Sukses

6 Fakta Menarik Kamerun, Negara Afrika Penghasil Kakao dan Kopi

Nama Kamerun berasal dari Rio dos Camarões yang memiliki arti Sungai Udang.

Liputan6.com, Jakarta - Kamerun, negara yang terletak di persimpangan Afrika barat dan tengah. Penduduknya yang beragam secara etnik termasuk yang paling urban di Afrika barat. Ibu kota Kamerun adalah Yaoundé, terletak di bagian selatan-tengah negara itu.

Kamerun berbatasan dengan Nigeria di barat laut, Chad di timur laut, Republik Afrika Tengah di timur, Republik Kongo di tenggara, Gabon dan Guinea Khatulistiwa di selatan, dan Samudra Atlantik di selatan barat daya.

Nama negara ini berasal dari Rio dos Camarões memiliki arti Sungai Udang. Nama tersebut diberikan kepada Muara Sungai Wouri oleh penjelajah Portugis abad ke-15 dan ke-16.

Camarões juga digunakan untuk menyebut pegunungan di sekitar sungai. Hingga akhir abad ke-19, penggunaan bahasa Inggris membatasi istilah "Kamerun" di pegunungan, sedangkan muaranya disebut Sungai Kamerun atau, secara lokal, Teluk. Pada 1884, Jerman memperluas kata Kamerun ke seluruh protektorat mereka, yang sebagian besar sesuai dengan keadaan saat ini.

Kamerun menempati peringkat di antara produsen biji kakao terbesar di dunia, yang ditanam terutama di selatan. Kopi Robusta juga menyumbang sebagian besar tanaman kopi negara itu, ditanam dengan baik di bagian selatan wilayahnya yang hangat dan lembab maupun di dataran tinggi barat, tempat kopi arabika juga ditanam.

Masih banyak hal mengenai Kamerun, berikut enam fakta menarik Kamerun yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022).

1. Sistem Pemerintahan

Kamerun berbentuk republik kesatuan dengan sistem presidential, di mana Presiden Kamerun adalah kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Kamerun memiliki sistem multipartai. Kekuatan eksekutif dipegang oleh pemerintah. Kekuatan legislatif dipegang baik oleh pemerintah maupun oleh Majelis Nasional Kamerun.

Pemerintah mengesahkan hukum baru pada tahun 1990 yang memperbolehkan pendirian berbagai partai politik dan memperlonggar pembatasan hak berkumpul dan surat kabar swasta. Pemilihan umum parlemen dan presiden Kamerun pertama dalam sistem multipartai diadakan pada 1992, diikuti oleh pemilihan umum daerah pada 1996 dan pemilu parlemen dan presiden kembali pada 1997.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah

Dari bukti arkeologi diketahui bahwa manusia telah menghuni Kamerun setidaknya selama 50.000 tahun, dan ada bukti kuat tentang keberadaan kerajaan dan negara penting di masa yang lebih baru. Dari jumlah tersebut, yang paling banyak dikenal adalahSao yang muncul di sekitar Danau Chad, mungkin pada abad ke - 5 M.

Kerajaan ini mencapai puncaknya dari abad ke-9 hingga ke-15, setelah itu ditaklukkan dan dihancurkan olehNegara bagian Kotoko yang membentang di sebagian besar Kamerun utara dan Nigeria. Kotoko dimasukkan ke dalamKerajaan Bornu pada masa pemerintahan Rābiḥ al-Zubayr (Rabah) pada akhir abad ke-19, dan penduduknya menjadi Muslim.

Islam menjadi kekuatan yang kuat di bagian utara dan tengah negara itu melalui penaklukan, imigrasi, dan penyebaran perdagangan dari Afrika utara dan barat laut. Pembawa paling signifikan dari keyakinan ini, the Fulani, memasuki Kamerun utara pada abad ke-18.

4. Sepakbola Olahraga Populer

Olahraga paling populer di Kamerun adalah sepak bola yang dimainkan di seluruh negeri. Olahraga dipandang sebagai bagian penting dari pembangunan bangsa merupakan kebanggaan patriotik ketika tim nasional, the Indomitable Lions memenangkan Piala Afrika pada 1984 dan 2000.

Kamerun juga menjadi tim Afrika pertama yang melaju ke semifinal Piala Dunia pada 1990. Pada 1999 Lions memenangkan medali emas di All-Africa Games. Kamerun melakukan debut Olimpiade di Olimpiade 1964 di Tokyo. Joseph Bessala memenangkan medali pertama negara itu, medali perak dalam tinju kelas welter, pada Olimpiade 1968 di Mexico City.

Tim sepak bola putra kemudian memenangkan emas di Olimpiade Sydney 2000. Sementara itu Francoise Mbango Etone menjadi wanita Kamerun pertama yang memenangkan medali emas saat dia memenangkan olahraga lompat ganda putri di Olimpiade Athena 2004.

 

3 dari 4 halaman

4. Etnis

 

Kamerun digambarkan sebagai “persimpangan etnis” karena memiliki lebih dari 200 kelompok etnis yang berbeda. Ada tiga kelompok linguistik utama yaitu orang-orang berbahasa Bantu di selatan, orang -orang berbahasa Sudan di utara, dan mereka yang berbicara bahasa Semi-Bantu, terutama terletak di barat.

Kelompok Bantu pertama termasuk Maka, Ndjem, dan Duala. Mereka diikuti pada awal abad ke-19 oleh suku Fang (Pangwe) dan Beti. Mereka orang-orang yang berbahasa Sudan termasuk Sao yang tinggal di Dataran Tinggi Adamawa adalah Fulani dan Kanuri.

Suku Fulani datang dari cekungan Niger dalam dua gelombang, pada abad ke-11 dan ke-19. Mereka adalah Muslim yang mengubah dan menaklukkan orang-orang di lembah Logone dan lembah sungai Kébi dan Faro.

Kelompok Semi-Bantu sebagian besar terdiri dari entitas etnis kecil, kecuali Bamileke yang terkait dengan Bantu, yang tinggal di antara lereng bawah Dataran Tinggi Adamawa dan Gunung Kamerun. Kelompok berbahasa Semi-Bantu barat lainnya termasuk Tikar, yang tinggal di wilayah Bamenda dan di dataran tinggi barat.

Penghuni tertua di negara itu adalah Pigmi, secara lokal dikenal sebagaiBaguelli dan Babinga yang hidup dalam kelompok berburu kecil di hutan selatan. Mereka telah menjadi pemburu dan pengumpul selama ribuan tahun, meskipun jumlah mereka terus berkurang seiring dengan berkurangnya hutan tempat mereka tinggal.

Misi dan kolonisasi Eropa menyebabkan pengenalan bahasa Eropa. Selama era kolonial, bahasa Jerman adalah bahasa resmi itu kemudian digantikan oleh bahasa Inggris dan Prancis yang mempertahankan status resminya.

4 dari 4 halaman

5. Kuliner

Ekwang adalah hidangan khas Kamerun yang terdiri dari cocoyam parut yang diikat dengan daun cocoyam, kemudian direbus perlahan dengan udang karang, minyak sawit, dan berbagai bumbu. Kelezatan ini disiapkan secara tradisional oleh orang-orang Bafaw dari wilayah barat daya Kamerun.

Meskipun membuat ekwang adalah proses yang melelahkan dan memakan waktu karena pelengkap dan pembungkus, sebagian besar juru masak mengklaim bahwa ekwang menghilang paling cepat habis setelah disajikan.

Selanjutnya ada Sup Achu. Secara tradisional disiapkan dan dikonsumsi oleh orang-orang Ngemba dari Wilayah Barat Laut Kamerun. Sup Achu terdiri dari cocoyam yang direbus dan ditumbuk, batu kapur, air, rempah-rempah, dan minyak sawit. Minyak kelapa sawit mengubah warna kuah menjadi kuning, itulah sebabnya kuah achu disebut juga kuah kuning. Saat disajikan, biasanya dipasangkan dengan daging sapi atau ikan, yang bisa direbus, digoreng, atau diasap.

6. Pariwisata

Sebagai Suaka Margasatwa dan Cagar Alam, Mefou National Park memiliki peran penting dalam perlindungan primata asli Afrika, seperti monyet, simpanse, hingga gorila. Selain itu, ini bertujuan untuk mencegah perdagangan hewan liar yang gencar berlangsung di Kamerun.

Mefou National Park mempunyai banyak kegiatan interaktif yang bisa dilakukan oleh para wisatawan dengan tur berpemandu. Hal tersebut juga yang menjadikannya salah satu destinasi favorit di Kamerun, terutama Yaounde.

Memiliki arsitektur unik dan menakjubkan, Nôtre Dame Cathedral atau Katedral Yaounde tidak boleh kamu lewatkan dalam itinerary-mu di kota ini. Katedral yang terletak di pusat kota ini berfungsi sebagai tempat peribadatan utama Keuskupan Agung Metropolitan Yaounde.

Interior berbentuk salib dan dua menara lonceng di kanan dan kiri Katedral, membuat siapa saja yang datang ke sini akan terpukau ketika melihatnya. Serunya lagi, kamu bisa naik ke atas menara tersebut untuk menikmati pemandangan kota Yaounde yang spektakuler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.