Sukses

Deretan Fakta Boyband Korea OMEGA X yang Diduga Alami Pelecehan Seksual

Penyanyi grup asal Korea Selatan, OMEGA X beranggotakan 11 orang yang terdiri dari Jaehan, Hwichan, Sebin, Hangyeom, Taedong, Xen, Jehyun, Kevin, Junghoon, Hyuk, dan Yechan.

Liputan6.com, Jakarta Boyband asal Korea Selatan, OMEGA X berada di bawah naungan SPIRE Entertainment beranggotakan 11 orang. Grup ini terdiri dari  Jaehan, Hwichan, Sebin, Hangyeom, Taedong, Xen, Jehyun, Kevin, Junghoon, Hyuk, dan Yechan. Dari 11 orang tersebut member yang paling tua adalah Jaehan dengan umur 27 tahun sedangkan Yechan menjadi member paling muda diantara yang lain, yaitu 21 tahun.

Sukses dengan mini album VAMOS pada awal debutnya, grup ini kembali membuat mini album kedua, yaitu LOVE ME LIKE pada Mei lalu.  Saat ini, OMEGA X sudah memulai debut yang 500 hari, terhitung dari Juni 2021 lalu. Hal ini sempat disampaikan dalam unggahan Instagram @omegax_official.

“[🎂] #OMEGA_X_DEBUT_500DAYS 💚HAPPY 500th DAY💚”

Unggahan ini mendapatkan perhatian para FOR X, nama penggemar dari OMEGA X, yang memberikan semangat dan mengucapkan selamat. Hal ini juga berkaitan dengan kejadian yang baru-baru ini bahwa OMEGA X mendapat perlakuan tidak baik dari CEO agensi SPIRE Entertainment yang dikabarkan melakukan pelecehan seksual pada member.

“Kami mendukung kalian semua ❤❤,” tulis komen @my52_hz.

Kekerasan seksual ini disampaikan oleh para member saat konferensi pers Rabu, 16 November 2022. Jaehan sempat menceritakan perlakuan CEO yang bermarga Kang terhadap dirinya yang mengarah pada dugaan tindakan pidana. Tidak hanya pelecehan seksual yang didapatkan, sebelumnya CEO agensi SPIRE Entertainment itu pernah menyebutkan harus merangkak jika ingin terus menjadi idola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usai Melaksanakan Tur Dunia

Grup OMEGA X baru-baru ini usai menjalankan tur dunia di Amerika Serikat (AS), yaitu “CONNECT: Don’t Give Up”. Tur yang digelar dari tanggal 3 Oktober– 22 Oktober 2022 ini mendapatkan antusias dari penggemar. Hal ini terlihat dalam salah satu unggahan Instagram OMEGA X.

Sampai bertemu di LA!!! ❤❤,” tutur akun @lisakanamegogoluvskpop.  “Dua minggu lagi hingga aku dapat melihat kalian! Tidak sabar!,” ujar akun @fts_space_shark.

Tur dunia yang dilakukan oleh OMEGA X ini mengunjungi 11 kota di AS, di antaranya adalah, New York, Atlanta, Orlando, Louiseville, Chicago, Denver, Lawrence, Dallas, San Antonio, Phoenix, dan tur dunia akan berakhir di Los Angeles.

Tur yang dilaksanakan di New York sempat dikabarkan batal pada 3 Oktober lalu karena masalah pembatalan tiket yang mendadak oleh agensi MC Entertainment. Tetapi, masalah dapat diselesaikan dengan baik. Tak lama kemudian MC Entertainment mengumumkan bahwa tur tidak batal melainkan ditunda ke tanggal 4 Oktober.

“Halo semuanya, karena beberapa masalah dalam logistic, penerbangan dari Santiago, Chili ke New York konser hari ini, Senin ditunda hingga besok, Selasa, 4 Oktober,” dikutip dari soompi.com.  Agensi yang bertanggung jawab atas tur grup band itu juga mengungkapkan bahwa konser akan digelar di tempat yang sama.

3 dari 4 halaman

Dipaksa Manggung Saat Positif Covid

Ceo Kang dari SPIRE Entertainment diduga pernah memaksa manggung member OMEGA X saat sedang melakukan tur di luar negeri pada September lalu. Hal ini terungkap dari SBS News yang menemukan bukti tangkapan layar pesan dari CEO Kang terhadap member OMEGA X untuk tetap tampil  ketika keempat anggota dinyatakan positif COVID-19.

Dari tangkapan layar tersebut, terlihat bahwa Kang memberi perintah dua dari empat anggota yang positif Covid, diharuskan tampil membawakan lagu sebanyak mungkin. Kang juga menyebutkan bahwa ini adalah situasi darurat dan harus bertindak secara professional.

"Kuatkan mentalmu dan naik ke atas panggung. Dua dari empat anggota (yang positif) terlalu demam untuk tampil, tetapi dua yang lainnya harus tampil membawakan lagu sebanyak mungkin," demikian kutipan pesan dari CEO Kang.

Diyakini bahwa CEO Kang melanggar peraturan karantina COVID-19 yang berlaku di negara asing tersebut selama tur OMEGA X.

Tidak hanya sekali, Kang bersifat kasar seperti ini. Pada tur sebelumnya yang dilaksanakan di Los Angeles,  dirinya terekam kamera sedang meneriaki anggota OMEGA X.

4 dari 4 halaman

Bintangi Drama Korea

Member Jaehan dan Yechan dikabari akan membintangi drama mendatang bertajuk  “A Shoulder to Cry On”. Drama Boys Lover (BL) ini berdasarkan cerita webtoon dengan judul “Cheer Up Boy” yang menceritakan bahwa kisah cinta Lee Da Yeol (Jaehan), seorang siswa yang bercita-cita menjadi seorang pemanah, dan Jo Tae Hyun (Yechan), seorang siswa yang sangat pipuler yang menipu dirinya karena luka emosional dari masa lalunya.

Drama yang dibintangi oleh personel tertua dan termuda di OMEGA X dikabarkan rilis bulan ini. Namun, hal ini tertunda karena tim produksi drama merilis pernyataan di akun Twitter pada Juma 4 November lalu mengenai kekhawatiran tentang insiden pelecehan verbal yang dilakukan CEO Kang akan memengaruhi perilisan drama.

Dikutip dari laman Soompi, tim produksi menambahkan bahwa mereka akan mencoba yang terbaik untuk mendiskusikan masalah ini dengan platform streaming domestik dan luar negeri sehingga drama dapat melanjutkan produksi, dan tidak ada masalah lebih lanjut yang terjadi terkait insiden tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.