Sukses

Bella Hadid dan Cara Delevingne Nyaris Bugil dalam Pemotretan Kalender Pirelli 2023

Kalender Pirelli 2023 dirilis untuk merayakan kontribusi perempuan dalam sastra, sains, dan seni.

Liputan6.com, Jakarta - Kalender Pirelli 2023, yang diinisiasi perusahaan ban Italia itu, resmi dirilis pada Rabu, 16 November 2022. Edisi kali ini memboyong gambaran mimpi yang menampilkan pemain bertabur bintang. Berjudul "Letters to the Muse," kalender tersebut merupakan penghormatan pada sekelompok "wanita luar biasa."

Melansir CNN, Kamis (17/11/2022), mereka terdiri dari seniman, aktivis, atlet, dan perintis lain, kata fotografer Australia Emma Summerton. Nama-nama terpilih disebutkan telah menginspirasi Summerton membuat foto kalender.

"Saya ingin kembali ke akar etimologis dari kata 'muse' dan menggambarkan wanita yang menginspirasi saya atas kontribusi mereka pada sastra, sains, dan seni," kata Summerton. "Idenya adalah mewakili siapa mereka yang sebenarnya, dan menciptakan dunia yang dapat mencerminkan, juga menceritakan kisah mereka secara lebih besar."

Bertempat di New York dan London selama musim panas tahun ini, para model difoto dengan latar belakang yang rumit. Konsepnya diilhami realisme magis dan elemen surealis seperti dandelion yang disebutkan di atas, hutan gelap, burung hantu, dan cermin optik, milik desainer set Viki Rutsch.

Tidak kurang dari 14 model terlihat sebagai berbagai "renungan" dalam foto-foto yang merujuk pada pekerjaan mereka di luar landasan pacu. Cara Delevingne, misalnya, yang telah membintangi sejumlah peran film selain karier modeling, muncul sebagai "The Performer." Ia tampak mengenakan pakaian macrame dan berpose mencolok di antara dandelion raksasa. 

Sementara, Bella Hadid berubah menjadi "The Sprite". Ia mengenakan kostum fantastis dari fashion director Amanda Harlech.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perasaan Istimewa

Summerton berkata, "Memiliki tim yang hampir seluruhnya perempuan membuat pengalaman ini terasa istimewa. Itu adalah kolaborasi yang hebat."

Kalender tahunan ini telah menampilkan beberapa model paling terkenal di dunia, dari Iman hingga Kate Moss. Seorang fotografer yang berbeda dipilih setiap tahun, dengan Annie Leibovitz dan Richard Avedon di antara mereka yang sebelumnya diminta memotret para model.

Summerton adalah wanita kelima yang memotret kalender sejak pertama kali diluncurkan pada 1960-an oleh perusahaan ban Italia tersebut. Sebelumnya, Pirelli mendaulat Sarah Moon pada 1972, Joyce Tenneson pada 1989, Inez Van Lamsweerde bersama Vinoodh Matadin pada 2007, serta Leibovitz pada 2000 dan 2016.

"Itu adalah sesuatu yang selalu ingin saya lakukan," kata si fotografer tentang proyek tersebut. "Saya berharap lebih banyak wanita akan mengikuti saya."

Sejak mengambil proyek tersebut, Summerton tahu bahwa muse akan jadi konsep untuk versinya. Papan mood awalnya menampilkan beberapa materi iklan wanita yang paling memengaruhi karyanya, dari pelukis Meksiko kelahiran Inggris Leonora Carrington dan aktor Italia Monica Vitti, hingga pembuat film eksperimental Amerika Maya Deren dan seniman Australia Vali Myers.

3 dari 4 halaman

Membangun Setiap Karakter

Summerton kemudian menggunakannya sebagai referensi untuk membangun setiap karakter. Juga, "menciptakan semacam energi di sekitar setiap inspirasi" yang dapat membantu menciptakan percakapan yang lebih dalam dan lebih luas antara subjek dan pemirsa seputar keindahan, pemberdayaan, serta kerentanan.

Guinevere Van Seenus, "The Photographer," adalah model pertama yang ia potret. Dalam foto tersebut, Van Seenus digambarkan sedang memegang kamera di depan cermin berukuran penuh, tempat seekor burung hantu bertengger.

"Emma menyusun mimpi, dan melihatnya melakukan itu memberi perspektif baru pada saya," kata model dan fotografer Amerika di acara Pirelli. "Saya pikir ia benar-benar mencari kedalaman wanita di setiap gambar."

Model Lauren Wasser, yang juga menghadiri peluncuran, setuju. "Foto-foto ini membuat Anda terpikat dan menginginkan lebih," katanya. "Itu sangat sulit dilakukan dengan gambar saat ini, karena kita sangat, sangat jenuh dengan mereka. Tapi foto Emma beresonansi secara berbeda. Ia benar-benar menangkap saya dan esensi ketahanan dan kekuatan saya." 

4 dari 4 halaman

Bicara Identitas Diri yang Sebenarnya

Pada usia 24 tahun, Wasser, yang merupakan model, aktivis Toxic Shock Syndrome (TSS), dan pernah jadi pemain basket, menderita TSS yang menyebabkan kedua kakinya diamputasi. Melanjutkan kariernya dengan menyerbu landasan pacu memakai kaki palsu, ia dipuji sebagai pengubah permainan di industri ini.

Untuk kalender, ia berperan sebagai "The Athlete" dan ditembak sebagai Joan of Arc di atas bulan sabit emas dengan latar belakang laut, menggenggam pedang perak besar dalam posisi seorang pejuang. "Saya merasa sangat kuat dan bertenaga," kata Wasser, yang mengenakan prostetik emas untuk pemotretan.

"Emma tahu bagaimana menggambarkan sudut dan kekuatan kami. Saya pikir itu adalah sesuatu yang tidak benar-benar kita lihat di dunia mode," imbuhnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kalender Pirelli dinilai terus menunjukkan ekspresi kecantikan yang lebih bernuansa dan beragam. "Ini bukan kalender pinup ayah Anda lagi," kata Ashley Graham, yang tampil sebagai "The Activist."

Fotografer mencatat bahwa film terlampir yang menunjukkan pembuatan kalender membantu mendorong pergeseran dari objektifikasi perempuan. "Saya ingin mendengar apa yang dikatakan para wanita ini dan melihat mereka berbicara tentang siapa mereka dan apa yang mereka lakukan," kata Summerton.

"Itu hanya berjalan seiring foto-fotonya, karena ketika Anda melihatnya, Anda ingin tahu siapa mereka," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.