Sukses

Reza Arap Ungkap Pernah Mati Suri, Sempat Bermalam di Kamar Mayat

Sempat disangka sudah meninggal, Reza Arap dipindahkan dari ICU ke kamar mayat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak orang yang pernah merasakan pengalaman mati suri. Salah satu dari sedikit orang itu adalah YouTuber Reza Arap. Ia mengaku pernah mengalami mati suri.

Dia merasa seperti berada di sebuah padang rumput yang luas, dan bermain-main di sana. Ketika hidup lagi dari mati suri, dia sudah berada di kamar mayat dan menunggu dikubur.

Pengalaman itu bukan terjadi baru-baru ini, tapi saat dirinya masih anak-anak. Cerita itu disampaikan Reza Arap kepada Denny Sumargo di kanal Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo, Kamis, 3 November 2022.

Reza mengatakan dia lahir prematur hanya tujuh bulan dalam kandungan. Kelahiran prematur ini membuat organ tubuhnya ada yang tidak normal, khususnya ada masalah pada jantung.

Dia kerap muntah saat kelelahan. Bahkan, tertawa pun bisa berujung muntah-muntah. Suatu ketika, dia menderita demam berdarah dan dilarikan ke rumah sakit. Saat itu, usianya baru 9 tahun. Akibat sakit DB ini, penyakit lain muncul.

"Tekanan darah waktu itu drop banget, muntah terus sampai lambung robek, dan jantung kena. Meninggal gue," ungkap Reza Arap.

Reza masih ingat, ketika menjelang mati suri, dia dirawat di ICU. Dokter kemudian menempelkan alat pacu jantung ke dadanya sebanyak dua kali. Saat kesadarannya akan menghilang dia melihat pada alat monitor ICU sudah bergaris lurus tanda jatung tak berdetak lagi. Karena dianggap sudah meninggal dunia, tubuh Reza sempat dipindahkan dari ICU ke kamar mayat sambil menunggu dikubur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Kain Kafan

"Terus gue terasa hangat. Lalu bangun di padang rumput luas. Hanya ada satu pohon, dan mama," ucapnya. Di padang rumput yang luas itu, dia melihat matahari berada di atas pohon. Dia bermain dengan mamanya. Bergandengan dengan sang mama. "Kayak mimpi, ya?" tanya Denny Sumargo  "Ya, berasa lagi mimpi," jawab Reza singkat.

Dia merasakan bermain hanya sebentar. Setelah itu mamanya mengajak pulang, ia pun menjawab mengiyakan ajakan mamanya. "Udah habis itu gue melek, di kamar mayat," kata pria berusia 35 tahun ini.  "Di kamar mayat yang udah ditutup (kain kafan)?," tanya Denny dengan wajah terkejut. 

"Iya, gua mati sekitar 12 jam," jawab Reza. Denny terlihat masih kebingungan mendengar jawaban Reza. Menurut personel Weird Genius ini, ketika dia bangun di kamar mayat melihat mamanya menangis. Ia pun meminta sang mama tidak menangis.

"Ma, jangan nangis nanti Caca (panggilan Reza Arap di keluarga) sedih'," kata Reza saat itu. Mendengar anaknya berbicara, sang mama pun kaget dan mendobrak pintu sambil berteriak ke dokter. Reza pun dibawa ke ICU lagi. Dia dirawat, kemudian dibawa ke ruang perawatan. Dia ternyata masih hidup dan penyakitnya hilang. "Setelah itu dicek enggak ada masalah apa-apa. Terus dipindahkan ke kamar rawat biasa," terangnya.

Setelah itu Reza mengaku sembuh. Dia kemudian mendapat informasi bahwa dia sempat meninggal selama 12 jam, dari pukul 02.00 dini hari, dan hidup kembali pada Pukul 14.00 siang di hari yang sama. "Gue meninggal jam 2 malam (dini hari), bangunnya jam 2 siang," kata dia.

3 dari 4 halaman

Soal Agama

Reza juga kembali mengungkapkan soal agama yang dianutnya. Ia memiliki ayah yang memeluk agama Buddha sedangkan ibunya Islam. Namun, sang ayah sudah meninggalkannya sejak kecil.

Ia dibesarkan sang ibu dalam keluarga Islam. Akan tetapi, dia mengaku belajar di sekolah Kristen. Kemudian dia menikah dalam naungan agama Buddha bersama Wendy Walters pada Februari 2021 di Bali. Meski begitu, dia mengaku pandangan keyakinannya lebih ke universal.

Saat ditanyakan mengenai kabar perpisahannya dengan Wendy dan bahkan diberitakan akan bercerai, Reza tidak mau menjawab dan hanya tertawa mendengar pertanyaan Denny. Setelah ramai kabar Reza Arap selingkuh beberapa waktu lalu, sang istri akhirnya buka suara.

Ada beberapa pengakuan yang Wendy sampaikan, termasuk keputusan untuk bercerai. Hal tersebut disampaikan Wendy melalui episode perdana Luna's Room yang diunggah di kanal YouTube Luna Maya pada 8 Oktober 2022. Sebelum memulai cerita, Luna menanyakan hubungan Wendy dan Reza Arap kini.

"Hubungannya sekarang apa?" tanya Luna. "Lagi tidak baik-baik aja," jawab Wendy. "Tapi statusnya masih suami istri?" tanya Luna kembali. "Masih, tapi emang udah lagi proses pisah," tegas Wendy. 

Aktris, model, sekaligus pebisnis itu kembali menanyakan tentang kemantapan Wendy untuk berpisah dari Reza Arap. "Udah," jawab Wendy singkat sembari berupaya keras menahan tangisnya.

4 dari 4 halaman

Merasa Trauma

Luna berusaha menenangkan Wendy yang tak lagi dapat membendung air matanya. Ditanya alasan menangis, Wendy lantas mencurahkan rasa kekecewaannya yang mendalam. "Aku kesal aja di saat apa yang sebenarnya terjadi itu lebih parah dari pada yang media tulis. Cuma aku juga enggak punya kapasitas untuk ngejelasin itu semua," kata Wendy sambil menghapus air matanya.

Perempuan berusia 22 tahun itu mengakui ia lumayan merasa trauma hingga di titik bertemu perempuan mana pun ia tak bisa percaya, bahkan orang terdekatnya. "Cewek dan cowok sih lebih tepatnya, tapi lebih banyak cewek, karena aku ngerasa badut aja selama ini," jelasnya. "Tanpa tahu apa-apa dan baru tahunya itu baru belakangan ini dan setelah udah menikah," tambah Wendy.

Ia merasa sudah mengenal Reza yang dikenalnya sebagai teman. Belum lagi, mereka menjalani pacaran cukup lama, yakni empat tahun. "Lama banget emang. Kenapa bisa enggak ketahuan sama aku ya emang karena rapi dan orang-orang sekitar dia dan terdekat dia itu ngebantu semua," ungkap Wendy.

Wendy mengakui saat sendiri, dirinya merasa menjadi lebih tenang, damai dan tidak cemas. Ia juga menyebut tidak banyak memikirkan hal yang aneh-aneh ketika sendiri. "Jadi keputusannya sudah bulat?" tanya Luna kembali.  "Udah sih, dengan apa yang aku tahu sekarang, udah," jawab Wendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.