Sukses

Gempa 5,4 SR Goyang Mukomuko Bengkulu

Gempa tektonik berkekuatan 5,4 scala Richter menggoyang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu Gempa tektonik berkekuatan 5,4 scala Richter menggoyang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Gempa terjadi pada Sabtu (15/3/2014) pukul 16.37 WIB. Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situsnya mencatat lokasi gempa pada 4.12 Lintang Selatan dan 100.26 Bujur Timur, pada posisi 208 kilometer barat daya Mukomuko Bengkulu dengan kedalaman 51 kilometer.

Masyarakat yang merasakan getaran gempa langsung menghentikan aktivitasnya dan bersiaga. Jika terjadi gempa susulan mereka berencana mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Sebab Mukomuko adalah wilayah yang sangat dekat dengan laut.

Sutan Arbi (54) yang dihubungi lewat telepon menyatakan warga hanya bersiap dan bergerak mengungsi jika ada gempa susulan yang lebih besar.

"Kami merasakan tapi tidak terlalu besar, saat ini kami sedang mempersiapkan perbekalan, jika terjadi gempa susulan yang lebih besar, kami akan mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi," ujar Arbi.

Heri Sindem (36), warga Kecamatan Ipuh Mukomuko Selatan mengaku tidak terlalu khawatir dengan goyangan gempa yang baru saja terjadi. Warga hanya berlari ke luar rumah sejenak dan kembali masuk tanpa terlalu menghiraukan kondisi alam yang memang biasa mereka hadapi.

"Getarannya masih kecil. Kami sudah biasa dengan kondisi ini. Jika digoyang yang lebih besar lagi, baru kami mengambil tindakan," jelas Heri.

Baca juga:

Gempa 6,3 SR Guncang Selatan Jepang, 17 Warga Terluka

AKB48 Pecah di Tujuh Titik Saat Peringati 3 Tahun Gempa Tohoku

Gempa Bawah Laut 6,9 SR Guncang California

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bengkulu

Video Terkini