Sukses

Menlu Amerika Serikat Tertangkap Kamera Ikut Bergoyang Saat Welcoming Dinner KTT G20

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken asyik menganggukan kepala saat mendengar alunan lagu berirama dangdut.

Liputan6.com, Jakarta - Jamuan makan malam Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Bali menampilkan pertunjukan budaya Indonesia. Beberapa penyanyi Indonesia dari aliran pop sampai dangdut tampil di acara tersebut. Para tamu undangan termasuk Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony Blinken terlihat sangat menikmati pertunjukan itu.

Hal itu bisa dilihat dari unggahan kanal NihDia di Youtube pada Rabu, 16 November 2022 yang bertajuk ‘Andmesh, Faye, RDP Generation, Cindy LIDA - Malam Indah @ Jamuan Makan Malam KTT G20 Bali’.  Welcoming dinner KTT G20 dihelat di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali.

Sambil para tamu negara menikmati makan malam, mereka dimanjakan dengan berbagai nyanyian dan tarian. Nyanyian dibuka tiga diva Iga Mawanti, Yuni Shara, dan Andien yang melantunkan lagu Damai karya Guruh Sukarno Putra, yang didampingi para penari Bali.

Berikutnya disusul penampilan para penyanyi berbakat dari mulai Faye Risakott, Andmesh dan grup RDP Generation yang tampilkan lagu Malam Indah karya Iwa K, dalam dua versi lirik Indonesia dan bahasa Inggris, yang juga dibawakan dengan nada hip hop. Jelang akhir aksi panggung, suara Cindy LIDA muncul dengan nada dan cengkok yang berbeda. Musik dari lagu Malam Indah itu seketika menjadi dangdut.

Saat aksi ditampilkan, tidak sedikit kepala negara yang bergoyang, seperti Antony Blinken yang asik menganggukkan kepala saat mendengar alunan lagu tersebut. Meskipun Blinken dalam posisi duduk dan tidak menggoyangkan badannya, terlihat jelas ia menikmati lagu dangdut pop modern yang dibawakan Cindy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Ikut Bergoyang

Selain Blinken, terlihat juga PM Jepang Fumio Kishida yang serius menyaksikan atraksi panggung tersebut, bahkan sesekali ia terlihat tersenyum melihat penampilan Cindy. Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut larut dengan menggoyangkan kepalanya sambil tersenyum.

Tak hanya Jokowi, musik yang enerjik juga membuat sejumlah pemimpin negara terhibur. Wajah Dewan Eropa yang juga Perdana Menteri Belgia Charles Michel, misalnya, terus tersenyum.

Kamera juga menyorot wajah istri Presiden Korea Selatan Kim Keon Hee yang malam itu mengenakan gaun putih. Sementara, Presiden China Xi Jinping terlihat tersenyum lebar saat menjabat tangan Jokowi segera setelah acara jamuan makan malam selesai.

Jokowi pada Selasa malam, 15 November 2022, menyambut para tamu dalam busana adat Bali berwarna dasar hitam. Ia duduk langsung menghadap tangga tempat para penampil turun dari balik panggung.

Pembawa acara pada malam itu menyebut pertunjukan hiburan untuk para tamu KTT G20 tersebut melibatkan lebih dari 200 penampil. Mereka membawakan sejumlah tarian daerah dari Bali, Betawi, Sumtera Barat, dan Papua.

3 dari 4 halaman

Joe Biden Absen

Acara jamuan makan malam dilaksanakan tanpa kehadiran Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Pihak Gedung Putih beralasan Presiden Biden sedang sibuk. "Ini adalah hari yang panjang dan ia (Biden) memiliki hal-hal yang perlu ia urus," ujar pihak Gedung Putih pada NBC News.

Pihak Gedung Putih turut menambahkan bahwa tidak ada masalah serius. Dikutip dari kanal Global Liputan6.com, media sempat melihat rombongan kendaraan dengan bendera Amerika Serikat berada di kawasan Nusa Dua. Lalu lintas sempat disetop karena ada kendaraan Biden mau lewat.

Kendaraan Biden kembali terlihat melewati kawasan dekat Media Center G20 di Bali International Convention Center sekitar pukul 19.38 WITA. Saat itu, acara gala dinner sudah dimulai. Absennya Biden membuat delegasi AS diwakili oleh Menlu Antony Blinken.

Acara makan malam tersebut dihadiri Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri India Narendra Modi, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, serta Presiden Prancis Emmanuel Macron. Acara makan malam ini disiarkan secara langsung di YouTube Sekretariat Presiden dan merupakan acara resmi terakhir dalam gelaran KTT G20. 

4 dari 4 halaman

Landmark GWK

Acara jamuan makan malam itu berlangsung di Lotus Pond. Tempat itu merupakan tengara (landmark) terbesar di GWK yang dikenal sebagai alun-alun utama. Area outdoor tersebut dapat menampung hingga 7.500 orang.

"Rencananya ada sekitar 300-400 orang yang akan menghadiri jamuan makan malam di Lotus Pond. Sisanya, peserta G20 yang tidak ikut dalam jamuan makan malam bisa menyantap makan malam di restoran Jendela Bali," kata Direktur Operasional GWK Stefanus Yonathan Astayasa, beberapa waktu lalu.

Di area Lotus Pond, pelataran luas membentang dengan tebing kapur berjejer di kanan kirinya. Pemandangan di titik itu semakin menawan dengan kehadiran patung Garuda di salah satu ujung deret tebing kapur.

Saat tamu memasuki pintu utama Lotus Pond, mereka akan disambut oleh Tirta Agung (air suci). Pengunjung juga dapat menemukan dinding batu berukir (relief) yang memuat kisah Garuda Wisnu Kencana hingga akhirnya menjadi tunggangan Dewa Wisnu--Hindu meyakininya sebagai dewa pelindung jagat raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.