Sukses

Rekomendasi Tempat Wisata dan Hiburan Seru di Hong Kong

Kota yang dijuluki 'Asia's World City' ini menawarkan keragaman seni dan budaya, pemandangan alam yang luar biasa, hingga wisata hiburan terkenal.

Liputan6.com, Jakarta Hong Kong menjadi salah satu destinasi wisata di kawasan Asia yang punya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Itu karena Hong Kong selalu menghadirkan petualangan seru dan pengalaman baru dari berbagai destinasi wisata yang siap untuk dijelajahi.

Selama tiga tahun terakhir, Hong Kong tak pernah berhenti membangun dan meningkatkan infrastruktur pariwisata. Siapkan dirimu untuk merasakan Petualangan Baru Setiap Saat saat nanti berkunjung kembali ke Hong Kong.

Kota yang dijuluki 'Asia's World City' ini menawarkan keragaman seni dan budaya, pemandangan alam yang luar biasa, hingga wisata hiburan terkenal, sampai tempat makanan yang menyajikan hidangan dengan cita rasa luar biasa!

Nah, sambil kamu merencanakan agenda berlibur ke Hong Kong, catat beberapa rekomendasi tempat wisata di bawah ini ya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Seni & Budaya

Hong Kong tak hanya terkenal akan Disneyland-nya saja, tetapi juga museum yang tersedia di sana. Ada dua museum yang patut kamu kunjungi di sana, Hong Kong Museum of Art (HKMoA) dan Hong Kong Palace Museum (HKPM).

- Hong Kong Museum of Art (HKMoA)

Ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Hong Kong. Museum yang mengalami pemugaran pada tahun 2019 ini dibangun dan sudah dibuka sejak tahun 1962. Fyi, museum ini dipindahkan pada tahun 1991 ke lokasi barunya saat ini di Tsim Sha Tsui.

Di sini, kamu bisa menjelajahi lebih dari 17 ribu artefak yang merepresentasikan keunikan budaya Hong Kong. Menariknya, koleksi yang ada di museum ini ditampilkan secara visual dengan mewakili evolusi seni Hong Kong. Mulai dari kaligrafi dan lukisan tradisional Tiongkok hingga obras modern dari seniman kontemporer yang lahir dan besar di wilayah tersebut.

Museum yang terletak di tepi laut Victoria Harbour ini dibuka setiap hari Senin-Rabu dan Jumat serta Sabtu dan Minggu pukul 10 pagi waktu setempat.

- Hong Kong Palace Museum (HKPM)

Museum yang ditujukan sebagai pendukung kesenian dan kebudayaan Hong Kong dan West Kowloon Cultural District ini berada di tepi laut Victoria Harbour. HKPM merupakan landmark yang wajib dikunjungi bagi para pencinta seni, budaya, dan karya seni langka.

Museum ini memiliki salah satu koleksi keramik China paling mengesankan di dunia dan lebih dari 900 karya seni yang memiliki nilai historis lainnya. Selain itu, HKPM juga menampilkan 13 benda berharga yang dipinjam dari Louvre sebagai bukti peran museum sebagai Pusat Pertukaran Budaya Internasional East-meets-West.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke sana, jangan lupa untuk memesan tiketnya terlebih dahulu di situs resmi Hong Kong Palace Museum ya!

3 dari 5 halaman

Luar Ruang Seru

Menjelajahi Hong Kong tak hanya melihat pemandangan gedung pencakar langitnya saja ya! Tapi ternyata ada lho tempat wisata yang paket komplet. Mulai dari pegunungan hingga pantai bisa kamu nikmati sekaligus, seperti di Sai Kung dan Cheung Chau.

- Sai Kung

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi adalah UNESCO Global Geopark di Sai Kung. Kamu bisa menjelajahi banyak pulau yang indah nan eksotis. Kamu akan mendapatkan pengalaman merasakan petualangan ekologis yang nyata.

Ada beberapa tempat yang bisa kamu jelajahi. Mulai dari Sharp Island yang terkenal dengan pantainya yang keren deretan “bebatuan nanas”. Batuan tersebut merupakan batuan granit yang tersusun secara alami.

Kamu juga bisa mendaki di tengah deretan batuan heksagonal indah yang terdapat di High Island. Dengan hamparan laut biru yang mengesankan, tidak ada tempat lain yang jauh lebih tepat untuk menikmati pemandangan di Hong Kong, selain di sini.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi gugusan pulau yang dikenal sebagai Ung Kong Group, terdiri dari Wang Chau, Basalt Island dan Bluff Island. Ketiga pulau tersebut memiliki gua laut terbesar yang sangat indah.

Dan yang terakhir, kamu bisa mengunjungi kepulauan Ninepin Group. Di sini, kamu bisa mendapatkan tempat ideal untuk mendapatkan ketenangan dan berjemur di tengah bebatuan geologis yang sangat menakjubkan.

- Cheung Chau

Jika kamu ingin mencari ketenangan dan merileksasikan diri, Cheung Chau bisa menjadi pilihan tepat. Kamu bisa naik kapal untuk mencapai Cheung Chau dan lanjut mengelilingi pulau ini dengan sepeda, karena kendaraan motor dan mobil di sini dibatasi.

Di sini, kamu bisa mengunjungi Klenteng Tin Hau, sebuah kuil berusia lebih dari 200 tahun yang didedikasikan bagi Dewi Laut agama Taoisme. Lalu, kamu juga bisa mengunjungi Gua Cheung Po Tsai yang pada abad ke-19 digunakan sebagai tempat persembunyian para bajak laut ketika memimpin lebih dari 50.000 bandit dan 600 kapal perampok.

Setelah itu, kamu bisa lanjut bersepeda melalui jalur hiking Cheung Chau Family Trail. Jalur hiking yang terkenal dengan sebutan "Tembok Besar China Mini Cheung Chau" ini memperlihatkan formasi bebatuan indah ditambah dengan pemandangan pantai yang cantik.

Terakhir, kamu bisa mengikuti acara paling terkenal di Cheung Chau, yaitu Bun Festival yang diadakan setahun sekali di musim semi. Perayaan yang berlangsung selama beberapa hari ini diselenggarakan untuk memberi penghormatan kepada para dewa-dewi yang telah melindungi warga kota.

4 dari 5 halaman

Jelajah & Atraksi

Setelah menikmati indahnya pemandangan atau sisi lain dari Hong Kong, kamu bisa menikmati tempat wisata yang ramah keluarga. Seperti Castle of Magical Dreams di Hong Kong Disneyland dan The Peak.

- Castle of Magical Dreams

Tempat wisata terbaru dari Hong Kong Disneyland ini dibuka untuk publik pada November 2020. Kastil baru ini terinspirasi oleh berbagai cerita dari 30 putri dan ratu Disney yang penuh cerita inspiratif dalam mengejar dan mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Setiap arsitektur yang terdapat di sini, mewakili karakteristik setiap tokoh wanita lewat interpretasi warna, ikon, pola, dan ciri khas budaya dengan menaranya. Di sini, kamu bisa menikmati pertunjukan kembang api Momentous.

- The Peak

Kawasan elite ini merupakan titik tertinggi di Hong Kong yang menawarkan pemandangan spektakuler. Di sini, kamu bisa melihat kilauan gedung pencakar langit yang ada di Hong Kong dan melihat Victoria Harbour dari ketinggian serta New Territories di siang hari.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman baru yang tak terlupakan ketika naik The Peak Tram menuju bukit Victoria Peak. Sejak Agustus 2022, Peak Tram mengajak pengunjung kembali menyusuri perjalanan ke atas puncak yang memukau dengan gerbong trem yang didesain ulang, terminal, dan fasilitas yang ditingkatkan.

5 dari 5 halaman

Belanja & Bersantap

Setelah menjelajahi Hong Kong dari segi historis, pemandangan alam, hingga wisata bersama keluarga, tak afdol rasanya kalau tidak mencicipi sajian kuliner khas Hong Kong. Di Hong Kong, kamu bisa mencicipi masakan dari restoran michelin star dan singgah di kafe instagramable, seperti The Coffee Academïcs.

Dilansir dari Michelin Guide, ada beberapa restoran yang sudah dinobatkan sebagai michelin star, mulai dari hidangan khas Kanton ala Duddell's dan sajian daging panggang khas Kanton dari Po Kee BBQ Restaurant. Ada juga beberapa restoran baru, seperti masakan Tiongkok ala koki pemenang penghargaan Vicky Cheng, Wings, masakan vegetarian-nya JAJA, dan masih banyak lagi.

Gimana? Buat kamu yang belum pernah ke Hong Kong sebelumnya dan bagi kamu yang ingin merasakan petualangan baru di Hong Kong, segera masukkan rekomendasi di atas ke bucket list perjalanan ke Hong Kong nanti, ya!

Pastikan untuk mengunjungi laman www.discoverhongkong.com untuk informasi lengkap tentang petualangan baru yang menanti kamu di Hong Kong!

Cek Video Berikut Ini!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini