Sukses

2 Kuliner Indonesia Masuk Daftar Makanan Pedas Terenak di Dunia Versi CNN

Tidak hanya soal penggunaan cabai, pemakaian beragam rempah disebut menambah nilai dua kuliner Indonesia dalam daftar makanan pedas terenak di dunia versi CNN.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada lagi yang perlu diragukan dari keberagaman kuliner Indonesia. Mengemban cerita dan keunikan masing-masing, Negeri Khatulistiwa telah jadi surga kuliner dengan lusinan resep warisan, termasuk dalam kategori makanan pedas.

Menambah daftar panjang pencapaian makanan Indonesia di "meja makan" dunia, dua makanan pedas dari dalam negeri masuk dalam daftar makanan pedas terenak di dunia versi CNN. Melansir situs webnya, Senin (31/10/2022), ketika berbicara tentang hidangan pedas terbaik di dunia, itu didukung beberapa cabai terpedas, selain lapisan rasa yang luar biasa dan sejarah panjang manusia pecinta rempah.

"Makanan pedas, atau setidaknya makanan berbumbu, jelas mendahului gagasan negara dan masakan mereka dalam waktu yang sangat, sangat lama," kata penulis India Saurav Dutt, yang menulis buku tentang makanan terpedas di India. "Setiap bahan pedas memiliki nenek moyang yang liar," katanya.

Dutt menyambung, "Jahe, lobak, mustard, cabai, dan sebagainya memiliki pendahulu yang menyebabkan domestikasi mereka." Kelompok pemburu-pengumpul secara historis menggunakan berbagai bahan liar untuk membumbui makanan mereka, kata Dutt.

Ia mencatat, ada banyak bahan di seluruh dunia yang dapat memberikan rasa pedas pada hidangan, dengan tendangan pedas yang berbeda-beda pula. Ada yang pedas membakar, cenderung menghangatkan, maupun membuat siapa saja yang memakannya otomatis berkeringat.

Dalam kategori ini, Indonesia diwakili salah satunya oleh ayam betutu. Disebutkan bahwa kuliner itu populer di Bali dan Lombok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Ayam Betutu

Publikasi itu mendeskripsikan ayam betutu sebagai hidangan ayam utuh yang diisi dengan bumbu rempah yang sangat aromatik. "Biasanya mencakup campuran cabai segar, lengkuas (akar yang berhubungan dengan jahe), kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan terasi, di antara bahan-bahan lainnya," mereka menyambung.

Ayam tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus, sehingga aromanya lebih harum dan bisa membumbui ayam secara maksimal. "Ayam betutu sering disajikan pada upacara keagamaan di Bali, tapi Anda juga akan menemukannya di restoran yang mengkhususkan diri di seluruh pulau itu," imbuhnya.

Kemudian, ada juga rendang dalam kategori tersebut. Berakar di Sumatra Barat, rendang daging sapi ditulis CNN juga dinikmati di negara-negara tetangga Indonesia, termasuk Malaysia, Brunei, serta Filipina.

"Hidangan kari kering beraroma ini menggunakan daun jeruk purut, santan, dan cabai merah, di antara rempah-rempah lain untuk menghadirkan kerumitan bumbunya. Ini sering disajikan pada tamu atau selama acara meriah," kata mereka.

3 dari 4 halaman

China sampai Thailand

Kuliner Asia lainnya adalah hop pot sichuan. "Bebek, makanan laut, ayam, babi, domba, dan sayuran musiman semuanya dimasukkan ke dalam panci untuk dididihkan dalam kaldu terbuat dari merica Sichuan dan paprika Sichuan kering yang membuat mulut mati rasa," begitu deskripsi atas kuliner tersebut.

Juga dikenal sebagai hot pot Chongqing, hidangan ini konon berasal dari makanan populer di kalangan tukang perahu Sungai Yangtze. Bergeser ke Thailand, makanan pedas yang jadi jagoan adalah som tam.

Dari Provinsi Isaan yang menyukai rempah-rempah di timur laut Thailand, salad segar dan pedas ini adalah hidangan pokok di restoran Thailand di seluruh dunia, selain populer di negara tetangganya, Laos. Som tam secara umum menggunakan pepaya hijau (mentah) sebagai bahan utama yang biasanya diparut.

Pepaya kemudian ditaburi kacang panjang atau kacang hijau dan campuran bumbu penting Asia yang meliputi jus asam, udang kering, saus ikan, dan pasta tebu, di antara bahan-bahan lain. Cabai Thailand, juga disebut cabai rawit, memberikan rasa yang dibutuhkan pada salad.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Terpedas di Dunia

Ada pula Dakdoritang dari Korea Selatan. Sup ayam ini menggandakan kepedasannya dengan dosis bebas gochugaru (bubuk cabai Korea) dan gochujang (pasta cabai Korea) yang dicampur dengan anggur beras, kecap, bawang putih, jahe, dan minyak wijen dalam saus yang membuat hidangan itu kaya rasa.

Ini sering disajikan dengan wortel, bawang, dan kentang. Tapi, wakilnya tentu tidak hanya dari Asia. Secara lengkap, berikut daftar makanan pedas terenak di dunia versi CNN:

1. Sup egusi, Nigeria;

2. Hot pot Sichuan, China;

3. Som tam, Thailand;

4. Ayam piri-Piri, Mozambik dan Angola;

5. Perut babi rebus Chairman Mao, China;

6. Ayam atau babi jerk, Jamaica;

7. Ayam Betutu, Indonesia;

8. Buffalo chicken wings, Amerika Serikat;

9. Udang aguachiles, Meksiko;

10. Pad ka prao, Thailand;

11. Rendang, Indonesia dan Malaysia;

12. Dakdoritang, Korea Selatan;

13. Phaal Curry, Birmingham, Inggris (melalui Bangladesh);

14. Penne all'arrabbiata, Italia;

15. Ayam Chettinad, India;

16. Doro wat, Ethiopia;

17. Mapo tofu, China;

18. Vindaloo, India;

19. Mafé, Senegal;

20. Chili, Amerika Serikat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.