Sukses

Liligundi, Tanaman Pengusir Nyamuk

Pemanfaatan daun liligundi sebagai obat nyamuk bakar terbukti efektif dalam menanggulangi wabah demam berdarah di Denpasar. Hingga kini baru warga Dusun Sanur Kauh yang memanfaatkan liligundi sebagai obat nyamuk bakar.

Liputan6.com, Denpasar: Dalam setahun terakhir ini banyak warga Dusun Sanur Kauh, Denpasar, Bali membudidayakan tanaman liligundi untuk diolah menjadi obat nyamuk bakar. Proses pengolahan liligundi menjadi obat nyamuk hanya menggunakan alat sederhana. Tak heran jika banyak industri rumah yang mengolah liligundi di Denpasar.

Membuat obat nyamuk bakar liligundi sangat mudah. Pertama-tama daun dijemur sekitar 30 menit kemudian ditumbuk hingga halus. Serbuk gergaji dan bahan perekat kemudian dicampurkan agar dapat dicetak menjadi bentuk kerucut. Warga menjual kemasan yang berisi tiga batang kerucut ini seharga Rp 2.500.

Menurut pecinta tanaman, Bintang Puspayoga pemanfaatan daun liligundi sebagai obat nyamuk bakar terbukti efektif dalam menanggulangi wabah demam berdarah di Denpasar. Keampuhan obat nyamuk daun liligundi dalam membasmi nyamuk tidak kalah hebat dengan obat nyamuk bakar merek terkenal.

Hingga kini, baru Dusun Sanur Kauh yang secara optimal memanfaatkan tanaman yang bisa tumbuh di pematang ini sebagai obat nyamuk bakar. Dibutuhkan sosialisasi untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan tanaman ini sebagai pembasmi nyamuk agar terhindar dari serangan demam berdarah.(JUM/Putu Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini