Sukses

Jakarta Fashion Week 2023 Resmi Dibuka, Usung Semangat Reformasi Fesyen

Jakarta Fashion Week 2023 dengan membawa semangat reformasi fesyen, resmi dibuka hari ini Senin (24/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fashion Week 2023 atau JFW 2023 resmi dibuka hari ini, Senin (24/10/2022). Pekan mode yang diselenggarakan di venue baru, yakni di City Hall, Level 5 Pondok Indah Mall atau PIM III pada 24--30 Oktober 2022 ini, menghadirkan sebanyak 116 perancang mode dengan mengusung tema "Fashion Reformation".

CEO GCM Group and Chairwoman JFW Svida Alisjahbana menyampaikan JFW 2023 membawa banyak arti dengan tempat penyelenggaraan baru dan momen pandemi yang diharapkan akan segera berakhir. "Kami berusaha mengangkat reformasi fashion, bagaimana era distruktif ini mengubah kita dari segi presentasi dan delivery-nya," kata Svida saat konferensi pers di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Tema "Fashion Reformation" menyiratkan semangat regenerasi di industri mode Tanah Air. Tema ini sekaligus menjadi bentuk perayaan kreativitas dan kebangkitan para insan mode usai melalui masa pandemi.

Svida mengatakan, sambutan positif dan dukungan yang diberikan berbagai pihak untuk pelaksanaan JFW yang ke-15 ini, baik para sponsor, partner lokal maupun internasional, serta dari masyarakat umum. Ini juga menjadi suntikan semangat agar pelaksanaan JFW yang kembali diadakan secara luring ini dapat sesukses tahun-tahun sebelumnya.

Creative Director Jakarta Fashion Week Andandika Surasetja mengatakan bahwa "Fashion Reformation" yang menjadi tema utama JFW 2023 cukup menantang dengan banyak hal baru yang coba diusung. "Kita mencoba mempertemukan desainer lintas generasi. Dari 116 desainer yang tampil bukan cuma maestro, tapi juga meng-embrance desainer yang baru pertama kali," katanya di kesempatan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilkan Karya 116 Desainer

Para perancang memamerkan karya-karya yang mereka presentasikan sebagai tren di tahun berikutnya. Hadir beberapa nama yang patut dinanti adalah Obin, Harry Halim, Jeffry Tan, Yosafat Dwi Kurniawan, Wilsen Willim, Benang Jarum, Nada Puspita, Sejauh Mata Memandang. 

Selain itu hadir pula para desainer dari Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), antara lain Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Andreas Odang, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, Eridani, Liliana Lim dan masih banyak lagi. Ada juga perancang mode internasional yang akan meramaikan runway tahun ini, di antaranya adalah Ngali by Denni Francisco dari Australia, serta Saint Ego dan Doucan dari Korea Selatan.

Salah satu yang paling ditunggu dari Jakarta Fashion Week setiap tahunnya adalah segmen Dewi Fashion Knights, persembahan dari Majalah Dewi. Dewi Fashion Knights menghadirkan deretan perancang mode terbaik Indonesia dengan tema tersendiri yang berkesinambungan dengan tema utama JFW 2023.

Dewi Fashion Knights tahun ini akan mengusung dua kategori, yakni kategori High End Ready to Wear bertema Fashion Mutation yang diterjemahkan dalam koleksi-koleksi apik karya Peggy Hartanto, Sean Sheila, serta Aidan and Ice, disusul dengan kategori adibusana pada malam penutup bertema Future Couture yang akan menampilkan karya terbaik dari Rinaldy A. Yunardi, Yogie Pratama, dan Stella Rissa.

3 dari 4 halaman

Desain Interior di JFW 2023

Sementara itu, JFW 2023 juga berkolaborasi dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan TACO untuk desain panggung pertunjukan dan instalasi yang kembali menghadirkan kreativitas tanpa batas. Karena itu diusung tema "Limitless" di Jakarta Fashion Week 2023 sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung industri kreatif di Indonesia.

Tahun ini, TACO kembali menghadirkan kreativitas tanpa batas melalui produk unggulan yang menggambarkan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi melalui produk maupun mendukung industri kreatif di Indonesia, termasuk mode Tanah Air, yang juga menjadi bentuk perayaan kreativitas dan kebangkitan industri mode setelah melalui masa pandemi. Anastasia Tirtabudi, Vice President Brand Marketing & Corp. Communication TACO menyebut, "Komitmen kami untuk mendukung industri kreatif kami wujudkan melalui ragam pagelaran kreativitas di Indonesia."

Karya interior tersebut hadir dengan nuansa futuristik dan modern. HPL Ultimate (High Pressure Laminates) bermotif Mirror menjadi produk unggulan TACO untuk menambah estetika pada pagelaran Jakarta Fashion Week 2023 dengan mengusung tema "Fashion Reformation. "Kami bangga bisa menjadi bagian dari JFW 2023 melalui berbagai produk demi mendukung kesuksesan pagelaran tahun ini,” jelas Anastasia. 

4 dari 4 halaman

JFW 2023 Hybrid

Svida menyampaikan selama 12 tahun lamanya, JFW digelar secara offline dan online sebagai pelengkap. Peragaan busana secara live streaming pertama dilakukan selama dua tahun belakangan akibat pandemi Covid-19. 

"Yang kita pelajari saat offline dan catching up ilmu dua tahun online, tahun ini menggabungkannya menjadi live show and live streaming. Show offline dan online atau O2O," kata Svida dalam konferensi pers JFW 2023 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 7 September 2022.

Suguhan pesta mode yang akan digelar di rooftop tersebut, dikatakan Svida, memungkinkan hadirnya experience 'see-now-buy-now'. Penonton dapat langsung membeli koleksi desainer setelah peragaan busana selesai. Rangkaian JFW 2023 nantinya diwarnai pengalaman retail multi-label terbaik hasil kurasi Fashionlink di area Atrium Level 2 PIM III dan Dewi Luxe Market ada di Ground Floor.

"Live show bisa belanja dan live streaming bisa belanja di Lazada. O2O JFW untuk pertama kalinya embracing O2O seutuhnya dari platform masa kini," terang Svida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.