Sukses

Tertutup Kabut Tebal, Bandara Solo Ditutup

Usman menjelaskan, kegiatan penerbangan akan dilakukan jika jarak pandang di bandara minimal mencapai 5.000 meter.

Liputan6.com, Solo - Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, ditutup pada pagi ini karena diselimuti oleh kabut tebal. Bandara itu rencananya akan dibuka setelah kabut tebal itu berkurang.

General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman mengatakan kabut tebal telah terjadi saat bandara akan dibuka pada pukul 05.00 WIB tadi. Sehingga, untuk keselamatan penerbangan diputuskan untuk ditutup sementara.

"Sementara bandara ditutup karena ada kabut tebal yang menyebabkan jarak pandang berada dibawah 1.000 meter," kata Usman saat dihubungi Liputan6.com di Solo, Selasa (4/02/2014).

Usman menjelaskan, kegiatan penerbangan akan dilakukan jika jarak pandang di bandara minimal mencapai 5.000 meter.  Sedangkan saat ini sinar matahari sudah mulai masuk sehingga diharapkan kabut tebal itu segera hilang.

"Rencananya bandara akan ditutup hingga pukul 08.30 WIB. Setelah itu kegiatan penerbangan akan kembali normal," ujar dia.

Akibat penutupan ini, sejumlah pesawat yang mendarat pada Senin malam dan rencananya akan berangkat pada Selasa pagi tertunda. "Yang tertunda jadwal keberangkatannya ya pesawat yang bermalam dan berangkat pagi ini," ucap dia.

Usman menambahkan, pengaruh kabut tebal ini tidak mengganggu jadwal kedatangan karena jarak pandang di atas cukup panjang, sedangkan untuk jadwal keberangkatan terganggu karena terhalang kabut tebal. "Untuk arrival kelihatannya bisa, namun untuk takeoff tidak bisa," terang Usman.

Baca juga:

Kabut Sempat Hadang Bandara Adi Soemarmo, 4 Maskapai Delay

Pembersihan Abu Rampung, Bandara Adi Soemarmo Kembali Beroperasi

Siap Dibuka, Pembersihan Abu Bandara Adi Soemarmo Hampir Kelar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini