Sukses

Aktivis Lingkungan Kembali Beraksi, Semprot Cat ke Toko Rolex di London

Dua aktivis lingkungan Just Stop Oil telah ditangkap setelah menyemprotkan cat oranye ke seluruh toko Rolex di pusat kota London.

Liputan6.com, Jakarta - Dua aktivis lingkungan Just Stop Oil telah ditangkap setelah menyemprotkan cat oranye ke seluruh toko Rolex di pusat kota London. Aksi ini dilancarkan saat eco-mob melancarkan protes selama 28 hari berturut-turut.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu, 3 November 2022, rekaman video yang dibagikan di Twitter menunjukkan aktivis lingkungan menggunakan alat pemadam api untuk menutupi dinding kaca toko Rolex mewah di Knightsbridge dengan cat sekitar pukul 08.30 pada Jumat, 28 Oktober 2022. Keduanya ditangkap atas dugaan kerusakan kriminal dan telah ditahan di kantor polisi pusat London.

Lebih dari 600 aktivis telah ditangkap sejauh ini pada Oktober 2022 menyusul sejumlah aksi, dari melempar sup ke lukisan Van Gogh, memanjat Jembatan QE2 dan menyebabkan lebih dari deretan penghalang jalan utama. Kelompok itu menuntut pemerintah menghentikan semua izin minyak dan gas baru.

Jennifer Kowalski, seorang ilmuwan lingkungan dari Glasgow, mengatakan, "Tidak ada gunanya memiliki jam tangan bertatahkan permata ketika mereka ditakdirkan untuk hilang dalam banjir dan perubahan iklim sedang terjadi sekarang. Krisis energi sedang terjadi sekarang."

"Kami melakukan ini karena kami ingin melindungi hal-hal dan orang-orang yang kami sayangi. Saya tidak mau berdiam diri karena penolakan untuk memperbaiki kehidupan orang biasa menyebabkan orang yang saya cintai menderita," kata perempuan berusia 26 tahun ini.

Adrian Johnson, mantan wakil kepala sekolah dari Perthshire mengatakan, "Ilmunya jelas. Kerusakan iklim ada di sini dan itu disebabkan oleh ekstraksi dan penggunaan bahan bakar fosil. Setiap proyek bahan bakar fosil baru akan menyebabkan kerusakan iklim yang tidak dapat diperbaiki. Ini mungkin sudah terjadi."

"Namun, ini adalah jalan yang diikuti pemerintah kita dengan memberikan lebih dari 100 izin minyak dan gas baru. Itu tidak masuk akal dan itu sembrono di luar kepercayaan. Itulah mengapa saya telah memutuskan untuk mengambil tindakan. Saya tidak bisa lagi duduk dan mengabaikannya," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Aktivis

Kelompok ini menghadapi frustrasi yang semakin meningkat dari anggota masyarakat dengan pengemudi yang marah mengambil tindakan sendiri dan menyeret pengunjuk rasa menjauh dari jalan pada lebih dari satu kesempatan. Salah satu pengunjuk rasa mereka, Indigo Rumbelow, mengatakan kepada program Today BBC Radio 4 pada Rabu pekan lalu bahwa mereka menggunakan taktik 'untuk mengganggu kehidupan sehari-hari' dan memastikan bahwa setiap orang menyadari ancaman 'sangat sangat serius' dari perubahan iklim.

Tentang apakah aksi melanggar hukum dapat diterima, Rumbelow berpendapat, "Ada banyak waktu ketika saya yakin Anda akan setuju bahwa orang melanggar hukum adalah benar. Jika ada rumah yang terbakar dan saya ingin menyelamatkan seorang anak, saya akan memecahkan jendela yang menyebabkan kerusakan kriminal."

"Jika ada pemerintah yang menganiaya sekelompok orang, saya akan menyembunyikan mereka di rumah saya tidak peduli apa risikonya bagi diri saya sendiri. Jika ada pemerintah yang mengejar minyak dan gas baru meskipun ada peringatan dari gas ilmiah global, maka saya akan menghentikannya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Aktivis Ditangkap

Polisi menangkap 27 orang pada aksi protes Just Stop Oil di London pusat pada 27 Oktober 2022 setelah para aktivis duduk di jalan di Cannon Street, Queen Victoria Street dan Garlick Hill di Kota London. Kelompok lingkungan itu mengklaim 31 orang terlibat dalam protes tersebut yang terbaru dalam rangkaian demonstrasi massal sejak awal Oktober.

Polisi tiba untuk berbicara dengan para aktivis sebelum sebagian besar meninggalkan lokasi tanpa menangkap, kata Just Stop Oil. Petugas kemudian kembali untuk menangkap sebagian besar pengunjuk rasa yang terlibat dan dapat membuka kembali jalan.

Salah satu pengunjuk rasa berpendapat itu adalah tindakan 'perlawanan sipil' untuk mendapatkan perhatian pemerintah. Aktivis Tommy Burnett, seorang sopir taksi mengatakan, "Saya mengambil tindakan karena status quo perlu diubah, kita tidak dapat terus menggunakan bahan bakar fosil ketika kita tahu itu menyebabkan cuaca yang semakin buruk dan membuat wilayah di dunia tidak dapat dihuni."

"Saya dalam perlawanan sipil karena saya percaya kesehatan masyarakat, dan kesehatan planet kita, lebih penting daripada kekayaan segelintir orang," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Patung Lilin Raja Charles III Jadi Sasaran

Pada Senin, 24 Oktober 2022, setidaknya dua orang yang berafiliasi dengan koalisi lingkungan Inggris, Just Stop Oil, merusak patung lilin Raja Charles III di Madame Tussauds London. Dikutip dari People, Selasa, 25 Oktober 2022, dalam sebuah unggahan video yang dibagikan di Twitter TalkTV, seorang pria dan perempuan mengambil alih patung lilin Raja Charles III di museum populer tersebut. Mereka melepas pakaian luar untuk memperlihatkan kaus "Just Stop Oil".

Menurut BBC, aktivis lingkungan itu menggelar demonstrasi untuk menyerukan diakhirinya perjanjian minyak dan gas. Si aktivis perempuan tampak menghancurkan kue beku ke wajah patung lilin Raja.

Pria satunya melakukan hal yang sama. Sambil beraksi, ia meneriakkan pesan di tengah hiruk pikuk di belakang kamera. "Tuntutannya sederhana: Hentikan saja (perjanjian) minyak dan gas yang baru. Ini sangat mudah," kata salah satu aktivis pada BBC.

Madame Tussauds membahas insiden itu dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di media sosial. Pihaknya membenarkan kejadian tersebut dan sekarang, pameran di area itu ditutup sementara.

"Sekitar pukul 10.50 hari ini (24 Oktober) para pemrotes memasuki Zona 'Panggung Dunia' di Madame Tussauds London dan tampak melemparkan apa yang diyakini sebagai kue ke arah figur Keluarga Kerajaan kami," cuit pejabat museum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.