Sukses

Raisa Pilih Staycation Sendirian demi Bisa Fokus Kerja

Raisa baru saja didapuk sebagai brand ambassador untuk sebuah online travel agent (OTA) di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Work from home (WFH) tidak selalu memudahkan. Setidaknya itu yang dirasakan Raisa Andriana selama berada di rumah. Fokusnya kerap terpecah-pecah antara urusan rumah dan anak.

Ia pun menyiasatinya dengan staycation sendirian. "Kalau di rumah kan banyak kerjaan lain. Ngerjain pekerjaan rumah, main sama anak, enggak bisa fokus kerja di rumah," ujar Raisa dalam Virtual Media Gathering Bersama tiket.com, Rabu, 26 Oktober 2022.

Ia pun meminta izin pada suaminya, Hamish Daud, untuk menyepi. "Staycation itu buat kerja. Bisa fokus karena enggak ada yang gangguin. Bisa bikin lirik atau sekadar bikin konten. Sehari saja sudah cukup banget nge-boost buat aku," tuturnya.

Di luar itu, Raisa juga terpikir untuk liburan bersama keluarga kecilnya. Lantaran putrinya, Zalina, masih balita, ia dan Hamish menyeleksi destinasi berdasarkan kebutuhan si anak. "Aku pengen ke Tokyo. Selain makanannya enak-enak, banyak destinasi juga untuk anak," tuturnya.

Pengeluaran terbesar saat liburan keluarga adalah akomodasi dan makan. Apalagi, ia dan Hamish merupakan pecinta makanan. Lalu, karena membawa anak, ia juga mengutamakan kenyamanan di transportasi.

Sementara, penghematan dilakukan dengan memilih atraksi wisata yang ramah di kantong, bahkan gratis. "Di luar negeri banyak juga atraksi gratis. Kita sightseeing atau ke park. Di luar negeri juga banyak museum yang gratis," imbuh Raisa.

Ia juga berusaha mengelola ekspektasi saat mengajak Zalina liburan besama. Ia biasanya akan mencari kegiatan yang disukai oleh putrinya agar traveling menyenangkan untuk semua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagi Tugas

Raisa mengaku biasa berlibur hanya bertiga. Jika itu terjadi, ia dan Hamish biasanya akan berbagi tugas jika salah satu dari mereka membutuhkan waktu sendiri.

"Bagi tugas adalah sebuah kunci. Aku cari destinasi yang child-friendly aja. Tapi kalau ada keluarga, lebih enak. Bagi-bagi tugas lebih seru," ujarnya.

Pelantun lagu Jatuh Hati itu juga bermimpi untuk bisa traveling ke dua tempat lain. Ya, London dan New York menjadi dua destinasi impian yang ingin dikunjungi dalam waktu dekat.

"Kemarin habis pulang dari London untuk kerja. Aku pengen ke sana lagi. Pengen juga ke New York. Mumpung visanya masih ada," sambung dia.

Ia kerap mempersiapkan perjalanannya dari jauh hari. Tujuannya agar bisa memperoleh tiket dengan harga lebih miring, apalagi bila hendak pergi naik pesawat kelas bisnis. 

"Dari jauh-jauh hari biasanya dapat deals lebih mudah dan lebih punya banyak waktu dapat promo. Sekarang setiap negara punya kebijakan beda-beda, itu perlu dipantau banget," ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Jadi Duta

Kemarin, Rabu, 26 Oktober 2022, Raisa didapuk sebagai duta terbaru Tiket.com. Ia dipilih lantaran kepribadiannya yang ramah, selaras dengan nilai perusahaan online travel agent (OTA) itu yang mengutamakan keramahan bagi semua konsumen.

"Mau di panggung, mau ketemu langsung, dia ramah. Itu salah satu value yang kita anut, bahwa kita harus bersahabat sama semua orang," ujar Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com.

Bersamaan dengan itu, ia juga mengumumkan program promo online tiket week (OTW) yang berlangsung mulai hari ini, Kamis (27/10/2022), hingga 4 November 2022. Program tersebut memberi kesempatan pada konsumen untuk mendapatkan tiket pesawat, hotel/akomodasi, dan atraksi dengan harga termurah.

"Animo masyarakat sekarang luar biasa banget. Setelah lebaran, enggak ada setopnya. Kita bingung kok rame terus, kok liburan terus," ujar Gaery.

Berbeda dari program OTW dari dua tahun sebelumnya, kali ini mereka menawrkan opsi lebih banyak untuk berlibur ke luar negeri. Hal ini menyusul banyak negara yang sudah membuka perbatasannya untuk dikunjungi wisatawan asing.

"Seperti Jepang, di OTW, kami menghadirkan promo destinasi internasional, baik flight maupun penginapannya. Enggak hanya destinasi yang beragam, harganya juga lebih nyetrum. Harga gledek Jakarta-Tokyo pp Rp3,9 juta," kata Sandra Darmosumarto, Public Relations Sr. Manager, tiket.com.

 

 

4 dari 4 halaman

Tetap Bijak

Harga promo juga ditawarkan untuk tiket pesawat rute Bangkok-Jakarta pp senilai Rp2,5 juta. Sementara, Jakarta-Paris pp Rp6,5 juta, Jakarta-Singapura Rp1,8 juta pp, Jakarta-Sydney Rp1,8 juta, dan Jakarta-Seoul Rp3,9 juta pp. Promo itu berlaku pula untuk yang merencanakan liburan akhir tahun.

"Internasional saat dibuka, Singapura langsung ramai. Orang Indonesia semua isinya, di Orchard Road, Changi. Kedua adalah Thailand, salah satu destinasi favorit karena makanannya enak, harga terjangkau. Ketiga adalah Jepang, saat dibuka, langsung membeludak," ujar Gaery soal destinasi favorit.

Wisata domestik juga tetap akan diminati. Bali, Yogyakarta, dan Labuan Bajo menjadi tiga destinasi terfavorit konsumen tiket.com saat ini. "Labuan Bajo itu lagi naik daun banget. Favorit saya juga dan di situ ada sesuatu yang enggak bisa didapetin di tempat lain," kata dia.

Meski pandemi melandai dan regulasi dilonggarkan, ia meminta para pelancong terus menjaga diri masing-masing. Ia juga berharap situasi industri pariwisata dan perjalanan terus membaik ke depannya.

"Kami mengimbau agar bijak saat berwisata. Protokol kesehatan, vaksinasi, peraturan di destinasi, kita harus sama-sama jaga supaya selalu baik," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.