Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Kuba, Negara Berpengaruh di Kawasan Karibia

Top 3 Berita Hari Ini, fakta menarik Kuba, koleksi 3 kesatria di Jakarta Fashion Week 2023 dan tragedi Halloween di Itaewon.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Kuba, salah satu negara yang berpengaruh di kawasan Karibia. Kuba terletak tepat di persimpangan Samudra Atlantik, Teluk Meksiko di barat, dan Laut Karibia terletak di selatan. Haiti merupakan negara tetangga terdekat di sebelah timur.

Di selatan berbatasan dengan Jamaika dan utaranya kepulauan Bahama, sementara Amerika Serikat hanya berjarak sekitar 90 mil (150 km) ke utara melintasi Selat Florida. Negara ini punya sekitar 1.600 pulau, di antaranya pulau kecil dan ngarai dengan luas gabungan tiga perempat luas negara bagian Florida di AS.

Pulau-pulau tersebut membentuk segmen penting dari rantai pulau Antillen (Hindia Barat), yang berlanjut ke timur dan kemudian ke selatan dalam busur besar yang mengelilingi Laut Karibia.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang Jakarta Fashion Week 2023 resmi ditutup dengan koleksi tiga kesatria dalam Dewi Fashion Knights (DFK).

Peragaan busana persembahan majalah mode dan gaya hidup itu menyuguhkan sederet koleksi dari desainer terbaik Indonesia yang telah dikurasi. Runway pekan mode bergengsi di Indonesia ini dibalut dengan sentuhan karya penuh warna. DFK memperkenalkan dua kategori, yakni luxe ready-to-wear dan couture, yang berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya.

Pada kategori couture, show yang menampilkan koleksi para desainer adibusana berdedikasi, yakni Yogie Pratama, Stella Rissa, dan Rinaldy Yunardi. Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang Itaewon yang dianggap sebagai salah satu tujuan utama di Korea Selatan untuk merayakan Halloween.

Sayang, gempita perayaan tahunan tu berubah jadi cerita horor sesungguhnya. Panggilan darurat mulai masuk pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 22.24, waktu setempat. Sambungan telepon tersebut melaporkan tragedi yang terjadi di gang sempit tepat di sebelah barat Hotel Hamilton.

Gang sepanjang 41 meter dan lebar hanya empat meter itu hampir tidak punya cukup ruang untuk enam orang dewasa berdiri berdampingan. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

6 Fakta Menarik Kuba, Negara Berpengaruh di Kawasan Karibia

Kuba, negara di Hindia Barat pulau tunggal terbesar di kepulauan itu dan salah satu negara bagian yang berpengaruh di kawasan Karibia. Domain suku Taino berbahasa Arawakan disebut telah menggusur penduduk sebelumnya, Kuba diklaim oleh Christopher Columbus dimiliki Spanyol pada 1492.

Dari sisi geografis, mengutip dari Britannica, Sabtu 29 Oktober 2022, Kuba terletak tepat di persimpangan Samudra Atlantik, Teluk Meksiko di barat, dan Laut Karibia terletak di selatan. Haiti merupakan negara tetangga terdekat di sebelah timur. Di selatan berbatasan dengan Jamaika dan utaranya kepulauan Bahama, sementara Amerika Serikat hanya berjarak sekitar 90 mil (150 km) ke utara melintasi Selat Florida.

Selanjutnya…

Koleksi Penuh Warna 3 Kesatria Akhiri Jakarta Fashion Week 2023

Jakarta Fashion Week 2023 resmi ditutup dengan koleksi tiga kesatria dalam Fashion Knights (DFK). Peragaan busana persembahan majalah mode dan gaya hidup, Dewi, tersebut menyuguhkan sederet koleksi dari desainer terbaik Indonesia yang telah dikurasi.

Dewi Fashion Knights sendiri telah terlaksana di City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta pada Minggu, 30 Oktober 2022. Runway pekan mode bergengsi di Indonesia ini dibalut dengan sentuhan karya penuh warna.

Selanjutnya…

Kronologi Itaewon Berubah Jadi Pusat Tragedi Halloween

Sudah lama sejak gang-gang trendi Itaewon dianggap sebagai salah satu tujuan utama di Korea untuk merayakan Halloween. Sayang, gempita perayaan tahunan yang sempat hiatus akibat pandemi COVID-19 itu berubah jadi cerita horor sesungguhnya.

Dalam kronologi, melansir Korea Times, Senin (31/10/2022), panggilan darurat mulai masuk pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 22.24, waktu setempat. Sambungan telepon tersebut melaporkan tragedi yang terjadi di gang sempit tepat di sebelah barat Hotel Hamilton.

Selanjutnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.