Sukses

Gantikan Sesi Swimsuit di Miss Grand International 2022, Sportswear Competition Tampilkan Baju Sport Bermotif Batik

Selain untuk menghormati budaya Indonesia, Sportwear Competition dalam acara Miss Grand International 2022 juga membuka peluang bagi para desainer dalam merancang Sportwear.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang kontes kecantikan dunia, Miss Grand International 2022 telah memasuki babak Preliminary Night, yang digelar pada Sabtu malam, 22 Oktober 2022. Dalam acara Preliminary Night tersebut, 69 finalis Miss Grand International atau MGI 2022 menggunakan Sportwear. Sportswear Competition yang merupakan pengganti sesi Swimsuit Competition.

Kompetisi ini merupakan yang pertama kali diadakan dalam sejarah penyelenggaraan Miss Grand International. Ivan Gunawan selaku National Director Miss Grand Indonesia mengungkapkan bahwa pengantian Swimsuit Competition menjadi Sportwear Competition telah disetujui oleh Miss Grand International Organization sejak awal terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara Miss Grand International 2022 pada bulan Desember tahun lalu.

Bagi Ivan yang merupakan Founder Yayasan Dunia Mega Bintang, selain untuk menghormati budaya Indonesia, Sportswear Competition dalam acara MGI 2022 ini sekaligus membuka peluang bagi para desainer dalam merancang Sportwear. "Miss Grand International 2022 telah membuka peluang baru bagi para desainer, yaitu peluang untuk rancangan Sportwear ini. Terlebih sportwear merupakan baju yang sangat diperlukan oleh wanita masa kini, yaitu olahraga bukan lagi sekedar kebutuhan tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup," terang Ivan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (23/10/2022).

"Saya sangat senang dengan adanya penyelenggaran Miss Grand International 2022 ini. Saya bisa mendesain langsung Sportwear untuk para finalis, untuk motif batiknya dari Iwan Tirta Batik dan produksi dilakukan oleh produsen baju olahraga ternama Corenation Active," sambung Ivan.

Dalam acara yang berlangsung di Sentul International Convention Centre (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat tersebut, 69 finalis Miss Grand international tampak cantik dan elegan dalam menggunakan busana Sportwear yang merupakan kolaborasi antara Ivan Gunawan, Iwan Tirta Batik dan CoreNation.  Dalam kolaborasi ini, semua busana Sportwear didesain langsung oleh pria yang biasa disapa Igun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motif Batik Paling Kuno

Motif batiknya merupakan motif Kawung Mandala Bintang dari Iwan Tirta Batik. Sedangkan seluruh busana Sportwear diproduksi oleh CoreNation sebuah brand fashion sports apparel karya anak bangsa yang sudah dikenal luas dari Sabang sampai Merauke.

Untuk motif batik yang dipilih oleh Iwan Tirta Batik adalah Kawung Mandala Bintang, yang merupakan salah satu motif batik paling kuno. Kawung mengandung filosofi tentang sikap bijaksana, bahwa setiap manusia sebaiknya selalu ingat asal-usul dan bersikap adil.

Untuk koleksi kolaborasi active wear, Iwan Tirta Private Collection bersama Corenation untuk MGI 2022, Kawung dihadirkan bersama Mandala sebagai simbol delapan mata arah angin. Makna dari simbol itu adalah bahwa manusia harus selalu dapat mengendalikan dirinya. Sedangkan Bintang memberikan arti “yang bersinar” sebagaimana Miss Grand International 2022.

Setelah membawakan Sportwear, Finalis MGI 2022 juga membawakan Gaun Preliminary. Dan dalam ajang Preliminary Night tadi malam, Indonesia menampilkan Andina Julie sebagai waklinya untuk berkompetisi dengan para wanita cantik lainnya dari berbagai belahan dunia.

3 dari 4 halaman

Kontes Kostum Nasional

Andina Julie menggunakan official Gown Miss Grand Indonesia 2022 yang dirancang oleh Wiki Wu dan dikolaborasikan dengan Le Ciel Deseign for syntetic diamond torso chains. Gaun yang dikenakan Andina memiliki tema Matahari. Tema ini dipilih dengan filosofi, Matahari selalu dengan tulus memberikan sinarnya sepanjang hari kepada semua makhluk di bumi tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Ajang Miss Grand International 2022 akan menuju puncaknya pada Selasa, 25 Oktober 2022. Menjelang acara tersebut diadakan kontes-kontes lainnya seperti kostum nasional. Wakil Indonesia di Miss Grand International 2022 berhasil masuk jajaran 10 besar.

Informasi ini tertera dalam unggahan di akun Instagram resmi kontes kecantikan tersebut, Sabtu, 22 Oktober 2022. Dalam keterangannya tertulis, "Ini adalah hasil pemungutan suara untuk kostum nasional #TOP10 (Putaran1), total skor dari 2 kanal, Instagram dan Facebook Miss Grand International, dengan urutan skor sebagai berikut:"

1. Miss Grand Thailand

2. Miss Grand Vietnam

3. Miss Grand Indonesia

4. Miss Grand Kamboja

5. Miss Grand Brasil

6. Miss Grand Malaysia

7. Miss Grand Myanmar

8. Miss Grand India

9. Miss Grand Mozambik

10. Miss Grand Mauritius.

4 dari 4 halaman

Reog Ponorogo

Hasil pemungutan suara tercatat hingga pukul 11.59 (waktu Jakarta) pada 22 Oktober 2022. "Kami akan segera membuka voting di #Round2 untuk menemukan empat besar Kostum Nasional. Pilih melalui dua saluran: Instagram dan Facebook Miss Grand International. Namun, pemilih harus mengikuti Facebook dan Instagram MGI terlebih dahulu, jika tidak, suara mereka tidak akan dihitung," mereka menyambung.  "Hasil dari 10 kostum nasional lain yang dipilih juri akan diumumkan kembali pada malam ini. JANGAN LEWATKAN!" tandas MGI.

Sebelumnya, Andina Julie telah tampil di pentas Kostum Nasional Miss Grand International 2022.  Acara ini terselenggara di SICC, Kamis, 20 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Jumat, 21 Oktober 2022, terdapat lebih dari 60 kontestan memamerkan kostum nasional yang merepresentasikan budaya dan tradisi negara mereka. Di antaranya, Miss Grand Indonesia 2022 tampil menawan mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

Kostum nasional Indonesia di ajang Miss Grand International 2022 mengusung tema "The Mystical Art of Reyog." Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan dan aura mistis Reog Ponorogo, sebuah seni tari tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Sosok di balik penciptaan kostum nasional yang spektakuler tersebut adalah desainer asal Bali, Inggi Indrayana Kendran. Rancangan dasarnya dibuat Grandeffyl. Tampilan anggun nan gagah tercipta ketika Andina berbalut kostum yang didominasi warna emas dan hitam tersebut. Simbol utama dari Reog Ponorogo ditampilkan lewat karakter Singa Barong, atau sebutan populernya Barongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.