Sukses

6 Fakta Menarik Turki, Negara Anggota G20 dengan Letak Geografis Unik di Asia dan Eropa

Turki terletak di persimpangan Balkan, Kaukasus, Timur Tengah, dan Mediterania timur.

Liputan6.com, Jakarta - Turki negara yang menempati posisi geografis yang unik karena sebagian terletak di Asia dan sebagian lagi di Eropa. Sepanjang sejarahnya Turki juga telah bertindak sebagai jembatan antara dua benua.

Mengutip dari Britannica, Jumat (28/10/2022), Turki terletak di persimpangan Balkan, Kaukasus, Timur Tengah, dan Mediterania timur. Hampir semua wilayah Turki ada di Asia, yang terdiri dari semenanjung lonjong Asia Kecil, juga dikenal sebagai Anatolia dan di timur, bagian dari wilayah pegunungan terkadang dikenal sebagai Dataran Tinggi Armenia.

Sisanya, Turki Thrace terletak di bagian paling tenggara Eropa, sisa kecil dari sebuah kerajaan yang pernah memberikan pengaruh ke sebagian besar Balkan. Negara ini memiliki batas utara-selatan yang berkisar dari sekitar 300 hingga 400 mil dan membentang sekitar 1.000 mil dari barat ke timur.

Turki di utara dibatasi oleh Laut Hitam, di timur laut oleh Georgia dan Armenia, di timur oleh Azerbaijan dan Iran, di tenggara oleh Irak dan Suriah, di barat daya dan barat oleh Laut Mediterania dan Laut Aegea, dan di barat laut oleh Yunani dan Bulgaria. Ibu kotanya adalah Ankara, dan kota serta pelabuhan terbesarnya adalah Istanbul.

Batas laut dengan Yunani telah menjadi sumber perselisihan antara kedua negara dalam beberapa kesempatan sejak Perang Dunia II. Suksesi panjang entitas politik ada di Asia Kecil selama berabad-abad. Masih banyak hal lainnya tentang Turki, berikut enam fakta menarik Turki yang dirangkum Liputan6.com pada Jumat (28/10/2022). 

1. Bentuk Pemerintahan

Turki merupakan republik presidensial dengan sistem multi-partai. Konstitusi saat ini disetujui melalui referendum 1982, yang menentukan struktur pemerintahan, menjabarkan cita-cita dan standar perilaku negara, dan menetapkan tanggung jawab negara kepada warganya. Selanjutnya, konstitusi menetapkan hak dan kewajiban rakyat, serta prinsip-prinsip pendelegasian dan pelaksanaan kedaulatan yang menjadi milik rakyat Turki.

Sama seperti Indonesia, di Turki Presiden tidak dapat mencalonkan diri untuk pemilihan kembali setelah dua periode lima tahun, kecuali parlemen memperbaharui secara prematur pemilihan presiden selama masa jabatan kedua Presiden. Pemilihan parlemen dan pemilihan presiden diadakan pada hari yang sama.

Dalam sistem kesatuan Turki, warga negara tunduk pada tiga tingkat pemerintahan nasional, provinsi, dan lokal. Tugas pemerintah daerah umumnya dibagi antara pemerintah kota dan kabupaten, dimana pejabat eksekutif dan legislatif dipilih oleh suara pluralitas warga oleh distrik. Turki dibagi menjadi 81 provinsi untuk tujuan administratif. Setiap provinsi dibagi menjadi kabupaten, dengan total 973 kabupaten.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah

Orang Turki, awalnya adalah orang nomaden dari Asia Tengah, mendirikan beberapa kerajaan, termasuk Kekaisaran Seljuk dan kemudian Kekaisaran Ottoman, yang didirikan di Anatolia oleh penguasa Turki Osman pada tahun 1299. Ottoman mengambil Konstantinopel pada tahun 1453 dan menjadi kekuatan dunia yang dominan meliputi Anatolia, Maghreb di Afrika Utara, Eropa Tenggara, sebagian Semenanjung Arab dan Teluk Persia, Irak modern, dan sebagian Kaukasus.

Akibatnya, Kekaisaran Ottoman memiliki populasi yang beragam secara agama dan etnis. Hilangnya wilayah Ottoman dimulai pada abad ke-17 mendorong reformasi konstitusional, pendidikan, dan militer dimulai pada akhir abad ke-18.

Namun, karena fragmentasi kelompok nasional di dalam kekaisaran, kemajuan ekonomi dan teknologi yang lambat, dan aliansi naas Ottoman dengan Jerman, kekaisaran runtuh pada akhir Perang Dunia I. Mustafa Kemal Ataturk, yang menjadi terkenal sebagai seorang pahlawan perang dalam Pertempuran Gallipoli, kemudian menyatukan pasukan Turki yang berbeda melawan pendudukan asing atas tanah Turki dan mendukung kedaulatan nasional.

Ketika Republik Turki didirikan pada tahun 1923 setelah Perang Pembebasan Nasional Turki yang sukses, Ataturk melembagakan reformasi besar-besaran yang akan mempengaruhi setiap bagian dari masyarakat Turki. Di antara perubahan lainnya, ia memerintahkan konversi alfabet Turki dari huruf Arab ke Latin, mendorong pakaian Eropa, dan memasukkan kode hukum Jerman, Swiss, dan Italia ke dalam hukum Turki.

Pada akhirnya, ia membentuk pemerintah untuk meniru demokrasi parlementer Barat. Orientasi Barat Turki nantinya akan berkontribusi untuk menjadi anggota piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, dimasukkannya dalam NATO sejak 1952, dan mengejar keanggotaan Uni Eropa. Saat ini, kemitraan Turki dengan Barat, lokasi geografisnya, dan identitasnya sebagai negara mayoritas Muslim dengan konstitusi sekuler dan demokratis menjadikannya pemain kunci di kawasannya dan di dunia.

3 dari 4 halaman

3. Kekuatan Militer

Turki memiliki kekuatan militer mulai dari Angkatan Bersenjata Turki, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Setiap warga negara Turki laki-laki yang sehat jika tidak dilarang diharuskan untuk bertugas di militer untuk jangka waktu mulai dari tiga minggu hingga satu tahun, tergantung pada pendidikan dan lokasi pekerjaan. Turki tidak mengakui keberatan hati nurani dan tidak menawarkan alternatif sipil untuk dinas militer.

Turki memiliki kekuatan militer terbesar kedua di NATO, setelah Amerika Serikat, dengan perkiraan kekuatan 890.700 militer pada Februari 2022. Negara ini merupakan salah satu dari lima negara anggota NATO yang merupakan bagian dari kebijakan berbagi nuklir aliansi, bersama dengan Belgia, Jerman, Italia, dan Belanda.

Sebanyak 90 bom nuklir B61 disimpan di Pangkalan Udara Incirlik, adapun 40 di antaranya dialokasikan untuk digunakan Angkatan Udara Turki jika terjadi konflik nuklir, namun penggunaannya memerlukan persetujuan NATO. Turki telah berpartisipasi dalam misi internasional di bawah PBB dan NATO semenjak Perang Korea, termasuk misi penjaga perdamaian di Somalia, Yugoslavia dan Afrika.

Hal ini mendukung pasukan koalisi dalam Perang Teluk Pertama, menyumbangkan personel militer untuk Pasukan Bantuan Keamanan Internasional di Afghanistan, dan tetap aktif di Pasukan Kosovo, Eurocorps, dan Kelompok Pertempuran Uni Eropa. Dalam beberapa tahun terakhir, Turki telah membantu pasukan Peshmerga di Irak utara dan Angkatan Bersenjata Somalia dengan keamanan dan pelatihan.

Angkatan Bersenjata Turki memiliki kehadiran militer yang relatif besar di luar negeri, dengan pangkalan militer di Albania, Irak, Qatar, dan Somalia. Turki juga mempertahankan kekuatan 36.000 tentara di Siprus Utara sejak 1974.

4. Agama Mayoritas

Turki merupakan negara sekuler tanpa agama resmi negara, Konstitusi Turki memberikan kebebasan beragama dan hati nurani. Islam adalah agama dominan di Turki, dianut oleh 82 persen dari total populasi.

Jajak pendapat lain yang dilakukan oleh Gezici Araştırma pada 2020 yang mewawancarai 1.062 orang di 12 provinsi dan menemukan bahwa 28,5 persen Generasi Z di Turki mengidentifikasi diri sebagai tidak beragama. Menurut survei oleh World Values ​​Survey pada 2017 98 persen Diidentifikasi sebagai Muslim, sementara 1,2 persen diidentifikasi tanpa agama dan 0,8 persen lainnya.

Menurut survei lembaga survei KONDA, yang dikutip dari Wikipedia, persentase ateis di Turki telah meningkat tiga kali lipat dalam 10 tahun dan naik dari 1 persen pada 2008 menjadi 3 persen pada 2018, persentase orang yang tidak percaya atau agnostik naik dari 1 persen menjadi 2 persen, dan bahwa 90 persen orang Turki yang tidak beragama berusia di bawah 35 tahun.

Sementara CIA World Factbook melaporkan bahwa Islam adalah agama 99,8 persen dari populasi, dengan Muslim Sunni sebagai sekte terbesar, sedangkan 0,2 persen adalah Kristen dan Yahudi. Namun tidak ada statistik resmi pemerintah yang merinci keyakinan agama orang Turki, juga tidak ada data agama yang tercatat dalam sensus negara.

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata

Pariwisata di Turki terus meningkat hampir setiap tahun di abad ke-21 dan sektor wisatan ini merupakan bagian penting dari perekonomian. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki saat ini mempromosikan pariwisata Turki di bawah proyek Rumah Turki.

Turki adalah salah satu dari sepuluh negara tujuan teratas dunia, dengan persentase pengunjung asing tertinggi yang datang dari Eropa, khususnya Jerman dan Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2019, Turki menempati peringkat keenam dunia dalam hal jumlah kedatangan turis internasional di belakang Italia dengan 51,2 juta turis asing mengunjungi negara itu.

Menariknya, Turki memiliki 19 Situs Warisan Dunia UNESCO, dan 84 Situs Warisan Dunia dalam daftar sementara. Istanbul adalah kota kesepuluh yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan 13.433.000 pengunjung tahunan pada 2018 menurut Euromonitor International. Antalya adalah kota kedua yang paling banyak dikunjungi di Turki, dengan lebih dari 9 juta turis pada tahun 2021.

6. Kuliner

Kuliner Turki bervariasi di seluruh negeri, terpengaruh masakan Istanbul, Bursa, Izmir, dan wilayah Anatolia lainnya mewarisi banyak elemen masakan istana Ottoman. Salah satunya penggunaan rempah-rempah yang moderat, preferensi nasi daripada bulgur, koftes, dan ketersediaan semur sayuran seperti terong dan ikan.

Masakan Wilayah Laut Hitam menggunakan ikan secara luas, terutama ikan teri Laut Hitam disebut hamsi dan hidangan jagung. Masakan tenggara misalnya Urfa, Gaziantep, Adıyaman dan Adana terkenal dengan berbagai kebab, meze, dan makanan penutup berbahan dasar adonan seperti baklava, öbiyet, kadayıf, dan künefe.

Di bagian barat Turki, di mana pohon zaitun tumbuh subur, minyak zaitun adalah jenis minyak utama yang digunakan untuk memasak. Masakan daerah Aegea, Marmara, dan Mediterania kaya akan sayuran, rempah-rempah, dan ikan.

Anatolia Tengah memiliki banyak spesialisasi terkenal, seperti keşkek, mant dan gözleme. Nama makanan yang secara langsung serumpun dengan mant juga ditemukan dalam bahasa Cina mantou atau roti kukus dan masakan Korea mandu, umumnya dianggap berasal dari Mongolia selama abad ke-13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.