Sukses

6 Fakta Menarik Kuba, Negara Berpengaruh di Kawasan Karibia

Kuba terletak di Hindia Barat dan menjadi salah satu negara bagian yang berpengaruh di kawasan Karibia.

Liputan6.com, Jakarta - Kuba, negara di Hindia Barat pulau tunggal terbesar di kepulauan itu dan salah satu negara bagian yang berpengaruh di kawasan Karibia. Domain suku Taino berbahasa Arawakan disebut telah menggusur penduduk sebelumnya, Kuba diklaim oleh Christopher Columbus dimiliki Spanyol pada 1492.

Dari sisi geografis, mengutip dari Britannica, Sabtu 29 Oktober 2022, Kuba terletak tepat di persimpangan Samudra Atlantik, Teluk Meksiko di barat, dan Laut Karibia terletak di selatan. Haiti merupakan negara tetangga terdekat di sebelah timur. Di selatan berbatasan dengan Jamaika dan utaranya kepulauan Bahama, sementara Amerika Serikat hanya berjarak sekitar 90 mil (150 km) ke utara melintasi Selat Florida.

Negara ini terdiri dari kepulauan yang berjumlah sekitar 1.600 pulau, di antaranya pulau kecil dan ngarai dengan luas gabungan tiga perempat luas negara bagian Florida di AS. Pulau-pulau tersebut membentuk segmen penting dari rantai pulau Antillen (Hindia Barat), yang berlanjut ke timur dan kemudian ke selatan dalam busur besar yang mengelilingi Laut Karibia. Masih banyak hal menarik lainnya tentang Kuba, berikut enam fakta menarik Kuba yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber. 

1. Sistem Pemerintahan

Kuba adalah satu-satunya negara dengan sistem satu-partai Marxisme–Leninisme, di mana peran Partai Komunis diabadikan dalam Konstitusi. Kuba dipimpin oleh kepala negaranya yaitu Presiden. Pengamat independen menuduh pemerintah Kuba melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), termasuk penjara sewenang-wenang dan penyiksaan.

Namun Kuba adalah negara dengan ekonomi terencana yang didominasi ekspor gula, tembakau, kopi serta tenaga kerja terampil. Menduduki peringkat tinggi di beberapa metrik kinerja nasional, termasuk perawatan kesehatan dan pendidikan.

Kehidupan di Kuba yang kontemporer begitu menantang, mengingat terbatasnya akses ke makanan, transportasi, tenaga listrik, dan kebutuhan lainnya. Meski begitu, banyak orang Kuba menunjukkan kebanggaan besar dalam masyarakat revolusioner mereka, satu-satunya di Amerika Latin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah

Kuba menjadi sumber gula mentah terpenting kekaisaran Spanyol pada abad ke-18 dan kemudian mendapat julukan "Pearl dari Antillen". Spanyol harus melawan beberapa kampanye yang sulit dan mahal melawan gerakan kemerdekaan, ia mempertahankan kekuasaan Kuba sampai 1898, ketika dikalahkan oleh Amerika Serikat dan pasukan Kuba dalam Perang Spanyol-Amerika.

Kuba segera memperoleh kemerdekaan formal, meskipun tetap dibayangi oleh Amerika Serikat di dekatnya. Pada 1959, pasukan revolusioner yang dipimpin oleh Fidel Castro menggulingkan pemerintahan diktator Fulgencio Batista. Dua tahun kemudian Castro memproklamirkan sifat revolusi Marxis-Leninis. Kuba menjadi terisolasi secara ekonomi dari tetangga utaranya karena mengembangkan hubungan dekat dengan Uni Soviet.

Namun, runtuhnya Uni Soviet pada awal 1990-an mengisolasi Kuba lebih jauh lagi, membawa apa yang oleh orang Kuba secara halus disebut periode khusus, masa penyebaran kekurangan dan ketidakpastian keuangan. Pada awal abad ke-21, Kuba telah melonggarkan beberapa kebijakan ekonomi dan sosialnya yang lebih ketat. Tetapi Amerika Serikat melanjutkan embargo ekonomi selama puluhan tahun terhadap rezim Castro, meskipun pengumuman pada Desember 2014 tentang dimulainya kembali hubungan diplomatik antara keduanya negara menjanjikan penghapusan embargo.

3. Sensor Negara dan HAM

Kelompok HAM dan Amnesty Internasional menyebut Kuba memiliki sensor ketat dan kurangnya hak-hak sipil, serta pelarangan terhadap kelompok-kelompok oposisi politik dan serikat buruh. Bahkan mereka dikritik karena tidak adanya pemilu yang bebas dan demokratis.

Pemerintah hanya mengakui satu serikat buruh, Sentral Buruh Kuba. Serikat-serikat buruh independen tidak diberikan status resmi dan anggota-anggotanya dilecehkan. Keamanan negara yang sangat efektif dengan jaringan informan dan mata-matanya terus memegang kendali yang efektif.

Tak satupun kelompok HAM yang memiliki status legal. Kuba merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia, dan satu-satunya di belahan bumi barat, yang tidak memberikan akses kepada Komisi Palang Merah Internasional. Lawan-lawan Kuba mengatakan bahwa banyak ukuran tingkat kehidupan telah merosot sejak revolusi, bahwa pemeliharaan kesehatan telah bertambah banyak di banyak negara Amerika Latin lainnya, dan bahwa Kuba adalah satu-satunya negara Amerika Latin yang belum didemokratiskan pada masa sesudah Perang Dingin.

3 dari 4 halaman

4. Etnis

Sebelum penjajahan Spanyol, negara Kuba di akhir abad ke-15 dihuni oleh suku-suku Amerindian. Kuba dihuni oleh setidaknya dua suku bangsa pribumi yang berbeda, yaitu suku Taíno dan Siboney. Kedua suku bangsa ini memiliki kebudayaan neolitikum pra-sejarah dan budaya zaman perunggu.

Sejumlah pakar merasa perlu membedakan suku bangsa Taíno dengan suku bangsa Taíno baru dari Kuba, Lucaya dari Bahama, Jamaika, dan sampai batas tertentu dari Haiti dan Quisqueya (Republik Dominika). Suku bangsa Taíno baru mempunyai masukan budaya yang jauh lebih beragam dan heterogenitas, serta etnis yang jauh lebih besar daripada Taíno tinggi yang sejati dari Boriquen (Puerto Riko).

Kebanyakan penduduk Kuba berasal dari masa pra-Columbus, termasuk suku bangsa Siboney, pertama-tama dapat digolongkan dalam kelompok Taíno baru. Suku bangsa Taíno yaitu petani-petani yang cakap dan suku bangsa Siboney masyarakat pemburu-pengumpul dengan sedikit pertanian yang mendukungnya.

Adapun suku bangsa Taínos dan Siboney mempunyai adat-istiadat dan kepercayaan yang serupa, yaitu ritual suci yang dipraktikkan dengan menggunakan tembakau yang disebut cohoba, atau "merokok". Kemudian suku bangsa Taínos (Arawak Pulau) adalah bagian kelompok budaya yang umumnya disebut suku Arawak, yang menyebar jauh hingga ke Amerika Selatan.

Tetapi Kuba kini adalah negara multikultural, sebagian besar perkotaan, meskipun hanya memiliki satu kota besar yaitu Havana (La Habana), ibu kota dan pusat komersial negara, di pantai barat laut. Disebut tampan karena agak kumuh, Havana memiliki tepi laut yang indah dan dikelilingi oleh pantai yang indah, daya tarik untuk meningkatkan jumlah pengunjung dari luar negeri.

Kota-kota lain di Kuba, termasuk Santiago, Camagüey, Holguín, dan khususnya, Trinidad, menawarkan warisan arsitektur kolonial Spanyol yang kaya untuk melengkapi bangunan kontemporer. Kini mayoritas penduduk Kuba beretnis kulit putih, etnis mulato (campuran etnis kulit putih dengan etnis kulit hitam) dan etnis kulit hitam. Sekitar 85 persen penduduknya pemeluk agama Katolik Roma, dengan bahasa resmi Kuba adalah bahasa Spanyol.

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata

Kuba memiliki situs pertamanya yang tercantum di Sesi Komite Warisan Dunia ke-6, yang diadakan di markas besar UNESCO di Paris, Prancis, Desember 1982. Pada sesi tersebut, "Havana Lama dan Perbentengannya", situs situs yang meliputi bagian pusat dan bersejarah dari ibu kota Kuba Havana, serta perbentengan kolonial Spanyol, dicantumkan dalam daftar.

Pencantuman Kuba di daftar tersebut meliputi berbagai situs. Dua situs terpilih atas signifikansi alam mereka yaitu Taman Nasional Alejandro de Humboldt di provinsi-provinsi timur Holguín dan Guantánamo dan Taman Nasional Desembarco del Granma yang mengambil nama dari sebuah yacht yang mengangkut para anggota Gerakan 26 Juli yang memulai Revolusi Kuba.

Lanskap-lanskap kota yang terkenal meliputi Havana Lama, Trinidad, dan Camagüey, semuanya didirikan oleh para kolonis Spanyol awal pada abad ke-16. Situs-situs tersebut pun meliputi kawasan-kawasan pertanian bersejarah, termasuk penanaman kopi di tenggara Kuba, dan kawasan tembakau di Lembah Viñales.

6. Kuliner

Kuliner khas Kuba merupakan hasil dari campuran Spanyol, makanan orang Aborigin, Afrika dan Karibia. Tentang masakan Aborigin masih ada di antara orang Kuba. Dilaporkan bahwa Christopher Columbus dan para pelautnya untuk pertama kalinya mencicipi jagung, singkong, kacang tanah, ubi jalar, labu, paprika, "yautía" (sejenis talas liar) dan hadiah flora lainnya ketika mereka tiba di pantai.

Di sini mereka makan jutía (sejenis hewan pengerat) dan buah-buahan baru dipanen seperti apel custard, sirsak, nanas, apel, mameyes, apel custard, plum icaco, jambu biji, kacang mete, dan lainnya. Bagian dari warisan suku aborigin adalah yucca roti dan "Ajiaco".

Orang Indian Kuba memiliki kebiasaan memancing dan berburu. Ada banyak variasi ikan dan kerang di laguna dan sungai dan iklim di mana orang tidak perlu menyimpan makanan. Bahkan jika dia menginginkannya, kelembapan dan panas bekerja melawannya sehingga biji-bijian yang disimpan cepat rusak. Orang Spanyol, saat mereka tiba, membawa unggas, sapi, babi, dan kuda yang diternakkan. Dengan cara ini, Kuba menjadi tempat produksi ternak raksasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.