Sukses

[VIDEO] Bukit di Sibolga Terbakar

Di Sibolga, Sumatera Utara, perbukitan aek manis terbakar. Akibatnya puluhan hektar di 4 titik habis dilalap api.

Liputan6.com, Sibolga - Pembakaran lahan juga terjadi di Sibolga, Sumatera Utara. Pada Rabu 12 Maret kemarin, puluhan hektare lahan di 4 titik perbukitan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan terbakar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (13/3/2014), petugas pemadam kebakaran pun tidak mampu memadamkan api. Sebab, lokasi kebakaran tak dapat dijangkau. Kabut asap pun menyelimuti daerah tersebut. Kondisi itu diperparah dengan kiriman asap dari Provinsi Riau.

Sementara itu, pancaran sinar matahari di Padang Sidempuan, Sumatera Utara, yang tertutup asap rupanya juga berdampak terhadap tanaman palawija.

Para petani tomat, bawang, kacang tanah, dan sejumlah tanaman palawija lainnya mengeluhkan rusaknya tanaman mereka. Akibatnya, hasil tanaman berkurang dan kualitasnya turun.

Di Pekanbaru, Riau, pencemaran udara akibat kabut asap pekat di daerah itu sudah pada batas membahayakan kesehatan warga dalam jangka panjang. Saat ini, konsentrasi partikel debu dalam udara di Provinsi Riau mencapai 2 kali lipat batas tertinggi.

Kabut asap di Provinsi Riau telah terjadi setiap tahun selama 17 tahun terakhir. Pemerintah seharusnya bertindak tegas dan cepat. Karena jika tidak, masyarakat terancam menderita penyakit paru akut bahkan kanker paru.

Baca Juga:

9 Maskapai Batalkan Penerbangan di Bandara Riau Hingga 15 Maret  

[VIDEO] Penyandang Cacat Demo - Bayi Tabung Lahir di RSUD Solo

Kabut Asap di Riau, 58 Penerbangan Dihentikan Sementara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini