Sukses

6 Trik Agar Karir Kian Cemerlang di 2014

Mayoritas pegawai ingin menghasilkan kinerja yang lebih baik di tahun baru.

Menyambut tahun baru, sebagian pegawai mulai merancang berbagai rencana agar bisa bekerja lebih baik dan mencapai lebih banyak prestasi. Maklum, tak ada yang sempurna, dan hidup merupakan ruang belajar untuk terus tumbuh lebih baik.

Seperti dikutip dari Forbes, Rabu (18/12/2013), Direktur Manajemen Karir MBA@UNVC Shawnice Meador mengatakan, mayoritas pegawai ingin menghasilkan kinerja yang lebih baik di tahun baru. Maka Meador membagi sejumlah tips agar para pegawai mampu bekerja dengan lebih cemerlang.

Kunci dari semuanya, para pegawai dituntut untuk mampu menilai kelemahan dan kekuatan yang dimiliki saat ini. Lengkapnya, berikut enam cara bekerja lebih cemerlang di tahun yang baru.

1. Kenali atasan Anda lebih baik

Suka atau tidak suka, atasan mengendalikan nasib karir Anda di perusahaan. Maka, sebagai pegawai, Anda perlu mengenalnya baik secara profesional maupun pribadi.

Meski demikian, tak berarti Anda harus menjadi temannya. Anda hanya perlu mempelajari sikap dan kepribadiannya. Semakin rajin Anda berkomunikasi dengan atasan, semakin baik dampaknya bagi kinerja di Anda di kantor.

2. Percaya diri

Sikap positif dapat terlihat dari ekspresi wajah, postur, intonasi dan kecepatan bicara Anda.

Percaya dirilah bahwa Anda mampu menuntaskan berbagai pekerjaan yang tengah dilakoni. Yakinlah apa yang telah Anda lakukan bermanfaat bagi setiap bagian perusahaan. Tantanglah diri Anda menghadapi 2014 dengan lebih baik dan raih peluang sebanyak-sebanyaknya.


3. Bekerja lebih keras dan cerdas

Beberapa pegawai membatasi dirinya untuk bekerja sesuai jadwal atau sesuai keinginannya. Di tahun yang baru, penting bagi Anda untuk mulai memperbaiki cara kerja di kantor.

Anda harus mulai menyadari, bekerja keras saja tak cukup. Kuncinya adalah menyertainya dengan bekerja cerdas agar Anda mampu memaksimalkan kemampuan pribadi dan menghemat banyak waktu.

4. Jangan paksa diri Anda bekerja terlalu keras

Jika Anda sudah mencapai jenjang karir yang tinggi bahkan menerima sebutan workaholic, sudah saatnya Anda memperlambat laju kerja di kantor. Beristirahatlah sejenak dalam mencapai target-target karir yang terlalu tinggi. Kurangi sedikit beban kerja Anda dan mulailah mengisi stamina di tahun yang baru.


5. Tingkatkan kemampuan komunikasi Anda

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat atasan dan karyawan di kantor adalah keduanya terlalu takut untuk duduk bersama dan membahas masalah yang terjadi. Sebenarnya ketakutan tersebut dapat dihadapi jika Anda mampu berkomunikasi dengan lebih sering dan jujur pada 2014.

Banyak dari Anda menghindari konflik dan enggan mengkomunikasikan masalah di kantor. Sayangnya, kondisi tersebut justru dapat menjadi bumerang yang menciptakan masalah lebih besar. Maka di tahun yang baru, tingkatkan kemampuan komunikasi di kantor guna menghindari salah paham saat bekerja.

6. Pelajari bidang karir Anda

Industri tempat Anda bekerja berubah dengan cepat. Tentu saja Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian dengan cepat. Penting bagi Anda untuk mengetahui berita dan informasi terkini tentang perusahaan guna memenuhi pengatahuan saat berdiskusi di kantor. Ingatlah, informasi punya kekuatan tersendiri. (Sis/Ndw)

 

 Baca juga:

6 Tanda Pegawai Berkorban Terlalu Banyak agar Meraih Sukses

 7 Alasan Karyawan Tak Percaya Pada Bosnya

Lima CEO Terburuk di Dunia Sepanjang 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini