Sukses

[VIDEO] Harapan Masyarakat di Negara Perbatasan Indonesia - Papua Nugini

Puskesmas Sota merupakan satu satunya Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini.

Liputan6.com, Merauke - Puskesmas Sota merupakan satu satunya Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV Kamis (27/2/2014), di puskesmas itu hanya terdapat seorang dokter dan 5 tenaga medis. Sedangkan, Puskesmas itu diperuntukkan untuk melayani sekitar 3.900 warga Sota.

Jarak puskesmas dan rumah warga yang cukup jauh membuat puskesmas sepi dan jarang dikunjungi. Para warga baru akan datang ke puskesmas jika sudah menderita penyakit yang cukup parah.

Mobil operasional puskesmas keliling menjadi salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di kawasan perbatasan itu.

Sebagian besar penyakit yang diderita warga adalah infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan malaria. Hal ini dikarenakan pengetahuan dan kesadaran warga tentang sanitasi sangat kurang.

Terbatasnya peralatan medis dan obat-obatan menjadi salah satu kendala yang juga dihadapi untuk peningkatan kesehatan di wilayah itu.

Untuk penyakit serius yang perlu rujukan ke RS besar juga cukup jauh. Jarak yang harus ditempuh adalah 100km. Belum lagi saat di RS Merauke mereka harus antre lama karena loket yang ada cuma 1.

Semua itu menjadi salah satu harapan dari warga Merauke yang tinggal di perbatasan negeri untuk Indonesia Baru. Penambahan peralatan medis dan obatan-obatan sangat diperlukan, khususnya untuk Puskesmas Sota.

 

Baca Juga:

[VIDEO] Keluh-kesah dan Harapan Nelayan di Perbatasan Timur Indonesia

[VIDEO] Sosialisasi Pemilu Kreatif dengan Aplikasi Game Smartphone 

Moratorium Iklan Kampanye Berlaku, Saleh Hanura: Sudah Kebablasan 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.