Sukses

[VIDEO] Status Kelud Turun Jadi Waspada, Zona Aman 3 Km

Penurunan status ini membuat rekomendasi zona aman menjadi 3 kilometer untuk mewaspadai aliran lahar hujan.

Liputan6.com, Kediri - Status Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, diturunkan dari level Siaga menjadi Waspada. Pemberlakuan status ini diterapkan sejak kemarin atau Jumat 28 Februari 2014 pukul 16.30 WIB.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (1/3/2014), berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, telah terjadi penurunan aktivitas Gunung Kelud.

Terutama, turunnya aktivitas kegempaan, gas kimia yang dikeluarkan dan bentuk atau deformasi gunung, serta suhu di sekitar puncak Kelud.

Dengan turunnya status Kelud menjadi Waspada, maka rekomendasi zona aman menjadi 3 kilometer. Warga pun tetap perlu waspada terhadap ancaman aliran lahar hujan.

Gunung Kelud meletus pada Kamis malam 13 Februari silam. Letusan awal ini hanya berselang sekitar 1,5 jam setelah peringatan Siaga Kelud yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Tak lama kemudian terjadi letusan kedua. Korban meninggal akibat dampak letusan Kelud tercatat 7 orang. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

18 Gunung Berstatus Waspada, Termasuk Lokasi Pendakian
Kelud Siaga, Radius 5 Km Steril
BNPB: Pulau Jawa Sangat Rentan Bencana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini