Sukses

Mengenal Nani Wijaya, Karakter di Film Sri Asih yang Ternyata Diperankan Najwa Shihab

Karakter Nani Wijaya yang diperankan Najwa Shihab adalah gadis yang terlahir dari seorang keluarga terpandang dan bekerja sebagai seorang investigator independen,

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Najwa Shihab resmi diumumkan sebagai pemeran Nani Wijaya dalam film Sri Asih yang mulai tayang di bioskop pada Kamis, 17 November 2022. Kabar ini diumumkan langsung oleh Joko Anwar dan akun media sosial resmi Sri Asih.

"Mimpi saya menjadi kenyataan, untuk memberikan peran pahlawan saya di film kami. Najwa Shihab sebagai titisan Sri Asih pertama, Nani Wijaya. Nonton Sri Asih di bioskop, yah," tulis Joko Anwar dalam ungahan di Instagram pada Sabtu, 19 November 2022. Selain karena kemunculannya, warganet heboh karena kaget dengan sosok yang membawakan peran Nani Wijaya tersebut. Lalu, siapa sebenarnya Nani Wijaya?

Melansir berbagai sumber, Nani Wijaya merupakan Sri Asih pertama dari titisan Dewi Asih dalam kisah di komik jagat Bumilangit. Dewi Asih diceritakan berjanji untuk menitiskan kekuatannya pada generasi-generasi lain untuk menjaga bumi dari ketidakadilan.

Sebagai Sri Asih, Nani Wijaya adalah Dewi Keadilan yang terhubung dengan para leluhurnya dan mengumpulkan kekuatan jiwa-jiwa mereka.  Dilansir dari bumilangit.com, Nani Wijaya adalah gadis yang terlahir dari seorang keluarga terpandang dan bekerja sebagai seorang investigator independen.

Ia pergi berkelana keliling dunia untuk menumpas kejahatan musuh-musuhnya, para kriminal dan jejaring mafia global.  Dalam film yang mengangkat kisah Alana (Pevita Pearce), Sri Asih generasi masa kini, kemunculan Nani Wijaya jadi salah satu kejutan.

Penggemar kaget, karena tak menyangka Nani Wijaya diperankan oleh Najwa Shihab, jurnalis sekaligus presenter wanita yang dikenal vokal menyuarakan kebenaran dan keadilan. Joko Anwar sebagai produser kreatif Jagat Sinema Bumilangit juga sudah mengonfirmasi dalam Twitter-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Najwa

Joko Anwar turut membagikan video singkat Najwa Shihab ketika memperkenalkan diri sebagai Nani Wijaya dan mengajak masyarakat menyaksikan penampilannya di bioskop. "Halo saya Najwa Shihab, salah satu pemain film Sri Asih. Saya mau ajak kamu untuk nonton film Sri Asih di bioskop dan ingat jangan merekam film selama pertunjukan apalagi menguploadnya di media sosial kamu, karena itu adalah pembajakan. Yuk dukung film Indonesia dengan cara stop nonton bajakan," kata Najwa.

Jadi trending di Twitter, warganet membahas kemiripan karakter Nani Wijaya dengan Najwa di dunia nyata. Banyak yang setuju bahwa sosok Nani Wijaya sesuai dengan Najwa yang berani bersuara. Walaipun kemunculannya singkat dan tanpa dialog, Nani Wijaya meninggalkan kesan mendalam untuk para penonton Sri Asih.

Meski begitu, keputusan tim produksi untuk mengumumkan Najwa sebagai titisan pertama Sri Asih sebelum Alana (Pevita Pearce), ketika film ini baru tayang selama tiga hari, cukup membuat warganet kecewa karena merasa kena spoiler. Penampilan Najwa seharusnya bisa menjadi salah satu kejutan tak terduga yang dirasakan penonton saat di bioskop. Terlebih selama pemutaran pertama, para produser, sutradara, dan pemain selalu mengingatkan untuk tidak spoiler agar semua penonton mengalami perasaan yang sama.

 

3 dari 4 halaman

Protes Warganet

"Busett, ini orang Spoiler terus. Padahal sengaja ga liat review di YT sama Tiktok biar ga kena spoiler, malah dispoilerin sama yg punya langsung," komentar seorang warganet.  "Yah sayang banget sih pake di spoilerin baru 3 hari tayang," komentar warganet lainnya.

Film Sri Asih juga menuai respons positif dari para penonton.  Salah satu yang mengundang decak kagum adalah kostum yang dikenakan Pevita Pearce sebagai Sri Asih. Siapa pembuatnya?

Dikutip dari KapanLagi,.com, Jumat (18/11/2022), kostum itu merupakan hasil kolaborasi antara desainer Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Konsep awal kostum Sri Asih dibuat oleh desainer Indonesia dari Caravan Studio.

Selanjutnya, konsep disempurnakan oleh tim dari Studio Quantum yang berbasis di Los Angeles, AS. "Karena mereka lebih mengerti tentang pergerakan kaki dan tangan, jadi desainnya disesuaikan dengan adegan action-nya supaya tahu bahan apa yang cocok," jelas Wicky V Olindo selaku produser saat peluncuran trailer di Plaza Senayan XXI, Jakarta Pusat, 6 September 2022. 

4 dari 4 halaman

Kostum Sri Asih

Setelah desain disepakati, Pevita Pearce selanjutnya menjalani proses pemotretan 360 derajat di Jakarta. Hal itu dilakukan lantaran tak bisa berangkat langsung untuk fitting ke AS mengingat masih masa pandemi.

"Spesifikasinya dari mereka yang nentuin, lalu mereka bikin modeling, kirim ke Indonesia buat dites. Ketika sudah oke, baru disempurnakan dan dikirim lagi sehingga kita dapatkan prototipe untuk diduplikasi," terang Wicky.

Kostum tersebut kemudian diproduksi oleh Movie Monster, Inc. Studio itu sudah biasa membuat kostum film superhero, seperti Watchmen, Daredevil, dan Gundala, superhero pembuka serial Patriot. Total ada delapan kostum Sri Asih yang dipakai Pevita selama syuting. Meski sudah diperhitungkan, ia mengaku kegerahan selama memakai kostum tersebut.

"Kebayang nggak sih pakai kostum body fit kayak gitu di Jakarta? Syutingnya kan banyak di gudang-gudang, itu keringetan kalo dilihat. Kostumnya nggak terlalu berat, cuma itu satu zipper, jadi kalau mau ke toilet susah," tutur Pevita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.