Sukses

Jerman Luncurkan Tiket Transportasi Umum Nasional, Harganya Rp764 Ribu per Bulan

Jerman meluncurkan tiket transportasi umum nasional mulai Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jerman akan memperkenalkan tiket transportasi umum nasional seharga 49 euro atau sekitar Rp764 ribu per bulan. Aturan itu mulai berlaku Januari 2023.

Menteri Transportasi Jerman Volker Wissing mengatakan bahwa langkah itu bertujuan untuk mengurangi emisi dan membantu orang untuk mengatasi krisis biaya hidup pada Rabu, 2 November 2022. Sebagai percobaan, mereka memperkenalkan tiket seharga sembilan euro (Rp140 ribu) per bulan selama musim panas. 

Selama musim panas, tiket 9 euro per bulan diperkenalkan sebagai percobaan. 'Deutschlandticket' atau Tiket Jerman yang baru menaikkannya menjadi 49 euro atau sekitar 1,60 euro per hari.

Dikutip dari EuroNews, Senin (7/11/2022), tiket itu berlaku untuk bus dan kereta api, baik transportasi umum jarak pendek dan menengah, dengan biaya lebih rendah dari biasanya. Tiket tersebut tidak akan berlaku di kereta antar-kota.

Menteri Transportasi dari 16 negara bagian Jerman yang berbeda telah menyetujui biaya bulanan yang baru. Pemerintah federal mengumumkan hal itu akan dilaksanakan "sesegera mungkin". Ini bisa jadi paling cepat 1 Januari 2023.

Alih-alih pembelian satu kali seperti skema sembilan euro musim panas ini, tiket tanpa kertas baru akan ditawarkan sebagai tiket langganan. Paket tersebut dinilai pilihan yang menarik karena akan berlaku di semua jaringan transportasi umum Jerman, banyak di antaranya memiliki sistem tarif yang membingungkan.

Lalu, bagaimana dengan tiket sembilan euro per bulan? Tiket tersebut diuji coba pada bulan Juni hingga Agustus 2022 yang memungkinkan orang-orang untuk bepergian di seluruh Jerman menggunakan jaringan kereta, bus, dan tram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pergolakan Ukraina

Promo tiket itu diluncurkan untuk memerangi kenaikan inflasi sebagai konsekuensi dari perang Rusia di Ukraina. Tiket itu juga seharusnya mendorong orang untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Asosiasi perusahaan transportasi Jerman VDV mengatakan bahwa mereka menghemat sekitar 1,8 juta ton emisi karbon selama tiga bulan ini.

Banyak orang yang meminta pengganti skema tersebut tetapi ada ketidaksepakatan tentang harga dan siapa yang akan membayar tagihan untuk tiket bersubsidi. Akhirnya, kesepakatan dibuat untuk memperkenalkan skema baru, membebankan apa yang dianggap sebagai harga yang lebih berkelanjutan, yakni 49 euro per bulan.

Beberapa negara bagian juga telah memutuskan untuk membuat skema versi mereka sendiri. Berlin memperkenalkan tiket 29 euro yang berlaku untuk transportasi umum di wilayah tersebut. Langganan mulai dijual pada Oktober 2022, tetapi hanya akan tersedia hingga akhir Maret tahun depan.

Sementara, Spanyol memperpanjang skema tiket kereta gratis hingga Desember 2023. Program itu untuk memperkenalkan perjalanan jarak pendek dan medium sejak 1 September 2022 dan awalnya akan berakhir pada 31 Desember 2022.

 

3 dari 4 halaman

Program di Spanyol

Menteri Keuangan Spanyol María Jesús Montero telah menjanjikan 700 juta euro untuk membiayai perpanjangan skema tersebut hingga akhir tahun depan. Pemerintah setempat berencana mempertahankan skema itu di masa mendatang.

"Kami akan mengubah kebijakan ini menjadi kebijakan struktural dan kami akan melihat hasil nyata dari angkutan umum untuk mengurangi CO2. Ini adalah kebijakan prioritas di tahun-tahun mendatang," katanya.

Dampak lingkungan dan sosial dari tiket multi-perjalanan gratis ini akan dievaluasi kembali untuk melihat apakah skema ini layak dilanjutkan. Menkeu menambahkan, perjalanan gratis telah memungkinkan sejumlah besar warga meninggalkan mobil mereka dan bepergian dengan kereta api.

Skema tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri Pedro Sánchez pada 12 Juli 2022, berlaku untuk kereta api jarak pendek dan menengah yang dijalankan oleh operator kereta api nasional Renfe. Program itu terbuka untuk semua negara, termasuk turis internasional. Tiket gratis tersedia di semua kereta komuter Renfe (Cercanías dan Rodalies) dan jalur regional jarak menengah yang mencakup perjalanan kurang dari 300 kilometer (rute Media Distancia).

Diskon 100 persen hanya tersedia untuk tiket multi-perjalanan, bukan tunggal. Salah satunya, pelancong bisa bepergian antara Barcelona dan Seville atau Madrid dan Bilbao, bila bersedia membayar tiket musiman. Fasilitas itu tidak berlaku untuk perjalanan dengan layanan lain, termasuk kereta jarak jauh dan yang dioperasikan oleh perusahaan lain.

4 dari 4 halaman

Deposit

Meskipun tiketnya gratis, pengguna diminta menaruh deposit 10 euro atau 20 euro untuk memanfaatkan penawaran ini. Pengguna harus telah melakukan setidaknya 16 perjalanan pada akhir Desember untuk mendapatkan pengembalian dana.

Diskon 50 persen untuk tiket kereta api Renfe sudah diperkenalkan pada Juni 2022 dalam upaya untuk membantu para penumpang. Setelah meninjau keadaan keuangan negara, Perdana Menteri Sánchez memutuskan untuk melakukan perjalanan sepenuhnya gratis untuk jangka waktu tertentu.

Setelah skema diperkenalkan, penumpang mulai memanfaatkan sistem dengan memesan beberapa reservasi pada waktu yang berbeda. Karena kereta sekarang gratis, mereka tidak dikenakan denda karena tidak menggunakan perjalanan yang telah mereka pesan alias 'reservasi hantu'.

"Pemesanan hantu" ini menyebabkan kereta terlihat seperti penuh hingga sepuluh hari sebelumnya. Karena itu, operator kereta api Spanyol Renfe mengubah beberapa syarat dan ketentuan pada September 2022. 

Sekarang operator kereta api Spanyol membatasi penumpang untuk dua perjalanan keluar dan dua perjalanan kembali dalam upaya untuk mencegah masalah. Aplikasi Renfe juga tidak akan mengizinkan pelancong untuk memesan tiket perjalanan pulang mereka sampai mereka berangkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.