Sukses

10 Modifikasi Kursi dari Ban Bekas, Unik dan Dekoratif!

Lengkapi dekorasi ruangan dengan kursi dari ban, bukan hanya estetik tapi juga menyelamatkan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Minat kursi dari ban bekas semakin tinggi seiring dengan munculnya kreativitas para pengrajin. Dari kursi sederhana untuk teras rumah, sampai menjadi kursi yang artistik untuk melengkapi dekorasi hunian, tempat nongkrong dan cafe kekinian yang nyaman.

Perabot rumah yang bagus dan menarik tidak mesti bermerek atau berharga tinggi. Dengan modal kreativitas, kamu bisa memanfaatkan barang bekas seperti ban menjadi kursi. Kursi dari ban, bukan hanya awet dan tahan lama tapi juga bernilai seni tinggi.

Ditambah lagi sebuah kursi dari ban yang kita letakkan di sudut-sudut rumah bukan hanya menjadi tempat bersandar tapi juga jadi tempat untuk menciptakan karya. Sebelum mengetahui ide dan modifikasi kursi berbahan dasar ban, mari kenali kembali pentingnya kursi bagi kehidupan manusia dan bahan-bahan dasar pembuatan kursi.

Pentingnya Kursi yang Nyaman dan Tahan Lama

Dalam penggunaannya, kursi memiliki fungsi utama untuk duduk bagian anggota badan atau sebagai penopang bagian yang lain. Kursi juga banyak digunakan dalam  mendukung aktivitas bisnis, berkreasi, dan lain sebagainya. Sehingga kursi memiliki manfaat yang penting dalam kehidupan.

Kursi Jadi Tempat Bersosialisasi

Sesuai dengan manfaatnya, kamu bisa menggunakan kursi tamu untuk menjamu tamu yang datang. Kursi tamu dapat membuat obrolan menjadi lebih hangat, komunikasi pun terjalin dengan baik. Selain itu, kursi tamu yang nyaman juga memberikan stimulus yang baik bagi aliran darah dan organ tubuh lainnya.

Mendorong Kreativitas

Setiap kursi memiliki desain dan modelnya tersendiri. Hal ini tentunya akan mendorong kreativitas kamu untuk melakukan mix & match dengan konsep ruangan yang dimiliki. Semakin kamu mampu berpikir kreatif, maka otak akan semakin terangsang dengan hal-hal yang positif. Kreativitas ini pun bisa langsung teraplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lingkungan bisa mendorong perasaan kamu menjadi bebas, dan kebebasan erat kaitannya dengan kreativitas.

Lalu, bagaimana dengan kursi dari ban atau kursi berbahan dasar ban? Apakah nyaman sebagai tempat duduk dan tahan lama? Apakah model-modelnya menarik dan cocok sebagai dekorasi rumah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita kenali bahan ban dan bagian-bagian dari ban itu sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan Baku Pembuatan Ban

Seperti sudah banyak diketahui, ban merupakan peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan bermotor maupun tradisional, penggunaannya untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Sebagian besar ban yang ada sekarang ini, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik. Bahan baku yang paling dibutuhkan dalam proses pembuatan ban adalah karet, berbagai serat sintetis dan berbagai jenis kayu. Karet umumnya berasal dari getah pohon pohon karet. Berbagai bahan kimia digunakan untuk meningkatkan sifat karet dan membuat bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan ban.

Jenis-Jenis Ban

Ada banyak jenis-jenis ban di pasarannya, semua tersedia sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Namun, paling sering ban yang menjadi bahan pembuatan kursi dan perabot adalah ban mobil. Meski tak menutup kemungkinan menggunakan ban-ban motor yang melengkapi bagian lain dari kursi.

Jenis ban mobil cukup banyak. Berbagai jenis ini dibuat sesuai kebutuhan setiap motor dengan menyesuaikan karakteristiknya. Seperti ban bias, ban radial, ban RFT (Run Flat Tyre), Ban Tubeless, ban HT (Highway Tread), Ban Mud Terrain, hingga Ban All Terrain. Dari jenis-jenis ban mobil itu, beberapa ban bekas yang sering ditemukan menjadi kursi adalah ban bias, ban radial, dan ban tubeless.

Ban bias menggunakan struktur konstruksi yang diagonal atau bersilangan, terbuat dari bahan nylon. Ban ini memiliki lapisan karet sangat tebal di bagian terluar karenanya lebih kuat menerima beban. Banyak pengguna ban bias adalah mobil-mobil angkut, seperti truk dan bus. Menariknya ban bias bisa divulkanisir ini adalah proses penggantian lapisan karet luar baru dengan menggantikan yang lama. Apabila kondisi ban sudah tidak bagus, tidak perlu langsung diganti dengan yang baru karena masih ada kemungkinan bisa diselamatkan dengan cara vulkanisir. Dengan catatan kondisi cangkang atau konstruksi ban masih baik.

Struktur ban radial berbeda dengan bias, karena menggunakan konstruksi yang tegak lurus. Ban ini memiliki beberapa ply yang bertumpuk, terbuat dari polyester dan serat baja. Karena konstruksi itulah, ban radial jadi lebih banyak mendapat cengkeraman ke aspal. Bobot ban radial yang lebih ringan dibanding ban bias pas sekali digunakan pada kecepatan tinggi.

Selanjutnya adalah ban tubeless yang memiliki pengertian tidak pakai ban dalam. Jadi angin langsung diisi di cangkang ban. Kelebihan ban tubeless adalah lebih praktis bila perlu melakukan penggantian ban. Misal, ban mobil kamu terkena paku di jalan, menambalnya tidak perlu susah-susah lepas ban dari velg. Di ban tubeless, cukup cabut pakunya atau benda tajam lainnya, kemudian tambal dari sisi luar. Setelahnya kamu bisa menggunakan mobil seperti biasa.

Dari bahan pembuatan ban dan jenis-jenis ban, kita berlanjut ke bagian-bagian ban. Mengapa ini penting? Karena bagian inilah kekuatan sebuah ban bisa dimanfaatkan menjadi kursi.

3 dari 5 halaman

Bagian Ban untuk Bahan Kursi

Keuntungan memanfaatkan ban bekas menjadi kursi adalah kamu bisa langsung memanfaatkan semua bagiannya, tanpa perlu repot-repot memotong atau membuat bagian yang tak perlu.

Tread

Komponen ban paling luar atau disebut telapak/lapisan ban luar yang langsung bersentuhan dengan permukaan tanah jalan. Tread memiliki banyak pola yang biasanya disebut Pattern, yang dirancang begitu rinci. Patternnya yang menarik bisa menjadi salah satu bagian penting untuk mendukung dekorasi. Hanya tinggal di bersihkan dan dicat, dia akan jadi bagian menarik dari perabotan kursimu.

Carcass atau Casing

Lapisan benang berbentuk ban dan merupakan rangka ban yang menahan udara bertekanan tinggi agar bisa menyangga ban. Sebagai penyangga ban, bagian ini tentu jadi jadi hal penting untuk memastikan kursi kuat dan tidak lemah. Carcass dan casing dibuat dari bahan yang berbeda, carcass dibuat dari bahan nylon baja sedangkan casing dibuat dari bahan karet.

Belt atau Breaker

Bagian lapisan benang yang diletakkan antara bagian tread dan casing. Belt terbuat dari nylon, sedangkan breaker terbuat dari kawat. Fungsi dari keduanya adalah untuk memperkuat daya rekat antara tread dan carcass.

Sidewall

Lapisan ban yang ada di samping ban, tujuannya adalah untuk melindungi atau menutup carcass ban. Sidewall adalah komponen ban yang paling besar dan fleksibel. Saat melihat kursi dari ban, bagian ini sangat penting karena menjadi rangka duduk dan sandaran dari sebuah kursi.

Dampak Ban Bekas Bagi Lingkungan?

Perkembangan industri otomotif dan transportasi mendorong produksi ban ikut meningkat. Dengan penggunaan ban yang tinggi, maka kemungkinan limbah ban bekas yang dihasilkan juga besar. Hal ini tentu saja berbahaya bagi lingkungan. Tumpukan limbah ban bekas di tempat pembuangan dapat menjadi wabah penyakit dan sarang nyamuk. Limbah ban bekas harus ditangani dengan serius agar tidak menjadi masalah besar bagi lingkungan.

Ban mempunyai struktur kompleks yang membuat sangat sulit didaur ulang karena ban bekas sangat sulit untuk diuraikan oleh bakteri atau struktur mikrobiologi. Selain itu, penumpukan ban bekas pada skala besar juga menimbulkan tertutupnya permukaan lahan, yang mengurangi potensi tersedianya lahan terbuka hijau. Di sinilah peran penting para peduli lingkungan dan juga pengrajin serta masyarakat lainnya untuk memanfaatkan ban bekas menjadi kerajinan atau perabot yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.

4 dari 5 halaman

Membuat Kursi dari Ban Bekas

Kerajinan kursi dari ban dinilai lebih kuat dan tahan lama daripada kursi yang berbahan plastik karena pada dasarnya ban itu sendiri terbuat dari karet. Selain itu, kursi dari ban aman bagi semua kalangan karena sifatnya yang elastis dan fleksibel. Memanfaatkan limbah ban dengan kreativitas yang kita miliki seperti membuat sebuah kursi, juga merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Adapun langkah awal yang harus kamu siapkan sebelum membuat kursi dari ban bekas, yaitu membersihkan ban dari debu dan kotoran yang menempel lalu keringkan. Setelah itu ban siap dikreasikan untuk membuat kursi sesuai dengan keinginan kamu.

Di samping ban bekas, kamu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan dan bahan untuk membuat kursi dari ban yang estetik dan tahan lama. Misalnya tali, lem, kayu triplek, papan kayu, busa dengan ketebalan yang diinginkan, kain furing, kaki sofa, cover sofa, staples tembak, kancing. Untuk peralatan merakit yang perlu disiapkan adalah gunting, staples tembak, kuas, cat karet, dan lainnya.

Ide Kursi dari Ban Bekas, Estetik dan Dekoratif

1. Kursi ban dengan balutan kain dan busa bulat

Siapa sangka semua perabot kursi dan meja di gambar ini dari ban mobil. Kombinasi ban mobil dengan balutan kain berwarna favorit kamu dan tambahan busa-busa bulat serta lahiran kain menjadikan kursi yang estetik dan dekoratif untuk ruang santai di rumah.

2. Kursi ban penuh warna dan berkaki kayu

Kursi berbahan dasar ban yang simpel, namun tetap menarik dilihat dan nyaman diduduki. Bisa dengan mudah dipindahkan ke mana saja kamu mau, buat di dalam maupun di luar rumah.

3. Kursi ban dengan sandaran kayu

Perpaduan ban, kayu dan busa yang empuk bisa menghasilkan sebuah kursi yang nyaman untuk menjadi tempat bersosialisasi dan berkarya. Tinggal pilih warna kain tempat dudukan dan tampilan sisi-sisi luar ban. Letakkan di taman atau ruang tamu, jadi bisa duduki kapan saja.

4. Kursi ban dengan kaki dan sandaran

Jika kamu kurang nyaman dengan model kursi tanpa kaki, model ini bisa jadi inspirasi kamu. Kursi tamu dari ban bekas yang unik menjadi tempat asik untuk bertukar cerita dan menciptakan karya-karya menarik.

5. Kursi ban yang Berbicara

5 dari 5 halaman

Ide Kursi dari Ban Bekas, Estetik dan Dekoratif

Kursi dari ban dan busa dengan kata-kata ini pastinya akan sangat menginspirasi dan membuatnya memiliki daya tarik yang besar.

6. Gabungan dua ban dengan tambahan besi

Kursi dengan gabungan dari dua ban untuk alas duduk dengan anyaman yang terbuat dari karet ban motor yang diwarnai. Terlihat sederhana namun menarik perhatian. Ditambah dengan besi di sisi kiri dan kanan ban yang digunakan sebagai pegangan tangan. Kursi taman dari ban bekas bisa banget jadi pilihan kamu.

7. Kursi ban dengan gabungan kayu

Kursi seperti gambar di atas dibuat dari gabungan ban mobil bekas, ban motor bekas, dan juga potongan kayu. Perpaduan yang unik dan dikreasikan dengan baik sehingga terlihat menarik. Kamu bisa menjadikannya sebagai pengganti kursi meja makan loh.

8. Kursi ban dengan spon dan bahan sintetis

Selanjutnya ada kreasi ban yang pada sisi atasnya terdapat busa yang dilapisi kain. Gabungan dua ban tersebut diberi warna yang mencolok agar terlihat menarik. Kreasi kursi taman dari ban bekas ini cocok sebagai kursi santai.

9. Kursi taman dari Ban Bekas

Kursi yang seluruh materialnya dibuat dari ban bekas ini cocok kamu jadikan sebagai kursi santai di kamar tidurmu.

10.  Kursi ban tumpuk

Kursi dari gabungan dua ban yang dicat dengan warna-warna mencolok ini bisa kamu jadikan referensi untuk kursi taman atau kursi teras.

Itulah berbagai ide dan modifikasi kursi dari ban yang bisa melengkapi dekorasi rumah kamu. Pilih model kursi favoritmu dan jadikan hunian lebih berwarna dan tempat terbaik untuk menciptakan karya seni dan pencapaian lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.