Sukses

Tips ManisdanSedap: Biar Ngga Mudah Kena Tipu Jualan Online

Biar kebal dari aksi tipu-tipu saat berjualan online, ada beberapa tips yang wajib dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Datangnya masa pandemi membawa beragam perubahan, termasuk cara seller menawarkan dan menjual kreasi kulinernya. Pantang menyerah, tak sedikit yang mengubah cara berjualannya dengan memanfaatkan media sosial dan platform online.

Sayangnya, risiko penipuan pun mengintai dengan beragam metode untuk mengelabui penjual. Pengalaman kurang menyenangkan ini juga pernah menimpa seller di ManisdanSedap.com. Sempat happy menerima orderan dalam jumlah besar, nyatanya justru merugi gara-gara kena tipu saat jualan online. Biar kebal dari aksi tipu-tipu, ada beberapa tips yang wajib dicoba.

Pisahkan Nomor Penerima Pesanan dan Nomor Pribadi

Memutuskan untuk serius berwirausaha, gunakan nomor kontak khusus untuk berjualan. Sebaiknya, jangan memakai nomor handphone pribadi, selain terhubung dengan banyak dokumen pribadi, juga memudahkanmu untuk memisahkan antara bisnis dan urusan sehari-hari.

Biasakan Tetap Tenang Menerima Pesanan

Siapa sih yang nggak happy saat menerima pesanan, apalagi dalam jumlah yang cukup besar. Tapi hati-hati, owner Kedai Pastel Lisa mengingatkan untuk tetap waspada. Selalu baca dengan teliti orderan yang diterima dan nggak ada salahnya untuk memeriksa calon pembeli.

Untungnya, ada teknologi canggih yang memudahkanmu untuk mengecek nomor pembeli. Pastikan nama, nomor HP, dan alamat yang diberikan asli dan bebas rekam jejak negatif, agar terhindar dari penipuan online.

Wajib Punya Mbanking

Selain memiliki aplikasi untuk mengecek nomor kontak calon pembeli, ada baiknya melengkapi smartphone dengan mengaktifkan mbanking. Pasalnya, nggak sedikit seller yang tertipu harus mengembalikan sejumlah uang yang salah transfer, padahal kenyataannya nggak ada dana yang masuk ke rekening bank. Tak perlu repot mendatangi bank atau mencari ATM terdekat, aktifkan fitur mbanking yang memudahkanmu untuk mengecek dana masuk atau keluar secara realtime.   

Ikut Komunitas Seller

Persaingan antara sesama penjual nggak harus saling menjatuhkan, kok. Buktinya, seller-seller yang bergabung dalam komunitas ManisdanSedap.com justru saling memberikan update terbaru. Mulai dari tren kuliner, tips dan trik membuat makanan, hingga curhat soal gaya penipuan terbaru.

Owner Jasmine Bakery pun mengingatkan untuk hati-hati memberikan nomor rekening bank, jika belum ada kejelasan data dan orderan. Beberapa seller ManisdanSedap.com juga saling sharing beberapa ciri pesanan penipu:

- Mengaku kelebihan transfer

- Mengaku sudah transfer

- Memaksa seller memberi data pribadi seperti nomer rekening

- Memaksa seller memasukkan data lewat link

- Mengirim bukti transfer palsu

- Ngotot bayar secara COD (Cash on Demand)

- Membuat pesanan dalam waktu mepet dan jumlah banyak, juga minta diantar ke tempat tertentu dengan jarak yang cukup jauh.

Happy mendapatkan pesanan itu sah-sah saja, tapi tetap harus waspada agar terhindar dari penipuan online.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.