Sukses

Viral Bocah 9 Tahun Jalani Operasi Plastik demi Dianggap Cantik

Anak-anak di Jepang menghadapi tekanan untuk menjalani operasi plastik, salah satunya Micchi yang baru berusia sembilan tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang menjadi salah satu dari empat negara teratas di dunia yang melakukan prosedur operasi plastik paling banyak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak wanita Jepang merasakan tekanan teman sebaya atau penghinaan dari keluarga terkait fisik mereka.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak di Jepang menghadapi tekanan yang sama. Hal itu mendorong mereka memilih keputusan ekstrem dengan menjalani operasi plastik, seperti Micchi, bocah berusia sembilan tahun. Rucchi adalah ibu dari Micchi, mereka adalah duo YouTuber yang mengunggah video tentang rias wajah dan operasi plastik.

Meski baru berusia sembilan tahun, Micchi mengungkapkan alasannya ingin menjalani operasi kelopak mata ganda. "Saya diberitahu bahwa mata saya sipit, jadi seperti memelototi orang. Itu sebabnya saya ingin menjalani operasi plastik," ungkap Micchi dikutip dari Koreanboo, Sabtu (12/11/2022).

Micchi juga memuji mereka yang melakukan operasi plastik sebagai orang yang cantik. "Jika Anda dapat menahan rasa sakit dari operasi plastik, itu membuat Anda menjadi orang yang cantik, menurut saya," ia berkata.

Karena operasi plastik legal untuk anak di bawah umur di Jepang dengan persetujuan orangtua, Rucchi mengizinkan Micchi untuk menjalani operasi tersebut. Micchi mengalami kengerian dan rasa sakit karena anestesi yang tidak bekerja, mengubah prosedur 20 menit menjadi lebih dari dua jam. Meskipun Micchi menjalani operasi plastik karena keinginan sendiri, itu juga berasal dari trauma ibunya dan standar kecantikan Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Ibu

Rucchi berbagi pengalamannya tumbuh dengan monolid yaitu kelopak mata yang tanpa lipatan. Ia mengaku tidak pernah menerima perlakuan yang sama seperti anggota keluarganya dengan kelopak mata ganda.

"Ibu dan adik perempuan saya memiliki mata besar yang menakjubkan, sementara saya memiliki kelopak mata tunggal. Semua orang mengira adik perempuanku jauh lebih manis dariku," ungkap Rucchi.

"Wanita di lingkungan itu dengan terang-terangan menyebut adikku imut dan memberinya permen. Saya tidak pernah diberitahu hal seperti itu," sebutnya lagi.

Standar kecantikan di Jepang seolah menuntut seorang gadis harus memiliki kelopak mata ganda. Belum pernah dirinya melihat seorang gadis dengan monolid yang disebut cantik. Menurut Rucchi, kelopak mata ganda itu indah. "Saya mengatakan ini lagi dan lagi," Rucchi mengungkapkan. 

Rucchi menjalani operasi kelopak mata ganda ketika dia berusia 18 tahun dan berharap itu terjadi lebih awal. Lantaran hal itu, dia mengizinkan Micchi melakukan prosedur tersebut pada usia 9 tahun. Rucchi menjelaskan, "Saya tidak ingin dia tumbuh dengan kompleks tentang hal itu, ini menjadi perhatian utama saya."

3 dari 4 halaman

Standar Kecantikan Bisa Berubah

Operasi plastik secara instan dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Itu bukan tanpa konsekuensi jangka panjang. Seorang profesor psikologi anak dan citra tubuh mengungkapkan bahwa efek negatif muncul di kemudian hari.

Profesor Tomohiro Suzuki menjelaskan kemiringan yang licin untuk mendapatkan satu prosedur dan mengubahnya nanti agar sesuai dengan gagasan yang lebih baru tentang seperti apa diri yang Anda inginkan. Hal itu kemudian dapat berulang demi untuk mendapatkan beberapa prosedur setiap kali ideal itu berubah. Akhirnya, Anda mungkin memiliki gagasan yang lebih ambigu tentang citra ideal Anda bisa mengikuti masyarakat.

Bahkan jika Anda menjalani operasi plastik untuk lebih dekat dengan citra ideal Anda, citra itu mungkin berubah lagi seiring waktu. Situasi itu mendorong Anda untuk kembali menjalani pembedahan agar bisa mendekatkan Anda ke citra baru itu.

"Kemudian Anda terjebak dalam lingkaran, tidak bisa berhenti melakukan operasi plastik," kata Suzuki. 

 

4 dari 4 halaman

Tekanan Sosial

Itulah yang terjadi pada influencer operasi plastik dan YouTuber Nonoka Sakurai, yang ingin melakukan operasi plastik pada usia 8 tahun karena mengalami perundungan di sekolah. Dia kemudian menjalani operasi hidung pada usia 18 tahun setelah bertahun-tahun diganggu, tetapi telah menjalani lebih dari seratus prosedur operasi plastik untuk mengikuti standar kecantikan Jepang.

Nama panggilannya di sekolah dasar adalah 'Gorila.' Sebenarnya, nama aslinya adalah Rie. Jadi mereka menggabungkan 'Rie' dengan 'Gorilla', dan hasilnya adalah 'Gorie.'

"Saya tidak suka itu sama sekali. Jadi saat itulah saya memutuskan untuk melakukan operasi hidung," ungkap Nonoka Sakurai.

Analisis Tomohiro Suzuki sekali lagi terbukti benar. Meskipun Micchi yang berusia sembilan tahun baru saja menjalani operasi kelopak mata ganda, ibunya Rucchi sudah berencana untuk mendorong putrinya melakukan operasi hidung berikutnya dan operasi payudara ketika dia berkembang sepenuhnya.

"Secara umum, saya serahkan kepada mereka. Hanya hidung. Saya ingin dia mendapatkan operasi hidung. Mungkin juga payudara. Dia masih tumbuh, jadi kita tidak tahu seberapa besar mereka akan tumbuh," Rucchi menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.