Sukses

13 Resor Terbaik di Dunia Versi CNN untuk Healing, Ada Wakil Indonesia?

Healing jadi alasan banyak pelancong saat ini untuk berlibur. CNN melansir sembilan daftar resor sebagai tempat wisata kesehatan terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kata healing menjadi populer belakangan ini, terutama saat pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Bahkan, healing disebut sebagai konsep baru traveling di Indonesia, menurut analisis Google Indonesia. 

Travel Industry Analyst Google Indonesia Vania Anindiar dalam bincang virtual "Press Briefing: World Tourism Day 2022", akhir September 2022, menerangkan data pencarian Google di Indonesia makin masif, terutama di media sosial. Healing bahkan menggantikan kata travel dalam pembicaraan, baik virtual ataupun verbal.

"Interpretasi kami, setelah pandemi berasa banget traveling itu sesuatu yang lebih penting dari cuma mau jalan-jalan lihat tempat baru atau jalan-jalan main, tapi ada meaning ke hidup lebih mendalam, sesuatu yang dianggap waktu untuk meditasi, memperbaiki kesehatan jiwa, traveling juga maknanya lebih dalam," kata Vania.

Berdasarkan tren perjalanan tersebut, CNN menyusun daftar resor terbaik di dunia untuk didatangi demi memulihkan kesehatan jiwa. Apakah ada wakil Indonesia? Simak rangkumannya seperti dikutip pada Rabu, 16 November 2022.

1. Aro Hā, Selandia Baru

Resor ini terletak di Glenorchy, Selandia Baru, yang dikelilingi puncak bersalju di Pegunungan Alpen Selatan. Para tamu yang datang berkesempatan untuk meregenerasi pikiran dan tubuh dengan mengimbau agar para tamu untuk menjauhkan diri dari alkohol, kafein, dan rokok.

Memulai yoga saat matahari terbit dan menggunakan bahan makanan organik yang dipanen oleh Aro menjadi salah satu pilihan di tempat ini. Kebugaran sama pentingnya, jadi menikmati pendakian subalpine di sekitar kawasan sebelum waktu spa dan pijat terapi sangat dianjurkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Willka T'ika, Peru

Willka T'ika didirikan pada 1995 sebagai retret kesehatan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara budaya. Terletak di antara Machu Picchu dan ibu kota Inca Cusco, resor ramah lingkungan ini cocok untuk dikunjungi untuk retret, berbagai pilihan program dan akomodasi yang mewah menjadi salah satu penawaran yang ada di tempat ini.

Keunikan di tempat ini adalah taman tujuh cakra. Itu adalah sebuah ruang restoratif yang dirancang untuk mewakili tujuh cakra klasik yang dipercaya sebagai pusat energi tubuh manusia.

3. Body Holiday, Saint Lucia

"Give us your body for a week and we’ll give you back your mind."

Slogan ini digunakan Body Holiday untuk menggambarkan manfaat yang diterima tamu saat berkunjung. Tempat ini diapit oleh Laut Karibia yang indah di antara pantai pasir halus dan hutan hujan tropis membuat suasana yang pas untuk menenangkan jiwa.

Terdapat beberapa program yang bisa jadi pilihan pengunjung, seperti menghabiskan waktu dengan beryoga atau menjelajahi pulau dengan scuba diving atau panahan. Pusat kesehatan yang ditawarkan juga lengkap, termasuk pijat ketenangan yang paling populer.

4. Anantara Eastern Mangroves, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Tempat di Uni Emirat Arab yang satu ini menyediakan resor menghadap ke hutan bakau di pinggir kota. Anantara memberikan penawaran bagi tamu untuk menikmati permandian khas ala Turki atau menjelajahi tepi laut Anantara dan bisa mengikuti olahraga air yang tersedia.

 

3 dari 4 halaman

5. Stanglwirt Green Spa Resort, Austria

Salah satu pilihan resor bintang lima yang menawarkan kemewahan pada pengunjung, mulai dari liburan kesehatan dengan teman, melakukan perjalanan bersama keluarga, dan merayakan akhir pekan yang romantis bersama pasangan. Menyediakan fasilitas yang mewah, resor ini berani mengklaim nyaman seperti di rumah sendiri.

Tempat yang terletak di Austria ini menawarkan banyak pilihan olahraga, seperti tenis dan berkuda. Stanglwirt juga memiliki perkebunan sendiri yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

6. Palazzo Fiuggi, Italia

Tempat ini berlatar Pegunungan Appenine sehingga tamu bisa merasakan indah dan segarnya alam. Palazzo Fiuggi menawarkan program perawatan kesehatan dengan terapi holistik dan layanan medis yang disesuaikan oleh tim dokter dan ahli. Pengunjung yang datang dapat memilih untuk mengambil perawatan medis atau diagnostik atau program lain yang dapat ditawarkan dari tempat ini adalah pulihkan dan keseimbangan.

Menurut Palazzo Fiuggi, menyantap makanan yang enak merupakan salah satu jenis perawatan kesehatan terbaik bagi tubuh. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati menu yang dibuat oleh koki yang mendapatkan Michelin bintang tiga.

Semua paket perawatan dilengkapi dengan pemeriksaan medis ekstensif, berendam di pemandian Romawi, aromaterapi, dan pemijatan drainase limfatik. Pemijatan drainase limfatik digunakan meredakan pembengkakan yang terjadi saat perawatan medis atau penyakit menghalangi sistem limfatik Anda. 

 

4 dari 4 halaman

7. Euphoria Retreat, Italia

Bangunan klasik ditambah dengan pemandangan desa perbukitan di Mystras, Yunani adalah pelarian terbaik untuk melepas penat. Euphoria menawarkan program “Feel Live Again” atau menghidupkan kembali. Program ini bertujuan untuk membebaskan pengunjung dari hal negatif yang terpendam. Kombinasi aktivitas seperti yoga, musik, dan belajar mengatur pernapasan adalah hal yang dilakukan dalam aktivitas ini.  

Program lain yang ditawarkan adalah “Recconect to Nature” atau terhubung kembali dengan alam. Pada kesempatan ini, pengunjung ditawarkan untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin di alam. Berolahraga di alam telah terbukti untuk meningkatkan mood dan membakar kalori lebih efisien. Fasilitas yang disediakan adalah tempat gym, studio yoga, dan pilates.

8  Joali Being, Maladewa

Maladewa identik sebagai tempat melepas penat. Resor ini memadukan sains dengan seni penyembuhan kuno untuk memberikan pengalaman menginap yang terinspirasi dari empat pilar kesejahteraan, yaiti pikiran, mikrobioma, energi, dan kulit.

Salah satu program yang dirancang untuk menyeimbangkan kesehatan adalah pijat abhyanga, yang dilakukan dengan mengoleskan minyak hangat ke seluruh tubuh. Bagi para pecinta teh, resor ini menyediakan lebih dari 60 minuman teh organik untuk tamu. 

9. Ananda in the Himalayas, India

Berlokasi strategis di bawah kaki bukit Himalaya yang dikelilingi Hutan Sal, tempat ini menawarkan terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan tamu. Salah satunya adalah program manajemen stres. Program ini menyuguhkan terapi lelah akibat pandemi Covid-19. Resor ini menyediakan pelayanan yang medis yang lengkap dan terdapat konsultan spa untuk menjadwalkan aktivitas seperti yoga, meditasi, pranamaya, dan penyelaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.