Sukses

Memulai Pemberdayaan Masyarakat dari Warna

Warna, yang dalam hal ini berasal dari cat, juga jadi medium untuk memberdayakan kaum muda Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Let's Color," PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), yang merupakan produsen cat Dulux, merilis program yang bermaksud memaknai warna secara lebih mendalam. Sesuai nama inisiasi tersebut, pihaknya ingin "mewarnai kehidupan masyarakat."

Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Yudhy Aryanto, mengatakan dalam hybrid media gathering, Selasa, 6 Desember 2022, "'Let's Color' bertujuan menularkan energi positif dalam memberi warna di kehidupan masyarakat, dari rumah tinggal sampai bangunan bersejarah yang ikonis di sebuah kota."

Ya, program tersebut berjalan dengan keyakinan bahwa cat dapat mengubah kehidupan dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, bahkan mengubah perilaku masyarakat. Juga, menjadikan tempat tinggal lebih indah, layak huni, dan menyenangkan.

Cat yang berwarna-warni, disambungnya, dapat mengubah keadaan lingkungan dan membuat suasana hati jadi lebih baik. "Berdasarkan pengalaman kami, tempat yang semula, maaf, kumuh, kemudian dicat berwarna-warni, warganya jadi enggan buang sampah sembarangan," tuturnya.

Yudhy menyebut, "Secara tidak langsung, kesadaran itu tumbuh karena melihat lingkungan tempat tinggalnya sudah indah. Jadi mungkin ingin dijaga."

Tidak sampai di situ. Upaya mereka dalam memberdayakan masyarakat juga dilakukan melalui kerja sama dengan SOS Children's Villages. "Kami juga mengajarkan ilmu wirausaha, keterampilan, dan memastikan kondisi kesehatan mental mereka selama pandemi," imbuh Head of Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Niluh Putu Ayu Setiawati, di kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Pendidikan Formal

Sejalan dengan itu, Yudhy berkata bahwa kerja sama dengan SOS Children's Villages juga dimanfaatkan pihaknya untuk memastikan diri terlibat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pendidikan dan pengembangan keterampilan. "Khususnya untuk anak muda," katanya, menambahkan bahwa kerja sama itu sudah terjalin sejak Juli 2022.

Niluh menyambung, pihaknya juga mengajarkan keterampilan di luar pendidikan formal. "Mereka diajak mengecat. Siapa tahu bisa kerja lepas untuk menambah penghasilan, atau setidaknya bisa mengecat rumah sendiri," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga sempat mendatangkan influencer, Chiki Fawzi, untuk berbagi inspirasi pada kaum muda tentang pekerjaannya sebagai ilustrator. Gagasan ini pun merangkul komunitas yang lebih luas.

AkzoNobel bekerja sama dengan otoritas lokal di berbagai daerah untuk memberi "warna baru" pada lokasi ikonis di tempat-tempat tersebut. Salah duanya adalah Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya, Sumatra Barat.

"Kami memberikan (sekitar) lima ribu liter cat untuk mewarnai kembali Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya," kata Niluh.

3 dari 4 halaman

Berdampak pada Masyarakat

Menurut Niluh, wajah baru Jembatan Siti Nurbaya ini telah "meningkatkan ekonomi masyarakat setempat." "Jadi, ada tempat yang sebenarnya biang macet karena banyak orang berjualan sembarangan," ia bercerita.

"Kami bersama pemerintah Kota Padang bekerja sama memberi tempat untuk mereka berjualan, sehingga lebih teratur," tuturnya. "Ini kemudian jadi bukti lain bahwa warna bisa menyentuh kesejahteraan masyarakat."

Komitmen perusahaan melalui berbagai program komunitas dan pengembangan produk diklaim ramah lingkungan kemudian mengantarkan Dulux meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award 2022. Pihaknya kampiun dalam kategori cat dekoratif dengan predikat Double Platinum.

Penobatan merek Dulux didasari hasil riset dan survei lembaga riset MARS Digital Indonesia di beberapa kota besar di Indonesia pada lebih dari 10 ribu responden. Yudha berkata, "Hal ini semakin menambah semangat kami untuk senantiasa menjaga kualitas, meningkatan layanan, dan program yang memberi inspirasi pada masyarakat banyak."

"Kami terus berupaya jadi pemimpin pasar melalui inovasi produk yang mengedepankan keberlanjutan, yang tentunya relevan dengan fokus sinergis antara People, Planet, and Paint," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Sertifikat Green Label

Niluh menuturkan, "Kami akan terus menawarkan yang terbaik dan selalu menyediakan pilihan cat premium bagi para pelanggan kami. Dulux selalu memberi warna yang akurat, hasil akhir yang halus dan rata, serta daya sebar seperti yang tertera pada kemasan, sehingga memberi hasil yang pelanggan harapkan."

Sementara, soal komitmen keberlanjutan perusahaan cat tersebut, Nilai mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi sertifikat Green Label sebagai Environmentally Preferred Paint dari Singapore Environmental Council.

Dalam keterangan, CEO MARS Digital Indonesia, Hardi Saputra, berkata, "Kami mengucapkan selamat pada PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) yang telah memperoleh penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2022 melalui merek Dulux."

"IBBA merupakan apresiasi bagi merek-merek terbaik di Indonesia. Kami melakukan penilaian melalui survei di beberapa kota di Indonesia dengan kurun waktu selama tiga bulan. Dengan metode multistage random sampling, survei dilakukanuntuk mengetahui merek terbaik dari berbagai kategori produk," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.