Sukses

Uniqlo Jual Bunga Segar, Banting Setir?

Buket bunga yang dijual Uniqlo mulai dari Rp160 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Uniqlo terkenal sebagai perusahaan ritel fesyen asal Jepang dan berbagai lini busana. Kini, konsumen juga bisa membeli bunga segar di toko tersebut.

Dikutip dari laman SoraNews24, Kamis (10/11/2022), layanan jual beli bunga segar itu disebut Uniqlo Flower. Ternyata, layanan itu tak sepenuhnya baru, melainkan sudah ada sejak 2020.

Konsumen saat itu tidak bisa membeli bunga segar semua toko, tetapi hanya di cabang-cabang tertentu. Tetapi kini, pihak perusahaan memutuskan untuk memperluas layanannya ke toko online. Pelanggan dari Tokyo, Kanagawa, Saitama, dan Chiba kini bisa membeli buket bunga untuk dikirimkan langsung ke rumah. 

Rangkaian karangan bunga mencakup jenis-jenis yang reguler, seperti anyelir dan mawar, serta karangan bunga bulanan yang berisi bunga musiman. Untuk bulan ini, bunga spesial yang dihadikan adalah Texas bluebell.

Biaya layanan itu antara 1.490--1.590 yen atau sekitar Rp160 ribu hingga Rp171 ribu per paket. Pesanan yang masuk sebelum tengah hari akan bisa dikirimkan pada hari berikutnya. Jika tidak ada tanggal pengiriman yang ditentukan, karangan bunga akan tiba dalam waktu tiga hari setelah pemesanan dilakukan.

Layanan pengiriman buket bunga segar itu sempat disangsikan konsumen. Nyatanya, layanan dikelola secara profesional. Bunga yang dikemas dalam boks, terlihat segar dan mengeluarkan aroma yang menyegarkan. Menurut media tersebut yang mencoba layanan itu, kualitas produknya sama seperti membeli sendiri di toko bunga pada pagi hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikemas Apik

Rahasia untuk menjaga bunga itu tetap segar selama perjalanan adalah zat eco-jelly yang diletakkan di dasar pembungkus buket. Kualitasnya dinilai sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Namun, konsumen diingatkan bahwa pesanan yang tidak diterima pembeli dalam dua hari akan dikembalikan ke Uniqlo. Mereka pun tidak berhak mendapat pengembalian dana.

Jepang dikenal memiliki tradisi merangkai bunga yang disebut ikebana. Dikutip dari Fimela, ikebana berbeda dengan seni merangkai bunga gaya Barat yang biasanya bersifat dekoratif saja.

Ikebana berusaha menciptakan harmoni dalam bentuk linier, ritme dan warna. Bukan hanya keindahan yang dihasilkan dari rangkaian bunga, tetapi juga memiliki aspek pengaturan menurut garis linier, dengan berdasar pada tiga titik yang mewakili langit, bumi dan manusia.

Ikebana akan menjadi pengalaman yang mengesankan dan bisa jadi awal hobi baru. Orang Jepang menyebut Ikebana ini salah satu meditasi untuk ketenangan jiwa, jadi tak heran bila menghasilkan rangkaian bunga yang tak hanya cantik tapi juga bermakna butuh waktu bertahun-tahun.

 

3 dari 4 halaman

Efek Meditatif

Ikebana berasal dari kata ikeru. Mereka memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya.

Seni merangkai bunga Ikebana ini memiliki berbagai macam aliran dengan gaya masing-masing. Ikenobo adalah aliran Ikebana tertua di Jepang. Ikebana Ikenobo zaman dulu hanya boleh dinikmati oleh kalangan Kaisar Jepang. Sekarang, aliran itu sudah bisa dipelajari dan dinikmati oleh umum. Ada tiga gaya merangkai bunga dalam Ikebana, yaitu Rikka, Shoka, dan Jiyuka.

Perlu waktu bertahun-tahun untuk menguasai seni merangkai bunga Ikebana. Di Jakarta, terdapat kursus yang bisa diikuti dan dibimbing oleh anggota Ikebana Ikenobo Indonesia yang telah memiliki sertifikasi guru dari Jepang.

Butuh konsentrasi dan ketekunan untuk belajar seni merangkai bunga satu ini karena Ikebana bukan hanya tentang menyatukan berbagai jenis bunga dan tanaman, tapi Ikebana juga mengajarkan kita untuk belajar memaknai kehidupan. Dengan perasaan tenang yang didapat saat merangkai bunga, ada efek relaksasi yang tentu bagus untuk tubuh.

4 dari 4 halaman

Koleksi Kolaborasi Terbaru

Sementara itu, Uniqlo akanmeluncurkan hasil kolaborasinya bersama JW Anderson, merek yang berbasis di London, untuk Fall/Winter Collection2022 pada Jumat, 18 November 2022. Koleksi terbaru ini mewujudkan konsep minimalisme melalui berbagai gaya sederhana yang nyaman dan menyenangkan yang sejalan dengan filosofi desain berjiwa bebas khas Jonathan Anderson.

"Ada beberapa contoh arsitektur Inggris yang menjadi inspirasi pada musim ini, khususnya nuansa stripped back dan minimalis. Ada kesederhanaan pada desain serta ketelitian pada detail yang ingin ditonjolkan pada koleksi ini, yang muncul dari prinsip-prinsip desain arsitektur minimalis," kata sang desainer, Jonathan Anderson, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Koleksi itu dirancang menggunakan bahan yang sangat fungsional untuk meningkatkan kenyamanan, termasuk pada busana seperti mantel double berikat pinggang yang ringan dan berkualitas tinggi, serta celana track yang dilengkapi pengencang untuk menyesuaikan dengan tubuh. Ada juga jaket parka Ultra Light Down dengan jahitan quilted, jaket track dengan blocking warna halus dan saku dengan pengencang, dan sweater kerah turtle berwarna cerah. 

Kedua brand berkolaborasi sejak lima tahun lalu. Koleksi dikembangkan dengan tema 'British classics. Designed for life today'. Produk LifeWear ini menawarkan desain inovatif JW ANDERSON yang menghadirkan pakaian tradisional Inggris melalui komitmen UNIQLO terhadap kesesuaian potongan, bahan hingga fungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.