Sukses

Kenalin Kartini, Si Anak Tukang Becak yang Mampu Beli Rumah Sendiri dan Sukses di Usia Muda

Kartini, seorang perempuan berusia 20 tahun asal Banjarnegara, membuktikan bahwa profesi content creator dan affiliate yang dijalaninya mampu mengubah kehidupan keluarganya

Liputan6.com, Jakarta Kartini, seorang perempuan berusia 20 tahun asal Banjarnegara, Jawa Tengah membuktikan bahwa profesi content creator dan affiliate yang dijalaninya mampu mengubah kehidupan keluarganya. Sekarang, ia dapat meringankan beban finansial sang Ayah yang bekerja sebagai penarik becak dan juga ibunya yang bekerja sebagai penjahit.

Impian Seorang Kartini Asal Banjarnegara

Sebelum sukses menjadi content creator seperti saat ini, Kartini telah melalui perjalanan yang panjang. Awalnya, ia merantau dari Banjarnegara ke Jakarta saat usianya masih 19 tahun. Ia bekerja jauh dari keluarga sebagai pegawai pabrik yang memproduksi produk kesehatan wanita.

Salah satu impiannya saat itu adalah merenovasi rumah orangtuanya yang masih terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Alasnya pun hanya tanah yang dilapisi dengan terpal lantai.

“Pengen banget suatu hari nanti seenggaknya rumahku bisa ditembok dan dikeramik aja udah cukup,” kata Kartini.

Di samping itu, Kartini juga selalu berharap bisa merasakan makanan-makanan nikmat yang sering dilihatnya di televisi.

“Dulu aku suka banget lihat makanan-makanan enak di majalah atau sebatas di TV kayak pizza, lasagna, dan lain-lain sambil ngebayangin rasanya kayak apa. Aku jadi selalu mikir, bisa nggak, ya, aku suatu saat makan ini?” lanjut Kartini.   Kala itu pekerjaan yang dijalaninya belum mampu mewujudkan impiannya untuk meringankan beban orangtua di kampung halaman. Ia pun berusaha menjual produk skincare yang ujung-ujungnya tidak kunjung membuahkan hasil.

Setelah menghadapi banyak tantangan ketika bekerja di Jakarta, barulah Kartini memantapkan diri untuk menjadi seorang affiliate. Ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaan utamanya dan justru bisa mewujudkan banyak impiannya melalui profesinya sebagai seorang affiliate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mimpi Terwujud Berkat Jadi Affiliate

Mimpi-mimpi itu bisa terwujud berkat penghasilan Kartini sebagai seorang affiliate. Kartini membuat video pendek yang berisi rekomendasi produk fashion dan mengunggahnya di media sosial. Setelah mengunggah beberapa konten, views videonya terus meningkat. Banyak orang bertanya di mana Kartini membeli produk-produk fashion tersebut.

Kemudian, Kartini memutar otak untuk mendapat penghasilan dari konten-kontennya. Ia pun bergabung menjadi seorang affiliate di Shopee. Dari situ, ia menambahkan link setiap produk yang direkomendasikannya. Setiap ada orang yang membeli produk dari link tersebut, Kartini akan mendapatkan komisi.

Kartini terus mengumpulkan komisi yang ia dapatkan dari usahanya sebagai content creator. Jauh melebihi ekspektasi, ternyata penghasilan yang Kartini dapatkan sebagai Shopee affiliate pada bulan pertama setara dengan upah bulanan pekerjaan sebelumnya sebagai pegawai pabrik. Bahkan, sudah setahun menjadi affiliate, kini penghasilan bulanannya bisa mencapai puluhan kali lipat upahnya kala itu.

Bantu Perekonomian Keluarga

Setelah sekitar satu tahun menekuni diri membuat konten di media sosial, sekarang Kartini mampu memperbaiki kondisi ekonomi keluarga dan mewujudkan banyak mimpinya, termasuk membeli rumah sendiri di kampung halamannya.

Selain membeli rumah sendiri, Kartini juga mampu membiayai renovasi rumah orangtuanya di Banjarnegara dari hasil jerih payahnya sebagai content creator. Tak disangka, harapannya untuk merenovasi rumah agar ditembok dan beralaskan keramik sudah terkabul di usianya yang baru menginjak 20 tahun.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini