Sukses

6 Fakta Menarik Swedia, Negara dengan Pegunungan Glasial dan Puluhan Ribu Danau

Swedia secara resmi merupakan negara kerajaan dengan sistem monarki konstitusional.

Liputan6.com, Jakarta Swedia, secara resmi Kerajaan Swedia, merupakan negara yang terletak di Semenanjung Skandinavia timur, Eropa utara. Swedia memiliki luas 172.752 mil persegi (447.425 km persegi), dengan Populasi 10.495.000 menurut data terkini tahun 2022.

Ibu kota Swedia adalah Stockholm, penduduknya sebagian besar homogen, meskipun ada minoritas Finlandia dan Sami (Lapp). Sebanyak 10 persen penduduknya adalah imigran atau keturunan mereka. Bahasa resmi mereka adalah Swedia, sementara agama mayoritas yang dianut adalah Kristen Protestan dan juga Katolik Roma, serta Islam.

Mengutip dari Britannica, Rabu (26/10/2022), Swedia memiliki tiga wilayah tradisional, pertama Norrland yang bergunung-gunung mencakup sekitar tiga perlima dari negara itu dan memiliki hutan yang luas, kemudian Svealand memiliki pegunungan glasial yang bergelombang dan berisi sebagian besar dari 90.000 danau di negara itu. Kemudian Götaland terdiri dari dataran tinggi Småland yang berbatu dan dataran Skåne yang kaya. Sekitar 15 persen dari Swedia terletak di utara Lingkaran Arktik.

Ekonomi sebagian besar didasarkan pada jasa, industri berat, dan perdagangan internasional. Swedia memiliki deposit bijih besi yang besar termasuk pertambangan, kayu, manufaktur baja, dan pariwisata. Produk pertanian termasuk biji-bijian, bit gula, kentang, dan ternak. Masih banyak hal menarik tentang Swedia, berikut yang dirangkum Liputan6.com tentang enam fakta menarik Swedia pada Rabu (26/10/2022).

1. Sejarah

Jejak pertama kehidupan manusia di Swedia berasal dari sekitar 9000 SM. Selama era Viking (abad ke-9–10 M), Swedia mengendalikan perdagangan sungai di Eropa timur antara Laut Baltik dan Laut Hitam, di mana mereka juga menyerbu tanah Eropa Barat.

Swedia secara longgar bersatu dan dikristenkan pada abad ke-11. Swedia menaklukkan Finlandia pada abad ke-12, dan pada abad ke-14 bersatu dengan Norwegia serta Denmark di bawah satu monarki.

Swedia memisahkan diri pada1523 di bawah Gustav I Vasa. Pada abad ke-17 muncul sebagai kekuatan besar Eropa di wilayah Baltik, tetapi dominasinya menurun setelah kekalahannya dalam Perang Utara Kedua (1700–21).

Hingga Swedia menjadi monarki konstitusional pada tahun 1809 dan bersatu dengan Norwegia pada tahun 1814, kemudian mengakui kemerdekaan Norwegia pada tahun 1905. Swedia mempertahankan netralitasnya selama kedua Perang Dunia.

Swedia adalah anggota piagam PBB tetapi abstain dari keanggotaan di NATO dan tidak bergabung dengan Uni Eropa sampai 1995. Sebuah konstitusi baru yang dirancang pada tahun 1975 mengurangi kekuasaan raja menjadi kepala negara seremonial.

Pada 1997 Swedia memulai penutupan kontroversial industri tenaga nuklirnya. Pada awal abad ke-21 telah muncul sebagai pusat telekomunikasi dan teknologi informasi Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Etnis

Sejak Perang Dunia II terjadi perubahan penting dalam pola etnis. Dari tahun 1970 hingga awal 1990-an, imigran menyumbang sekitar tiga perempat dari pertumbuhan penduduk. Sejauh ini, sebagian besar imigran datang dari negara tetangga Nordik, yang dengannya Swedia berbagi pasar tenaga kerja yang sama.

Pada 1980-an Swedia mulai menerima peningkatan jumlah pencari suaka dari negara-negara Asia dan Afrika seperti Iran, Irak, Lebanon, Turki, Eritrea, dan Somalia, serta dari negara-negara Amerika Latin yang menderita di bawah pemerintahan yang represif. Kemudian dari tahun 2010 hingga 2014 jumlah orang yang mencari suaka di Swedia meningkat secara dramatis, mencapai lebih dari 80.000 pada tahun 2014, dan jumlah itu berlipat ganda menjadi lebih dari 160.000 pada 2015.

Banyak dari orang-orang ini melarikan diri dari Perang Saudara Suriah. Sejak awal konflik itu, Swedia telah memberikan tempat tinggal kepada setiap orang Suriah yang mencari suaka (total sekitar 70.000). Dengan demikian, pada 2016 satu dari enam penduduk Swedia telah lahir di luar negeri, dan Swedia, yang merasakan tekanan dari arus migran yang besar, memberlakukan pembatasan imigrasi yang baru dan lebih ketat.

Swedia memiliki dua kelompok minoritas penduduk asli yaitu orang-orang berbahasa Finlandia di timur laut di sepanjang perbatasan Finlandia, dan Populasi Sami (Lapp) sekitar 15.000 tersebar di seluruh bagian utara Swedia. Setelah berburu dan menangkap ikan, kelompok terakhir mengembangkan sistem penggembalaan rusa yang masih mereka operasikan. Sebagian besar orang Sami di Swedia juga memiliki pekerjaan lain.

3. Kerajaan Swedia

Kerajaan Swedia dipimpin oleh kepala negara monarki Swedia, merupakan sebuah monarki warisan dan konstitusional dengan sistem parlementer. Kerajaan Swedia dalam bahasa Swedia disebut Konungariket Sverige, telah menjadi monarki sejak zaman dahulu kala.

Awalnya Swedia sebuah monarki terpilih, monarki tersebut menjadi kerajaan warisan pada abad ke-16 pada masa pemerintahan Gustav, meskipun seluruh penguasa monarki sebelumnya berasal dari keluarga dalam jumlah kecil dan terbatas yang dianggap sebagai dinasti-dinasti kerajaan Swedia. Swedia pada saat ini merupakan sebuah demokrasi perwakilan dalam sistem parlementer yang berdasarkan pada kedaulatan populer, sesuai yang tercantum dalam Instrumen Pemerintahan saat ini (salah satu dari empat Hukum Kerajaan Fundamental yang dibuat untuk merancang konstitusi.

Penguasa monarki dan para anggota Keluarga Kerajaan memegang berbagai tugas resmi, tak resmi dan perwakilan lainnya di Swedia dan luar negeri. Carl XVI Gustaf menjadi Raja pada 15 September 1973 setelah kakeknya meninggal, Gustaf VI Adolf. 

3 dari 4 halaman

4. Hutan Swedia

Sekitar setengah dari lahan hutan Swedia adalah milik pribadi, sekitar seperempat milik perusahaan, dan sekitar seperempat milik publik. Pekerjaan hutan dulunya merupakan pekerjaan musim dingin pelengkap bagi petani kecil yang menggunakan kuda mereka.

Saat ini kehutanan dilakukan sepanjang tahun oleh tenaga kerja kecil dan mesin modern yang besar. Hampir tiga perempat dari semua pertanian Swedia memiliki hutan. Rata-rata pertumbuhan kembali dan waktu panen untuk cemara dan pinus adalah sekitar 50 tahun di selatan dan sekitar 140 tahun di utara.

Semenjak akhir abad ke-19, kehutanan di Swedia telah dilakukan dengan basis hasil berkelanjutan, yang menetapkan rasio antara pemotongan dan pertumbuhan baru yang ditegakkan secara ketat. Metode kehutanan skala besar modern telah menjadi sasaran kritik keras , dan reformasi besar dilaksanakanpada tahun 1990-an.

Pemetaan dan inventarisasi menyeluruh dari habitat hutan utama dilakukan pada pertengahan 1990-an untuk mengidentifikasi kawasan dengan nilai keanekaragaman hayati yang tinggi. Maka tak heran juga bahwa Swedia merupakan negara pengekspor utama produk hutan dunia.

Kayu diangkut lewat jaringan jalan dan kereta api yang padat. Pabrik penggergajian kayu dan pulp dan kertas memproses hasil hutan.

Pabrikan Swedia memproduksi berbagai produk kayu, termasuk kertas, papan, serta rumah dan furnitur prefabrikasi. Industri pulp dan kertas mulanya berkembang di muara sungai di sepanjang Teluk Bothnia dan Danau Vner. Baru-baru ini, tanaman telah ditemukan di pantai selatan Swedia.

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata

Salah satu rute wisata yang terkenal adalah melalui kereta api dari selatan ke utara Swedia, melihat atraksi sejarah, alam dan budaya. Rute ini sangat populer di kalangan turis Jerman. 

Swedia memiliki puluhan ribu danau, namun yang terbesar adalah Vänern, termasuk danau terbesar di Uni Eropa dan danau ketiga terbesar yang seluruhnya di Eropa setelah Danau Ladoga dan Onega di Rusia. Danau ini terletak di provinsi Västergötland, Dalsland, dan Värmland di barat daya negara itu.

Taman Nasional Djurö adalah sebuah taman nasional di Swedia yang terdiri dari kepulauan Djurö sebanyak 30 pulau di danau terbesar di Swedia, Danau Vänern. Taman ini didirikan pada tahun 1991 dan memiliki luas wilayah sebesar 24 kilometer persegi.

Pulau-pulau tersebut saat ini tidak berpenghuni, tetapi terdapat pondok berburu dan mercusuar tak berawak. Margasatwa termasuk rusa bera dan berbagai macam burung termasuk elang tiram, burung hobi, dan burung camar hitam besar. Cakrawala Djurö hanya terdiri dari air, kecuali ke arah selatan di mana Kinnekulle dapat terlihat.

6. Kuliner

Banyak hidangan tradisional menampilkan kesederhanaan, rasa yang kontras, seperti hidangan tradisional bakso köttbullar yang dibuat dari daging giling atau daging cincang dan berbentuk bulatan-bulatan kecil, agak mirip dengan bakso Indonesia. Namun, berbeda dengan bakso yang lazim dikenal di Indonesia, bakso Swedia ini biasanya ditumis.

Makanan ini merupakan makanan sehari-hari yang lazim disantap dengan kentang tumbuk dan selai dari buah lingon. Selai Lingonberry, masih menjadi favorit, mungkin merupakan cara paling tradisional dan khas Swedia untuk menambah kesegaran pada makanan yang terkadang agak berat, seperti steak dan semur.

Sementara untuk jenis camilannya, sebagian besar adalah roti, salah satunya bakelser dan jenis kaffebröd adalah berbagai bentuk kue kering dan roti yang biasanya dikonsumsi, dengan kopi.  Pentingnya ikan telah mengatur populasi dan pola perdagangan Swedia jauh ke belakang dalam sejarah. Untuk pengawetan, ikan diasinkan dan diawetkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.