesanan.

Harga yang dipatok untuk patung ogoh-ogoh mini adalah bervariasi. Mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta. (Tanti Yulianingsih)

Baca Juga:

Polresta Medan Amankan 14 Kotak Senjata Api di Kantor Pos

[VIDEO] Cegah Rusuh, Polisi Amankan Kawasan Pasar Raya Bima

Kasus Pembakaran Hutan di Riau Segera Disidangkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.