Sukses

Usai Nonton Pembukaan Piala Dunia 2022, Penonton Dapat Suvenir Minyak Wangi sampai Siwak

Di setiap bangku penonton pembukaan Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt diberi sebuah tas tenteng yang lengkap dengan berbagai macam isinya.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar sudah resmi dibuka pada Minggu, 20 November 2022. Sebagai tuan rumah, Qatar melakukan berbagai cara agar Piala Dunia dapat berlangsung meriah dan menarik.

Salah satu cara unik Qatar untuk memeriahkan Piala Dunia 2022 adalah dengan memberikan suvenir kepada para penonton yang hadir di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu 20 November 2022, usai menyaksikan laga pembuka turnamen sepakbola empat tahunan tersebut. Hal itu diketahui dari foto dan video yang tersebar luas di media sosial, yang salah satunya diunggah oleh akun Twitter, @2022_QatarWC.

Dari gambar itu terlihat bahwa setiap bangku penonton di stadion Al Bayt diberi sebuah tas tenteng berwarna krem yang lengkap dengan berbagai macam isinya.  Isinya sendiri terdiri dari sebuah tas sporty, bola suvenir resmi Piala Dunia 2022, dan sebuah botol minum berwarna merah.

Selain itu juga ada beragai koleksi stiker dan hiasan berbentuk sang maskot, La’eeb, yang sangat menggemaskan.  Uniknya lagi, dalam tas itu para penonton diberi hadiah khas Timur Tengah, seperti minyak wangi dan juga siwak. Lalu, mereka juga memperoleh sebuah syal berbentuk seperti sorban yang sangat lekat dengan adat negeri Arab.

Ada pula hadiah berupa kaus berwarna oranye yang merupakan merchandise resmi Piala Dunia 2022. Kemudian, ada juga bross dan trofi berbentuk logo Piala Dunia 2022 Qatar yang indah dipandang mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Budaya Timur Tengah

Tentu saja, berbagai macam souvenir tersebut bisa dibilang paket lengkap bagi para penonton yang hadir. Mereka pastinya pulang dengan kesan yang sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang datang jauh-jauh ke Qatar dari negara-negara asal mereka.

Pihak penyelenggara mampu mengemas hadiah-hadiah tersebut dengan berbagai pernik yang lekat dengan kebuadayaan Timur Tengah seperti minyak wangi dan siwak. Bagi para penonton yang berasal dari negara mayoritas non-muslim, tentu mendapat siwak (senacam alat tradisional untuk menggosok gigi) merupakan sesuatu hal yang sangat unik.

Sayangnya, laga pembuka tersebut tak berakhir dengan manis bagi para pendukung tuan rumah. Sebab, Al Annabi –julukan Qatar- dilibas Ekuador dengan skor 0-2 ewat dua gol yang dicetak Enner Valencia pada menit ke-16 dan 31.

Qatar pun menjadi tuan rumah pertama yang menelan kekalahan di laga pembuka dalam sepanjang sejarah Piala Dunia. Selanjutnya, Qatar akan melawan Senegal dan Belanda di sisa pertandingan Grup A.

3 dari 4 halaman

Jungkook BTS

Stadion Al Bayt di Al Khor menjadi lokasi yang dipilih FIFA bersama panitia lokal sebagai panggung pembukaan Piala Dunia 2022. Stadion Al Bayt terletak sekira 35 km dari Doha dan bisa dijangkau oleh publik menggunakan kombinasi transportasi umum yakni Metro dan bus.

Dilaporkan Yonhap, Jungkook BTS tampil membawakan lagu berjudul "Dreamers" bersama penyanyi Qatar bernama Fahad Al-Kubaisi di acara pembukaan Piala Dunia 2022.  Dalam acara yang disiarkan langsung oleh SCTV itu, Jungkook bernyanyi diiringi paduan suara dan penari latar yang membuat suasana pembukaan jadi semakin megah.

Jungkook tampil memukau dan enerjik dengan memakai outfit serba hitam. Ia mengenakan jaket blink-blink, kaus sebagai inner, celana panjang dan sepatu yang semuanya berwarna hitam.

Ia juga terlihat mengenakan anting berbentuk bulat warna kuning keemasan. Penampilan Jungkook besama Fahad mendapat sambutan antusias dari para penonton.Dreamers merupakan salah satu lagu yang meramaikan World Cup 2022 Qatar. Saat di Doha, Jungkook juga sempat berfoto dengan anggota timnas Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Pembacaan Alquran

Pihak FIFA menyebut tema dari upacara pembukaan Piala Dunia 2022 ini adalah berkumpul di tengah perbedaan. "Tema dari upacara pembukaan ini adalah berkumpulnya semua umat manusia, menjembatani perbedaan-perbedaan melalui kemanusiaan, respek, dan inklusi. Sepak bola membuat kita dapat datang bersama sebagai satu suku, dan Bumi adalah tenda tempat kita semua tinggal," tulis pernyataan resmi FIFA.

Hadirnya aktor legendaris Morgan Freeman juga mengundang banyak pujian. Ditambah dengan penampilan Ghanim Al Muftah yang menyampaikan salah satu surat di kitab suci Alquran. 

Melansir kanal Piala Dunia Liputan6.com, acara pembuka berlangsung selama 30 menit dan menampilkan tujuh performa. Para bintang tamunya akan berasal dari 32 negara yang bertanding di Piala Dunia 2022. Pertandingan pembuka adalah antara Qatar dan Ekuador.

Jungkook BTS juga memberikan semangat kepada timnas Korea Selatan yang akan bertanding melawan Uruguay pekan depan. "Saya harap kalian akan tetap sehat. Rekan-rekan satu band saya dan diri saya bersama semua rakyat Korea akan mendukung kalian," ujar Jungkook.

Selain Jungkook BTS, terdapat nama-nama terkenal lainnya, yang kemungkinan akan tampil pada upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022. Di antaranya Black Eyed Peas, Robbie Williams, dan Nora Fatehi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.