Kereta Semen yang Anjlok Mulai Dievakuasi

Oleh Liputan6 pada 06 Agu 2007, 05:38 WIB
070806aka.jpg
Liputan6.com, Padang: Rangkaian kereta semen yang anjlok di dekat Stasiun Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatra Utara, Ahad (5/8) petang, mulai dievakuasi. Gerbong yang tak rusak terlalu parah diselamatkan terlebih dahulu. PT Kereta Api Indonesia juga memperbaiki rel kereta sepanjang 300 meter yang rusak berat.

Hingga saat ini, PT KAI Sumbar belum memperoleh keterangan pasti dari masinis kereta mengenai penyebab kecelakaan. PT KAI Sumbar menjanjikan jalur pengangkutan semen curah dari Indarung ke Teluk Bayur akan kembali normal dalam waktu dua hari.

Menurut Hasman H.S., Kepala Urusan Pengantongan PT Semen Padang, kecelakaan ini mengakibatkan PT Semen Padang tak bisa memenuhi kebutuhan stok semen di Teluk Bayur sebesar 11 ribu ton. Jika dalam lima hari ke depan jalur tersebut belum bisa dilewati, pihaknya akan menanggung kerugian Rp 100 juta per hari.

Kereta nahas ini terguling karena rem blong. Sebanyak 17 dari 20 rangkaian gerbong terlepas, sembilan di antaranya terbalik. Sesaat setelah kecelakaan terjadi, warga sekitar termasuk anak-anak sempat memperebutkan sekitar 150 ton semen senilai Rp 375 juta yang tumpah maupun yang masih berada di dalam gerbong [baca: Kereta Pengangkut Semen Anjlok].(TOZ/Denni Risman dan Arset Kusnadi)

Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

Tutup Video