Sukses

Gratis, Bandara Jewel Changi Singapura Bakal Tayangkan Pertandingan Piala Dunia 2022

Pertandingan Piala Dunia 2022 ini akan tayang secara gratis di Bandara Jewel Changi Singapura mulai 3 Desember 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Jewel Changi Singapura sepertinya enggan melewatkan kemeriahan Piala Dunia 2022. Pihaknya dilaporkan akan menayangkan pertandingan pesta sepak bola empat tahunan itu di Lembah Hutan Shiseido mulai 3 Desember 2022, atau babak 16 besar dan seterusnya hingga final.

Disebut "Football Mania at Jewel," melansir Mothership, Kamis (1/12/2022), acara ini diselenggarakan dalam kemitraan dengan Qatar Airways, maskapai resmi Piala Dunia 2022. Pemirsa dapat menyaksikan pertandingan secara gratis melalui layar LED mega dengan latar belakang tanaman hijau subur.

Menurut Jewel, ini adalah pemutaran publik terbesar di Asia Tenggara yang didukung maskapai penerbangan, dengan ukuran layar sepersepuluh dari panjang lapangan sepak bola. Tempat tersebut dapat menampung hingga 600 penonton.

Pihaknya bahkan menyediakan parkir gratis hingga dua jam dengan pembelanjaan minimal 20 dolar Singapura (sekitar Rp220 ribu) dalam satu struk. Namun, pembelanjaan harus dilakukan di outlet yang berpartisipasi, dari 7 Eleven sampai Starbucks.

Sejumlah gerai F&B yang berpartisipasi itu juga akan beroperasi hingga larut malam selama hari-hari pertandingan. Sementara, terkait aturan parkir gratis mencakup, yakni hanya tersedia pada 5--18 Desember 2022, pada hari pemutaran. Lalu, bil harus dikeluarkan antara pukul 22.00 hingga 6.00, waktu setempat.

Penukaran juga harus dilakukan di outlet yang berpartisipasi, selama persediaan masih ada. Turis juga dipersilakan untuk berpartisipasi, dan mereka dapat menggunakan fasilitas Early Check-in (ECI) yang terletak di Level 1 Jewel sebelum menghadiri pertandingan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memprediksi Pemenang

Menambah keseruan, untuk setiap pertandingan, penonton dapat mencoba memprediksi pemenang dan berkesempatan memenangkan voucer hadiah Jewel. Namun, untuk memenuhi syarat, Anda harus membelanjakan setidaknya 50 dolar Singapura (sekitar Rp550 ribu) dalam satu tanda terima untuk menukarkan satu kartu undian.

Isi kartu dan masukkan ke dalam kotak yang mewakili negara yang menurut Anda akan memenangkan pertandingan. Kotak-kotak itu ditemukan di Lembah Hutan Shiseido, di sebelah layar mega.

Pembawa acara akan mengumumkan pengundian di akhir pertandingan. Di samping itu, ada banyak kegiatan bertema sepak bola, seperti permainan dan kesempatan berfoto, yang berlangsung selama periode tersebut.

Sementara itu, melansir kanal Bola Liputan6.com, Piala Dunia 2022 telah memasuki pertandingan terakhir babak penyisihan grup, dengan beberapa tim masih berjuang meraih tiket ke 16 besar. Tidak kurang dari 10 tim telah memastikan diri melangkah ke babak gugur Piala Dunia 2022 Qatar.  Tiga tim terbaru dalam daftar itu adalah Argentina, Polandia, dan Australia.

3 dari 4 halaman

Melaju ke Babak 16 Besar

Argentina lolos dengan status juara Grup C usai mengalahkan Polandia 2-0 di Stadion 974, Doha, Qatar, Kamis dini hari WIB (1/12/2022). Argentina menang berkat gol Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez.

Polandia, meski kalah, tetap melaju ke babak 16 besar karena Meksiko secara dramatis hanya menang 2-1 atas Arab Saudi. Kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin, tapi Polandia unggul selisih gol atas Meksiko.

Sedangkan Australia maju ke fase gugur setelah mengalahkan Denmark 1-0 di Stadion Al Janoub, Rabu malam, 30 November 2022. Gol kemenangan Australia dicetak Mathew Leckie.

Hasil itu menempatkan Australia di posisi kedua klasemen akhir Grup D dengan enam poin. Sementara Prancis, yang terlebih dahulu maju ke fase gugur Piala Dunia, tetap di puncak klasemen meski kalah 0-1 dari Tunisia karena unggul produktivitas gol.

Sementara itu, enam tim lainnya yang telah menempatkan dirinya di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 adalah Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Brasil, dan Portugal.

4 dari 4 halaman

Sisa Tiket Babak 16 Besar

Tersisa enam tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang masih diperebutkan. Keenam tiket itu ada di Grup E, F, G, dan H.

Di Grup E, Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman masih berpeluang melaju ke fase gugur. Spanyol melawan Jepang di Stadion Khalifa International, Jumat, 2 Desember 2022, pukul 02.00 WIB. Sedangkan Jerman akan menghadapi Kosta Rika di Stadion Al Bayt Stadium pada waktu yang sama.

Dari Grup F, tiket 16 besar bakal diperebutkan Kroasia, Maroko, dan Belgia. Kroasia dan Maroko memiliki empat poin, unggul satu poin atas Belgia yang menempat posisi ketiga. Sedangkan Kanada yang belum menghasilkan poin sudah dipastikan akan pulang.

Di Grup G, satu tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 sudah dipastikan jadi milik Brasil usai mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Satu tiket lagi akan diperebutkan Swiss, Kamerun, dan Serbia.

Dari Grup H, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay masih akan bersaing untuk mendampingi Portugal lolos ke babak 16 besar. Ghana saat ini memiliki tiga poin. Sementara Korea Selatan dan Uruguay mengoleksi satu poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.