Sukses

Ribuan Santri Tolak Proyek Jalan Tol

Ribuan santri dari Ponpes Babakan Ciwaringin menolak penggusuran lingkungan kompleks ponpes untuk proyek pembangunan jalan tol. Mereka memblokade jalur pantura Cirebon-Bandung.

Liputan6.com, Cirebon: Ribuan santri Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jumat (8/5), berunjuk rasa menolak pembangunan jalan Tol Cikampek-Palimanan. Demo para santri dimulai dengan long march dari ponpes menuju jalur pantai utara Cirebon-Bandung. Mereka juga sempat menutup jalan. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Cirebon dan sebaliknya macet total sepanjang tujuh kilometer.
 
Demo santri dan pengasuh ponpes ini dilakukan untuk menentang rencana pembangunan jalan Tol Cikampek-Karawang-Palimanan-Cikapa. Itu karena proyek tersebut akan menggusur kompleks Ponpes Babakan Ciwaringin. Mereka juga menyesalkan pejabat pemerintah yang telah menyebarkan kebohongan publik demi memuluskan proyek tol itu.

Aksi penolakan pembangunan jalan tol oleh santri Ponpes Ciwaringin dengan menutup jalan pantura ini adalah yang kesekian kalinya. Para pendemo mendesak pemerintah agar jalan tol tidak menggusur kompleks ponpes atau dialihkan ke lokasi lain.(IAN/Ridwan Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini