Sukses

Tips Ria Ricis Bikin Bayinya Tetap Anteng Selama di Pesawat

Ria Ricis sempat khawatirnya bayinya yang berusia tiga bulan akan rewel selama perjalanan di pesawat terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Membawa bayi naik pesawat terbang bukanlah hal mudah, apalagi kalau harus ke luar negeri dan waktu perjalananannya cukup lama. Anda mungkin bisa menerapkan pengalaman Ria Ricis.

Ia baru saja membagikan tips bikin bayi tenang dan tidak rewel saat ada di pesawat, terutama bagi yang pertama kali keluar negeri. Ria Ricis bersama suaminya Teuku Ryan diketahui membawa Moana yang baru berusia tiga bulan melancong ke Singapura.

Perjalanan tersebut menjadi pengalaman pertama Moana ke luar negeri. Bepergian dengan transportasi udara dan membawa bayi cukup membuat Ricis khawatir kalau anaknya akan rewel.

"Nanti kita akan lihat respons pertama Mba Moana naik pesawat," ucap Ricis dikutip dari kanal YouTube Ricis Official, Rabu, 9 November 2022. Saat menunggu waktu take off di dalam pesawat, Moana yang dipangku Ricis nampak sering tersenyum.

Tak terlihat raut wajah takut maupun akan menangis dari bayi tersebut. Beberapa menit jelang pesawat lepas landas, Ricis menyempatkan memberi susu kepada anaknya melalui botol.

Ia berniat untuk menyusui secara langsung, tapi dibatalkan karena merasa terlalu repot dan situasinya kurang memungkinkan. "Tips pertama, Moana harus minum susu supaya tenang," kata Ria Ricis.

Saat pesawat akhirnya benar-benar lepas landas dan terdengar bunyi keras dari mesin pesawat, Moana masih duduk dengan tenang di pangkuan ibunya. Susu yang diberikan Ricis bahkan terlihat sudah habis 1,5 botol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nonton Kartun

"Terpantau sejauh ini belum ada yang ngereog, ya guys. Susu sudah habis satu botol. Setengah botol habis. Mba Moana sedang menghisap-hisap jarinya. Belum ada tanda-tanda mereog," kata Ricis.

"Tapi karena Mba Moana belum mandi, jadi habis ini mau dilap sambil ganti popok," lanjut adik pendakwah Oki Setiana Dewi tersebut. Selama pesawat sudah terbang dengan stabil, Moana tetap tenang sambil menonton kartun pada layanan maskapai.

"Hebat ini mbak Moana sukanya naik pesawat," sambung Ricis.  Di tengah perjalanan dalam pesawat, Ricis juga menyempatkan untuk memompa ASI. Moana sementara dipangku oleh pengasuhnya sambil memainkan kemasan yogurt.

"Tips supaya anak tidak rewel, kasihlah mainan," kata pemilik nama asli Ria Yunita itu.

Selesai memompa ASI, Ricis kembali menggendong Moana dan menimang-nimangnya sambil berdiri untuk mencegah anaknya bosan. Seperti kebanyakan ibu-ibu lainnya, barang-barang yang dibawa wanita berusia 27 tahun itu juga didominasi keperluan sang anak.

3 dari 4 halaman

Tidur Pulas

"Itu peralatan Moana semua, tuh. Pumping, botol, kaca, susu," terangnya. Jelang pesawat mendarat, Moana justru tidur di pangkuan ibunya.

Sampai keluar pesawat, Moana masih tertidur pulas. Ria Ricis bersyukur anaknya sama sekali tidak menangis selama perjalanan. 

Tak hanya bayi, naik pesawat dengan balita maupun anak-anak memang bukan hal yang mudah. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan buah hati saat perjalanan, apalagi di waktu-waktu ramai penumpang seperti saat mudik Lebaran.

Dirangkum oleh kanal Jateng Liputan6 dari beberapa sumber, berikut sejumlah tips yang bisa diterapkan saat bepergiian dengan anak dengan menggunakan pesawat.

1. Mengganti Popok Sebelum Penerbangan

Bagi Anda yang bepergian dengan anak atau balita yang masih memakai popok, perlu diketahui bahwa tidak semua pesawat dilengkapi dengan nursery room. Jadi untuk para orangtua sebaiknya menghindari mengganti popok saat berada di dalam pesawat. Disarankan untuk mengganti popok anak sebelum penerbangan.

4 dari 4 halaman

2. Sesuaikan Jam Terbang dengan Jam Istirahat Anak

Kadang jam terbang menjadi salah satu hal yang disepelekan, tapi nyatanya menyesuaikan jam terbang dengan waktu istirahat anak dapat membantu menghindari anak rewel dan lebih tenang saat berada di dalam pesawat.

Misalnya jika anak terbiasa tidur di siang hari, pilihlah waktu penerbangan siang, sehingga anak dapat beristirahat dengan tenang. Memilih penerbangan di pagi hari juga bisa menjadi solusi karena penumpang pesawat tidak terlalu ramai.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Agar nyaman saat mudik disarankan untuk memilih pakaian yang nyaman untuk anak. Misalnya dengan menghindari pakaian yang terlalu banyak kancing, karena akan menyulitkan saat berada di toilet. Jika ketika berada di pesawat anak merasa kedinginan, segeralah meminta tambahan selimut untuk si kecil.

4. Perhatikan Tekanan Udara Saat Berada di Pesawat

Tak kalah penting bagi orangtua yakni untuk memperhatikan tekanan udara yang ada di dalam pesawat. Jika tekanan udara cukup tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan telinga anak merasa sakit dan nyeri.

Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya orangtua memberikan banyak cairan selama perjalanan. Bagi anak yang masih mendapatkan ASI juga disarankan untuk menyusui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.