Sukses

Hari Ini, Pilkada Pertama Kota Depok

Warga Depok, Jabar, hari ini mendatangi sejumlah TPS untuk menyampaikan hak pilih dalam memilih kepala daerah secara langsung. Tahanan Polres Depok juga menggunakan hak pilihnya dengan pengawalan ketat.

Liputan6.com, Depok: Sekitar satu juta warga Depok, Jawa Barat, mendatangi tempat pemungutan suara untuk menyampaikan hak pilih dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota, Ahad (26/6). Para tahanan yang meringkuk di Markas Kepolisian Resor Depok juga menggunakan hak pilihnya. Ini adalah sejarah politik pertama bagi warga Depok dalam memilih kepala daerah secara langsung.

Sedikitnya 140 tahanan Polres Depok dari berbagai kasus menggunakan hak pilihnya. Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan dan Penyelenggara Pemungutuan Suara bersama polisi melayani satu persatu tahanan mencoblos tanda gambar calon pilihan masing-masing. Selama pencoblosan, para tahanan tetap mendapat penjagaan yang ketat dari kepolisian.

Hampir bersamaan, sejumlah kabupaten dan kota di Tanah Air juga menyelenggarakan pilkada pertama secara langsung. Di antaranya, Kota Semarang (Jawa Tengah), Kabupaten Kendal (Jateng), Kabupaten Bantul (Yogykarta), Kabupaten Gunungkidul (Yogyakarta).

Dari pilkada bupati dan wakil bupati Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, pasangan Mawardi Yahya dan Iskandar unggul untuk sementara di enam kecamatan. Pasangan ini memperoleh 64.615 suara ditempel ketat pasangan Saifuddin Azhar-Tol`at Wafa dengan 46.489 suara. Sementara Muhamad Yamin-Jazairi Nahrowi memperoleh 34.376 suara. Ketua Komisi Pemilihan Umum Ogan Komering Ilir Herlambang mengatakan, secara keseluruhan proses penghitungan suara sudah mencapai 90 persen.(ORS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini