Sukses

Landasan Pacu Lanud Iswahyudi Diperbaiki, 9 Jet Pindah ke Solo

Sejumlah pesawat tempur telah pindah ke Bandara Adi Soemarmo, Solo sejak Senin 17 Maret 2014.

Liputan6.com, Solo - Runway atau landasan pacu Bandara Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, sedang dalam proses perbaikan. Untuk itu, sejumlah pesawat tempur yang bermarkas di bandara tersebut pun dipindah ke Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Pemindahan markas itu akan berlangsung hingga 1,5 bulan ke depan sembari menunggu proses perbaikan runway.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo, Kolonel (Penerbang) Agus Radar Sucahyo mengatakan, sejumlah pesawat tempur telah pindah ke Solo sejak Senin 17 Maret 2014. Pesawat-pesawat yang dipindahkan ke Solo meliputi 6 pesawat T-50, 2 pesawat F-5, serta 1 pesawat Hawk MK-53. "Yang pindah ke sini itu Skuadron Udara 14 dan Skuadron Udara 15," kata dia di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jumat (21/3/2014).

Agus Radar mengungkapkan, selain dipindahkan ke Bandara Adi Soemarmo, pesawat F-16 yang bermarkas di Bandara Iswahyudi, Madiun dipindahkan ke Medan. "Skuadron 3 pindah ke Madiun untuk sementara waktu. Pemindahan direncanakan sekitar 1,5 bulan sambil menunggu perbaikan runway Iswahyudi selesai," papar dia.

Dikatakan Agus Radar, pemindahan pesawat tersebut hanya untuk tempat tinggal landas dan pendaratan. Sementara, latihan tempur tetap digelar di atas langit Madiun. "Kalau latihan tetap di Madiun, tetapi untuk take off dan landing di Bandara Solo," jelas dia.

Adanya pemindahan sejumlah pesawat tempur ke Solo, menurut dia, tidak mengganggu terhadap jadwal penerbangan reguler. Sebab, jadwal penerbangan pesawat-pesawat itu memanfaatkan jam-jam di luar jadwal penerbangan reguler dan sipil. "Tidak sampai mengganggu penerbangan sipil-lah," tutur Agus Radar. (Rizki Gunawan)

Baca juga:

16 Jet Tempur F-16 Segera Bermarkas di Pekanbaru
TNI Beli 16 Pesawat Tempur Baru `Golden Eagle`
Indonesia-Korsel Kembangkan Generasi Baru Pengganti Pesawat F16

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.