Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Polandia, Negara yang Pernah Mengalami Masa Suram Tragedi Holocaust

Top 3 Berita Hari Ini, fakta menarik Polandia, kebijakan Visa on Arrival jelang KTT G20 dan gaya Prilly Latuconsina saat jadi dosen.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Polandia, negara di Eropa tengah yang menghubungkan tanah berhutan Eropa barat laut dengan jalur laut Samudra Atlantik dan dataran subur perbatasan Eurasia. Sekarang dibatasi oleh tujuh negara, Polandia telah berkembang dan menyusut selama berabad-abad, diterpa kekuatan sejarah regional.

Polandia berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, sementara di selatan berbatasan dengan Republik Ceko dan Slovakia.  Pada awal Abad Pertengahan, kerajaan kecil dan kotapraja Polandia ditaklukkan oleh gelombang penjajah berturut-turut, dari Jerman dan Balt hingga Mongol.

Polandia bersatu merupakan negara terbesar di Eropa dan mungkin negara paling kuat di benua itu.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang aplikasi electronic visa on arrival (e-VOA) resmi diluncurkan pada Kamis, 10 November 2022, jelang pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Layanan itu memungkinkan wisawatan asing membayar visa on arrival (VOA) secara daring sebelum tiba di Indonesia. Dengan aplikasi tersebut, orang asing cukup mendaftarkan permohonan visanya melalui laman molina.imigrasi.go.id.

Selanjutnya, mereka dapat langsung membayar secara online menggunakan kartu kredit maupun kartu debit berlogo Visa, Mastercard, atau JCB.  Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang Prilly Latuconsina yang tak hanya piawai berakting, ia juga pintar di sisi akademis.

Baru-baru ini, Prilly mengunggah momen ketika menjadi Dosen praktisi di UGM Yogyakarta. Meski mulanya agak khawatir, ternyata aktris keturunan Ambon dan Sunda ini bisa melewati perannya sebagai dosen praktisi UGM. "Betapa senangnya saat mahasiswa di kelas aktif bertanya," ungkap Prilly lagi.  Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

6 Fakta Menarik Polandia, Negara yang Pernah Mengalami Masa Suram Tragedi Holocaust

Polandia, negara di Eropa tengah terletak di persimpangan geografis yang menghubungkan tanah berhutan Eropa barat laut dengan jalur laut Samudra Atlantik dan dataran subur perbatasan Eurasia. Sekarang dibatasi oleh tujuh negara, Polandia telah berkembang dan menyusut selama berabad-abad, diterpa kekuatan sejarah regional.

Polandia berbatasan dengan Jerman di sebelah barat Perbatasan Oder-Neisse, sementara di selatan berbatasan dengan Republik Ceko dan Slovakia. Di timur berbatasan dengan Rusia (Kaliningrad) dan Lithuania di sebelah timur laut, serta Belarus serta Ukraina di sebelah barat (Garis Curzon).

Selanjutnya…

Syarat e-VOA, Kebijakan Visa on Arrival untuk Wisatawan Asing Terbaru Jelang KTT G20

Aplikasi electronic visa on arrival (e-VOA) resmi diluncurkan pada Kamis, 10 November 2022, jelang pelaksanaan KTT G20 di Bali. Sebelumnya, Kementerian Keuangan menerbitkan peraturan nomor 157/PMK.02/2022 tentang pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) visa di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang berlaku sejak 4 November 2022.

Dikutip dari laman imigrasi.go,id, Jumat (11/11/2022), layanan itu memungkinkan wisawatan asing membayar visa on arrival (VOA) secara daring sebelum tiba di Indonesia. Dengan aplikasi tersebut, orang asing cukup mendaftarkan permohonan visanya melalui laman molina.imigrasi.go.id.

Selanjutnya…

Gaya Prilly Latuconsina Saat Jadi Dosen Praktisi UGM

Prilly Latuconsina tak hanya piawai berakting, ia juga pintar di sisi akademis. Baru-baru ini, wanita berusia 26 tahun itu pun mengunggah momen ketika menjadi Dosen praktisi di UGM Yogyakarta.

"Hari ini salah satu cita-citaku dari kecil tercapai, mengajar di dalam kelas layaknya guru pengajar. Awalnya degdeg-an karena tidak terbayang akan seperti apa respons mahasiswa di kelas, meski di kuliah umum online sebelumnya dapat sambutan yang baik," tulis Prilly dikutip dari akun media sosial Instagramnya @prillylatuconsina96, Jumat (11/11/2022).

Selanjutnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.