Sukses

IndoPsyCare Mengadakan Seri Lokakarya dan Edukasi Kesehatan Mental

Pelayanan dan edukasi kesehatan mental perlu dilaksanakan bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - eduIndonesian Psychological Healthcare Center (IndoPsyCare) adalah pusat psikoterapi berbasis bukti yang berlokasi di SCBD, Jakarta. IndoPsyCare yakin bahwa pelayanan dan edukasi kesehatan mental perlu dilaksanakan bersamaan.

Untuk mendukung hal ini, setiap beberapa bulan sekali, IndoPsyCare mengadakan seri lokakarya kesehatan mental. Dari lika-liku diagnosis hingga perawatan berbagai gangguan mental, semuanya akan dibahas secara mendasar.

"Sebagai pusat psikoterapi yang berfokus pada pasien, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan berdasarkan pengetahuan terkini, juga mengintegrasikan pendekatan yang telah terbukti efektif di berbagai negara berkembang,” terang Director of Community Services IndoPsyCare, Shafira Fawzia

Lokakarya IndoPsyCare yang ketiga akan diadakan mulai 3 Desember 2022, bertajuk Mental Health Workshop: Psychosis Series. Sesuai judulnya, lokakarya ini akan membahas seputar psikosis—kondisi seseorang yang kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi.

Terkait acara ini, Shafira juga menambahkan, ”IndoPsyCare memiliki dua tujuan. Pertama, kami ingin meningkatkan pemahaman umum mengenai psikosis. Deteksi dini gejala psikosis sangat penting untuk mengontrol tingkat keparahan dan perkembangan gangguan.

Harapannya, melalui edukasi ini, kita bisa mengenali tanda-tanda psikosis pada orang terdekat kita dan mendorong mereka untuk mencari bantuan. Kedua, kami juga ingin meningkatkan ketersediaan dan aksesibilitas penanganan berbasis bukti yang kami gunakan di IndoPsyCare. Oleh karena ini, kami telah merancang sesi lokakarya untuk mahasiswa Magister Profesi Psikologi dan tenaga kesehatan.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Sesi

Acara ini terbagi menjadi empat sub-sesi. Sesi pertama akan berlangsung di GoWork Fatmawati, Jakarta Selatan dan terbuka untuk umum. Tiket ditawarkan mulai dari Rp10 ribu dan seluruh hasil penjualannya akan didonasikan ke Kopi Panas Foundation dan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia.

Tiga sesi selanjutnya digelar secara daring dengan pembicara mancanegara dari Jerman, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Tiga sesi tersebut akan membahas berbagai penelitian terkait skizofrenia yang dilakukan narasumber, juga topik lain seperti pembahasan Compassion Focused Therapy serta praktiknya dalam penanganan psikosis.

Rangkaian acara ditutup dengan lokakarya penanganan psikosis dengan Terapi Kognitif Perilaku, yang dibawakan oleh pendiri dan psikolog dari IndoPsyCare. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada akun IG @indopsycare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.