Ratusan Pendukung GAM Berikrar Setia pada NKRI

Oleh Liputan6 pada 27 Jul 2001, 06:06 WIB
270701aGam.jpg
Liputan6.com, Medan: Sebanyak 114 warga Desa Pulau Kampai, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, yang selama ini menjadi pendukung Gerakan Aceh Merdeka menyatakan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ikrar setia pada NKRI dinyatakan di hadapan Kepala Kepolisian Daerah Sumut Inspektur Jenderal Polisi Ansyaad Mbai, Bupati Langkat Samsul Arifin, dan Musyawarah Pimpinan Daerah Langkat di Medan, Rabu (25/7) kemarin.

Ratusan warga Pulau Kampai ini mengaku pernah disumpah anggota kelompok separatis Aceh yang datang dengan senjata lengkap. Tapi sejak 25 Juli, warga menyatakan menolak gerakan separatis itu dan siap mendukung NKRI.

Menurut Kapolda Sumut, selama ini, kawasan Pulau Kampai yang berdekatan dengan perbatasan Aceh, dijadikan pangkalan berbagai aksi kejahatan oleh gerakan separatis Aceh. Dalam operasi khusus di Kecamatan Pangkalan Susu, pekan silam, polisi meringkus 21 anggota GAM. Satu anggota separatis Aceh tewas dalam pembersihan itu. Polisi juga menyita sejumlah senjata seperti granat, satu pucuk senjata jenis FN, 211 butir amunisi AK-47, handy talkie, dan seragam GAM.(TNA/Panogari Panggabean dan Amal Rambe)

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap