Sukses

Amber Heard Ajukan Banding atas Kasus Pencemaran Nama Baik yang Dimenangkan Johnny Depp

Amber Heard menuding banyak kesalahan dalam proses peradilan kasus pencemaran nama baik yang dimenangkan Johnny Depp.

Liputan6.com, Jakarta - Amber Heard secara resmi mengajukan banding atas keputusan hakim untuk kasus pencemaran nama baik yang dimenangkan Johnny Depp. Pihak Heard mendaftarkan banding mereka pada 23 November 2022 ke Pengadilan Banding Virginia.

Diwakili pengacaranya, Heard meyakini banyak kesalahan yang dilakukan di persidangan, termasuk mengizinkan kasus tersebut disidangkan di Virginia dan menolak komunikasi yang dilakukan antara Heard dan sejumlah dokter untuk dijadikan bukti persidangan. Bintang film Pirates of The Caribbean pada Juni 2022 berhasil memenangkan gugatan terhadap Heard.

Pengadilan lalu memutuskan Johnny Depp berhak mendapat kompensasi atas masalah yang ditimbulkan sebesar 10 juta dolar AS dan 5 juta dolar AS lainnya sebagai ganti rugi untuk punitive damage. Belakangan, angkanya dikurangi menjadi 350 ribu dolar AS karena disesuaikan dengan statuta Virginia.

Dikutip dari LA Times, Rabu (7/12/2022), Heard dianggap telah mencemarkan nama baik mantan suaminya lewat esai yang dipublikasikan di Washington Post. Heard yang mengajukan gugatan balik juga mendapat kompensasi 2 juta dolar AS setelah juri memutuskan Depp bertanggung jawab atas komentar tentang Depp yang dilontarkan mantan pengacaranya, Adam Waldman.

Depp sebelumnya menggugat Heard untuk membayar kompensasi sebesar 50 juta dolar pada Maret 2019. Ia menuding esai yang diterbitkan Washington Post dengan server di Virginia itu telah merugikannya senilai puluhan juta dolar. Heard secara tersirat menuduh Depp sebagai 'pelaku kekerasan seksual' dan berimbas pada sejumlah kontrak yang dibatalkan dan pekerjaan yang hilang.

Tuntutan Depp dibalas Heard dengan mengajukan gugatan balik yang menuntut kompensasi 100 juta dolar AS pada musim panas 2020. Elaine Bredehoft, pengacaranya, menyebutkan bahwa kliennya tidak ingin uang tersebut melainkan hanya ingin mengirimkan pesan kepada mantan suaminya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klaim Banding

Dalam dokumen banding, tim hukum Heard mengklaim bahwa California adalah satu-satunya tempat yang tepat untuk persidangan. Mereka juga menyatakan bahwa Virginia adalah "forum yang sama sekali tidak nyaman" untuk kasus tersebut, dengan "kedua belah pihak dan sebagian besar saksi fakta ... berlokasi di California, dengan tidak satupun dari mereka berlokasi di Virginia".

Memori banding juga menyertakan beragam argumen demi menguatkan tudingan kesalahan atas proses pengadilan di Virginia. Salah satunya soal pengecualian keputusan November 2020 dalam kasus pencemaran nama baik yang diajukan Depp sebelumnya terhadap The Sun yang mencapnya sebagai 'pemukul istri'.

Pihak Heard mengklaim bukti yang tidak relevan dan merugikan diizinkan, keputusan November 2020 dalam kasus pencemaran nama baik Inggris yang tidak berhasil diajukan Depp terhadap Matahari, yang telah mencapnya sebagai "pemukul istri". Banding mengklaim bukti yang tidak relevan dan merugikan diizinkan, sementara komunikasi pihak ketiga yang diduga masuk ke pikiran kedua belah pihak - termasuk komunikasi Heard dengan personel medis - dikecualikan.

3 dari 4 halaman

Masih Panjang

Di antara klaim yang diajukan dalam memori banding tersebut, pihak Heard menuding tim hukum Depp tidak bisa membuktikan 'kejahatan yang sebenarnya'. Juri diinstruksikan secara tidak tepat tentang peran kebencian yang sebenarnya dalam kasus tersebut, dan vonis yang berlebihan.

Heard berdalih ia bukan yang menulis judul esai versi online yang dibahas di pengadilan. Mereka juga mengklaim esai yang tidak menyebutkan nama Depp di dalamnya 'tidak cukup mampu menyampaikan implikasi fitnah'.

Kedua belah pihak sudah mengajukan dokumen banding awal pada Juli 2022, pengajuan rinci Depp tidak dilengkapi hingga awal November. Setelah pengajuan rinci Heard juga masuk, kasus ini akan dibawa ke pengadilan panel banding tiga hakim untuk keputusan. Jika Depp atau Heard tidak puas dengan keputusan pengadilan banding, mereka dapat mengajukan petisi ke Mahkamah Agung Virginia.

Di luar urusan hukum, Amber Heard kembali jadi berita setelah ulahnya yang buang air besar sembarangan tersebar viral di dunia maya. Julukan Amberturd pun disematkan kepadanya.

4 dari 4 halaman

BAB Sembarangan

Melansir Hype, Rabu, 9 November 2022, Heard tertangkap kamera sedang BAB di pinggir salah satu jalan di Mallorca, Spanyol pada akhir Oktober 2022. Menurut Poptopic, aktris berusia 36 tahun itu mabuk berat karena minum-minum sepanjang malam. Di hadapan teman-temannya, ia membuka celana dan tampak dengan santai "buang hajat" di trotoar tepat di seberang tempat ia tinggal.

Bintang Aquaman telah tinggal di kota kecil Costitx, Mallorca yang sederhana untuk beberapa waktu. Dikabarkan bahwa Heard tidak berperilaku baik di lingkungan kelas atas akhir-akhir ini karena ia telah menerima keluhan dari tetangganya sendiri.

"Amber pulang ke rumah dalam keadaan mabuk tadi malam, berteriak dan menjerit. Tetangga membencinya, karena ia terus-menerus minum dan berpesta. Ini benar-benar merusak suasana kota kami, dan itu gila bagi saya karena ia mungkin punya anak bersamanya," kata seorang tetangga.

Ia menambahkan bahwa tetangga-tetangga Heard telah menemukan kotoran di trotoar dekat rumah mereka, dan benar saja. Setelah memeriksa CCTV, mereka menemukan bahwa aktris itu memang BAB di pinggir jalan. Setelah kejadian aneh ini, para tetangga secara eksplisit mengatakan bahwa mereka ingin Heard pergi dari sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.