Sukses

Potret Istri Presiden Korea Selatan Dicibir Oposisi, Dituding Cosplay Gaya Audrey Hepburn

Warganet Korea Selatan ramai membandingkan potret istri presiden, Kim Keon Hee, yang sekilas mirip pose Audrey Hepburn pada 1992 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok istri Presiden Korea Selatan, Kim Keon Hee, kembali jadi pembicaraan. Bukan soal tampilannya yang bak sosialita saat mengunjungi Bali untuk mendampingi Presiden Yoon Suk Yeol, tapi gayanya saat mengunjungi rumah anak laki-laki yang mengidap sakit jantung bawaan di Phnom Penh, pada 12 November 2022.

"Kamu bisa mengalahkannya, kan? Lekas ​​sembuh dan mari kita bertemu di Korea Selatan," ucap Kim dikutip dari laman Korea Times pada Selasa (15/11/2022).

Pemerintah Kamboja sebelumnya telah menyiapkan acara budaya untuk pasangan terkemuka negara yang hadir di Angkor Wat. Alih-alih datang ke acara tersebut, Kim memilih untuk mengunjungi rumah anak laki-laki itu.  

Kim seharusnya menemui anak laki-laki itu saat ia mengunjungi Pusat Medis Hebron di Phnom Penh, Kamboja, sebuah fasilitas kesehatan yang didirikan oleh seorang dokter anak Korea Selatan pada 2007. Namun, anak laki-laki itu tidak bisa datang ke tempat tersebut karena kondisi kesehatannya.

Kunjungan Kim ke rumah anak laki-laki itu terlihat pada unggahan di Facebook, yang terekam sedang menggendong anak laki-laki di pangkuannya sambil menatap kejauhan. Ibu negara Korea Selatan saat itu mengenakan kemeja polo lengan pendek berwarna hitam yang dipadu dengan celana putih.

Warganet Korea Selatan kemudian membandingkan foto tersebut dengan foto bintang Hollywood, Audrey Hepburn. Dalam foto lawas, bintang Breakfast at Tiffany's itu mengenakan kemeja polo dengan celana chino saat berkunjung ke pusat bantuan pangan yang didukung UNICEF di Baidoa, Somalia pada 1992 lalu. Ia menggendong seorang anak sambil menatap ke kejauhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cibiran Oposisi

Unggahan ini menuai kecaman dari blok oposisi politisi Korea Selatan. Belakangan, unggahan tersebut tidak bisa lagi ditemukan di akun media sosial itu.

Perwakilan Partai Demokrat Korea (DPK) Kim Yong Min menilai bahwa istri dari Presiden Korea Selatan itu tengah meniru aktris Inggris itu. "Jika Anda ingin meniru seseorang, cobalah meniru semangat dan pengorbanannya, bukan pose atau pakaiannya," tulis Kim di Facebook.

Tidak hanya itu, mantan anggota parlemen DPK Kim Jin Ae juga menulis di Facebook, "Apakah dibenarkan di arena diplomatik untuk menolak jadwal acara resmi pasangan?" dan menambahkan, "Mengapa ada begitu banyak foto Kim? Ibu negara adalah figur publik bukan selebriti."

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional, Park Jie Wwon, juga gatal menanggapi. Ia sempat berkomentar, "Dia melewatkan program pasangan resmi dan cosplay Audrey Hepburn di rumah bocah yang sakit itu."

Kunjungan Kim Kun Hee ke Kamboja adalah untuk mendampingin Presiden Yoon Suk Yeol menghadiri pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. Selama kunjungan, presiden dijadwalkan menghadiri KTT Korea Selatan-Asean, KTT Asia Timur, dan KTT ASEAN plus 3. Pertemuan tersebut membahas program nuklir Korea Utara, ekonomi, keamanan nasional, dan kerja sama dalam urusan regional dan global. 

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Sekali Tuai Kritik

Tidak hanya sekali istri presiden Korea Selatan itu menuai kritik dari warganet dan pendukung partai oposisi. September lalu, terdapat sebuah unggahan viral karena membandingkan foto Kim yang diambil selama perjalanan luar negeri Presiden Yoon dengan foto Jacqueline Kennedy, ibu negara mantan Presiden AS John F. Kennedy.

Mantan ibu negara itu memicu kontroversi ketika dia mengunjungi India selama empat hari sejak 4 November 2018, tanpa mantan Presiden Moon. Selama perjalanannya, dia menggunakan jet kepresidenan yang memasang lambang presiden dan mengunjungi Taj Mahal, memicu kritik bahwa dia telah pergi ke pesta makan.

Mantan kepala Badan Intelijen Nasional turut berkomentar mengenai hal ini. "Selama pertemuan dengan warga negara Korea di Kamboja, dia mengenakan gaun tanpa lengan, yang mirip dengan yang dikenakan Jackie Kennedy di masa lalu," ucapnya. 

Partai Kekuatan Rakyat (PPP) membandingkannya dengan perjalanan kenegaraan mantan istri Presiden Moon Jae In, Kim Jun Sook, ke India 2018 lalu. "Bahwa semua yang dilakukan Kim Jung Sook adalah kebajikan, dan semua yang dilakukan Kim Keon-hee adalah bencana," tulis Perwakilan PPP Kim Gi-hyeon.

"Saya lebih suka ibu negara yang melakukan pekerjaan sukarela dengan tetangga kita yang mengalami kesulitan seperti Audrey Hepburn setidaknya seribu kali lebih banyak daripada ibu negara yang bertindak seperti turis."

 

4 dari 4 halaman

Bertemu dengan Iriana

Walau banyak kritik dari publik, sebagai istri seorang Presiden Korea Selatan, Kim selalu menemani suaminya untuk melakukan perjalanan dinas. Salah satunya menemani Presiden Yoon untuk menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia.

Penampilan Kim kerap menarik perhatian saat menghadiri beberapa acara bersama suaminya. Gaya busananya tak kalah dari sosialita. Sesaat tiba di Bandara  I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Minggu, 13 November 2022, Kim terlihat mengenakan atasan putih berlengan pendek dan dikombinasikan dengan rok beige. Rambutnya dikuncir sehingga terkesan fresh, di samping suaminya yang mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi bergaris biru. 

Saat bertemu dengan Iriana Jokowi di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, 14 November 2022, Kim kembali menunjukkan kemampuannya memadupadankan busana. Dia mengenakan atasan putih berlengan pendek dengan hiasan emblem bendera Korea Selatan dan memakai rok berwarna biru dan coklat selutut.

Rambut yang dikuncir setengah dengan membiarkan poni curtain bangs ala gaya rambut korea serta make up yang natural membuat kesan manis. Banyak warganet menilai pesona Kim tak kalah dengan idol Korea.  Kunjungan Presiden Yoon dan Kim di Indonesia untuk menghadiri KTT G20 hingga Rabu, 16 November 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.