Sukses

Ragam Menu Khas Pulau Dewata di Festival Kuliner Serpong 2022

Summarecon Mall Serpong (SMS) kembali menghadirkan Festival Kuliner Serpong (FKS) mulai tanggal 27 Oktober-- 27 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki budaya yang beragam, mulai dari kesenian, adat istiadat, bahasa, hingga kuliner. Berbicara mengenai kuliner, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional dengan cita rasa dan karakteristik yang berbeda-beda.

Untuk merayakan keberagaman warisan kuliner Indonesia, Summarecon Mall Serpong (SMS) akan kembali menghadirkan Festival Kuliner Serpong (FKS), mulai 27 Oktober--27 November 2022 di area Parkir Timur SMS. Tahun ini, salah satu festival kuliner terbesar di Tangerang hadir untuk yang ke-10 kalinya dengan mengangkat tema Bali Heritage ‘Indonesia Spice Up the World’. 

Indonesia Spice Up the World sendiri merupakan program bersama lintas kementerian/lembaga untuk mendukung peningkatan kontribusi dan nilai tambah sub sektor kuliner untuk perekonomian nasional. Sementara itu, di gelaran FKS 2022 kali ini, SMS akan mengangkat kekayaan kuliner tradisional Bali.

Pulau Dewata yang terkenal dengan berbagai ramuan bumbu rempah khas Bali yang meresap sempurna akan memanjakan lidah penggemarnya. Festival akan menghadirkan lebih dari 99 pelaku usaha kuliner Nusantara, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan asli Bali seperti Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali, Nasi Jinggo Warung Bli Made, Nasi Pedas Kampung Bali, Cumi Bakar Bumbu Bali, Sate Babi Bli Nyoman Bali, hingga Iga Babi Bakar Bali by Bli Permana, bahkan ada Krisna Oleh-Oleh khas Bali, Pia Kukus Made Bali, serta kuliner Nusantara lainnya.

"Sejumlah sajian menu makanan yang dihadirkan di FKS 2022 merupakan makanan otentik yang memang dibawa langsung dari Bali," ungkap Tommy, Center Director SMS dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (8/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hiburan Pertunjukan Musik

Sementara itu, pulau Dewata yang selalu menakjubkan bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara tak hanya hadir dalam kulinernya saja. "Dekorasi dan hiburan yang disajikan pun kental dengan budaya layaknya di Bali. Kami berharap kerinduan SMSLovers akan festival kuliner akan terbayar dalam gelaran FKS 2022." sebut Tommy lagi. 

Untuk menemani waktu santap pengunjung, panggung FKS juga akan diisi dengan banyak kegiatan seru seperti Chefpreneur Cooking Demo pada tanggal 6, 13, dan 20 November 2022. Hiburan lainnya yang melengkapi adalah musik dan tarian tradisional Bali yang akan membuat pengunjung serasa sedang kulineran di Pulau Dewata.

Tak hanya itu, FKS 2022 juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik dari The Groove feat. Tiara Effendy pada 11 November 2022 dan Coconut Treez & Melanie pada 18 November 2022 pukul 20.00 WIB. SMS juga akan mengajak SMSLovers berpartisipasi merayakan kembalinya FKS 2022 dengan menghadirkan kompetisi bertajuk FKS Creators, untuk mendukung kreativitas SMSLovers yang hobi membuat konten dan berbagi rekomendasi kuliner.

Selain FKS Creators, beragam interactive activity berhadiah total puluhan juta rupiah juga bisa kalian ikuti melalui media sosial SMS. Untuk informasi lengkap mengenai FKS 2022, SMSLovers dapat langsung menuju media sosial SMS, di Instagram dan TikTok @sms_serpong, Facebook Fanpage di Summarecon Mall Serpong, atau di www.malserpong.com.

 

3 dari 4 halaman

Tips Pergi ke Festival Kuliner

Sementara itu, makin maraknya acara festival kuliner terkadang membuat kita bingung dan kurang bisa menjaga pola makan. Untuk bisa menikmati festival kuliner, ada sedikit tips dari perwakilan JISCOMM, Eni Rohaeni, agar bisa menikmati festival ini dengan maksimal yang dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 28 Oktober 2022.

1. Jangan Datang Sendirian

Datang ke festival kuliner beramai-ramai biasanya terasa lebih seru, karena bisa sambil mengobrol santai dan bercanda tawa. Apalagi kalau kita datang ke festival kuliner, tak hanya sharing cerita saja, Anda juga bisa saling berbagi makanan.

"Coba datang bersama teman-teman atau keluarga. Anda bisa saling mencicipi makanan satu sama lain. Jadi, walaupun kita hanya membeli satu jenis makanan, kita tetap bisa mencoba makanan yang. Dari segi biaya pun jadi jauh lebih murah kan," lanjutnya.

2. Jangan Datang saat Lapar

Melihat banyaknya ragam makanan di depan mata bisa membuat Anda kalap dan lapar mata karena ingin mencoba semua jenis makanan yang ada. Sebagai antisipasi rasa kenyang sebelum waktunya, alias kenyang saat masih ingin mencoba banyak makanan Anda mungkin berpikir untuk tidak makan sebelum datang ke festival kuliner.

4 dari 4 halaman

3. Coba Makanan Ringan

Jika Anda ingin mencoba banyak makanan, jangan terpaku dengan makanan-makanan berat tapi coba makanan ringan ataupun minuman khas dari daerah lain yang dijual di festival kuliner tersebut. Sebab porsi makanan berat yang cenderung banyak, Anda akan cepat merasa kekenyangan. Imbangi dengan makanan yang ringan agar tidak memberi tekanan berlebih kepada perutmu.

4. Cari Momen Unik

Untuk Anda yang aktif di media sosial atau para food blogger pasti tidak mau ketinggalan untuk mengambil foto makanan-makanan yang ada di depan mata .Coba sekali-kali jangan hanya terfokus dengan makanan yang ada ada di meja Anda saja. Coba cari momen unik untuk difoto selain makanan yang ada di tangan Anda.

5. Jangan Buru-Buru

Datang ke festival kuliner bukan hanya tentang makan dan minum saja, tapi Anda pun harus menikmati suasana santai bersama teman-teman atau dengan diri Anda sendiri jika datang sendirian. Nikmati setiap suapan yang ada di piring, janganlah terburu-buru. Makanlah perlahan sama saja menyayangi organ pencernaan dan menikmati setiap gigitan yang masuk ke dalam mulut juga dapat membawa kebahagiaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.