Sukses

6 Fakta Menarik Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Acara akad nikah Kaesang dan Erina dilaksanakan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kini telah sah sebagai pasangan suami istri. Mereka melangsungkan akad nikah Sabtu, (10/12/2022). Suasana haru begitu terasa saat pengucapan ijab qabul yang dilaksanakan di pendopo Agung Royal Ambarrukmo sekitar pukul 13.35 WIB. 

Sebelumnya Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu memasuki lokasi ijab qabul dengan diantar kedua orang tua, serta pihak keluarga termasuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dan kakaknya, Kahiyang Ayu. Terlihat pula cucu Presiden Jokowi Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah ikut mengiringi Kaesang menuju lokasi akad nikah.

Setelah Kaesang dan Erina bertemu di pendopo, mereka dipersilahkan duduk di meja akad nikah yang menghadap ke kiblat. Sebelum akad berlangsung, dibacakan terlebih dulu ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ahmad Nabil Mubarok.

Kaesang pun mengucapkan ijab qabul dalam sekali tarikan napas. "Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Muhammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," ucap Kaesang lantang, dikutip dari YouTube Presiden Joko Widodo, Sabtu (10/12/2022).

Ada banyak hal menarik tentang pernikahan dua sejoli ini. Berikut enam fakta menarik pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (20/12/2022). 

1. Busana

Terlihat Kaesang mengenakan busana pengantin bernuansa putih, senada dengan Erina Gudono. Wanita berusia 25 tahun itu yang datang dengan kereta kencana, terlihat mengenakan kebaya putih dan memakai riasan paes ageng Yogyakarta untuk momen akad nikah tersebut. 

Sementara keluarga besar dari pihak Kaesang terlihat seragam mengenakan busana bernuansa senada, termasuk Presiden Jokowi yang cenderung bernada emas. Adapun Iriana Jokowi yang tampak disanggul memakai busana kebaya buansa emas. Lalu Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu mengenakan balutan kebaya nuansa peach.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Saksi

Mengutip dari kanal News Liputan6.com, Sabtu (10/12/2022) prosesi akad nikah Kaesang dan Erina dimulai sejak pukul 12.00 WIB. Adapun dua orang menteri kabinet Indonesia Maju akan bertindak sebagai saksi. Kaesang menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi saksi dari pihak Erina Gudono. Kaesang menuturkan selain prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih". Setelah itu dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan. Acara itu akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan, di mana sebagian besar merupakan pihak keluarga.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad Kaesang dengan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo. "Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres," kata Kaesang Pangarep usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Selasa, 6 Desember 2022, dilansir dari Antara.

3. Mahar

Adapun mahar yang diberikan Kaesang untuk Erina dari tayangan langsung YouTube Presiden Joko Widodo adalah berupa seperangkat alat salat, uang tunai Rp300 ribu dan logam emas mulia dengan pecahan sesuai dengan tanggal pernikahan mereka, 10 12 20 22. Pembawa mahar yang disebutkan MC adalah Kahiyang Ayu dan Selfi Ananda.

3 dari 4 halaman

4. Seserahan

Seserahan telah dilakukan saat malam midodareni, Jumat, 9 Desember 2022. Di momen itu, Iriana Jokowi menyerahkan seserahan kepada ibunda Erina. Hantaran yang diserahkan berupa pisang raja serta jaddah wajik yang merupakan perlambang reraketan.

Dilihat dari unggahan yang beredar, pihak keluarga Kaesang juga memberikan sebuah perhiasan berupa kalung serta gelang untuk Erina. Perhiasan itu berada dalam satu kotak seserahan yang dihiasi bunga-bunga.

Sementara itu, mengutip kanal news Liputan6.com, Sabtu (10/12/2022), Erina Gudono mengatakan seserahan yang diberikan Kaesang merupakan barang-barang yang dipakai sehari-hari. Namun, Erina enggan mengungkapkan secara rinci apa saja seserahan dari Kaesang. "Untuk seserahan sih barang-barang dari Mas Kaesang ya pada umumnya bisa dipakai sehari-hari," sebutnya.

5. Lokasi 

Akad nikah Kaesang dan Erna dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Setelah itu acara dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan. Acara yang cukup privat itu akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan yang sebagian besar merupakan pihak keluarga. Di momen itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan menyampaikan khotbah nikah.

4 dari 4 halaman

6. Wali Nikah

Allen Adam Gudono, kakak Erina Gudono akan menjadi wali nikah lantaran sang ayah telah meninggal dunia pada 2016. Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 8 Desember 2022, Allen Adam Gudono diketahui adalah anak pertama dan juga satu-satunya putra dari Profesor Gudono dan Sofiatun Gudono.

Kedua orangtuanya dikenal sebaga tenaga pendidik. Allen Adam Gudono merupakan alumnus dari Faklutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Memiliki latar belakang keluarga yang berasal dari dunia pendidikan, tak ayal jika Allen Gudono, kelahiran 7 Agustus 1991 itu pun semangat menimba ilmu.

Setelah meraih gelar sarjananya di UNY, ia juga melanjutkan pendidikannya hingga ke HS Nordhausen dan Goethe University di Jerman. Selama sang kakak menuntut ilmu di Jerman, Erina Gudono bercerita bahwa dirinya tidak bertemu dengan kakaknya selama 5 tahun.

Wanita yang menjadi Finalis Putri Indonesia tahun 2022 ini mengatakan sang kakak adalah seorang yang modis dan tinggi. Usai menempuh pendidikannya di Jerman, Allen dikabarkan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kota Yogyakarta pada 2019 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.