Sukses

Dibintangi Kim Yoo Jung, Simak Sinopsis Film Nostalgia Era 90-an 20th Century Girl

Film 20th Century Girl yang dibintangi Kim Yoo Jung sudah tayang di Netflix sejak kemarin, Jumat, 21 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Dibintangi Kim Yoo Jung, film orisinal terbaru Netflix 20th Century Girl telah tayang pada Jumat, 21 Oktober 2022. Itu merupakan tayangan romansa remaja berlatar tahun 1999 yang akan menjanjikan penonton bernostalgia dengan item retro, mode, dan musik.

Melansir Asian Wiki, Sabtu (22/10/2022), sinopsis 20th Century Girl, yakni mengikuti cinta dan persahabatan pertama seorang siswa sekolah menengah. Bo Ra (diperankan Kim Yoo Jung) adalah siswa SMA berusia 17 tahun.

Ia pandai taekwondo, serta memiliki kepribadian yang ceria dan positif. Bo Ra juga anggota klub penyiaran di sekolahnya. Woon Ho (diperankan Byeon Woo Seok) adalah anggota dari klub penyiaran yang sama.

Bo Ra berteman baik dengan Yeon Doo (diperankan Roh Yoon Seo) yang bersekolah di sekolah yang sama. Yeon Doo naksir sesama siswa Hyun Jin (diperankan Park Jung Woo). Yeon Doo pun meminta Bo Ra mencari tahu segala hal tentang Hyun Jin, sementara ia pergi ke Amerika Serikat untuk menjalani operasi jantung.

Setelah itu, Bo Ra mulai mengamati Hyun Jin dari dekat dan mengumpulkan informasi tentangnya dari temannya, Woon Ho. Selama masa ini, Bo Ra jadi dekat dengan Woon Ho dan Hyun Jin.

Mengutip Korea Times, sutradaranya, Bang Yoo Ri, mengatakan, ia menulis naskah film Korea ini berdasarkan pengalamannya sendiri bertukar buku harian dengan temannya. Ia berpikir ceritanya bisa beresonansi dengan audiens yang lebih luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentimen Masa Lalu

Bang bercerita, "Itu dimulai dari buku harian yang saya tukarkan dengan teman saya. Sekitar 80 persen dari buku harian itu tentang seorang anak laki-laki yang saya sukai." Ia menyambung, film itu berlatar 1999, tahun yang dipenuhi kegembiraan menjelang milenium baru, untuk mencerminkan fase gejolak emosi yang dialami para remaja.

"Saya sedikit khawatir bahwa para aktor mungkin tidak memahami sentimen masa lalu, tapi mereka semua memiliki sentimen yang sama dan menyukainya," kata Bang.

Kim Yoo Jung, yang lahir pada 1999, mengatakan bahwa ia menemukan hal-hal lama masih bisa jadi trendi dan berharap pemirsa muda dapat merasakan getaran tahun 90-an. "Saya pertama kali melihat disket saat syuting," ia mengatakan.

"Saya juga berpikir akan bagus untuk memiliki toko penyewaan video," katanya. "Kami semua sangat suka mengenakan pakaian tahun 1990-an."

Film orisinal Netflix tersebut telah ditayangkan perdana selama Festival Film Internasional Busan yang diadakan awal bulan ini.

3 dari 4 halaman

Teaser Film

Mengutip Soompi, Netflix Korea sebelumnya telah membagikan teaser film tersebut pada akhir bulan lalu. Saat itu, Kim Yoo Jung menggambarkan keindahan dan rasa sakit cinta pertama dalam film tersebut.

Diperlihatkan bahwa suatu hari di musim dingin, Bo Ra menemukan rekaman video yang berisi kenangannya dari tahun 1999. Seperti telah disinggung, saat itu ia jadi mak comblang sahabatnya Yeon Doo dalam menemukan kesuksesan dengan cinta pertamanya.

Dalam poster teaser yang dibagikan, Bo Ra fokus pada apa yang ada di depan sambil memegang camcorder-nya. Sambil mengawasi percintaan sahabatnya, Bo Ra malah jatuh cinta juga.

Ia membuat pemirsa penasaran tentang siapa yang ia rekam dalam teaser tersebut dan siapa yang ia lihat dengan begitu intens. Poster itu menyatakan, "Semua yang ingin kita ketahui tentang cinta pertama."

Klip teaser dimulai dengan kaset lama yang menunjukkan kenangan Bo Ra dari tahun 1999. Ketika sahabatnya Yeon Doo dengan malu-malu mengatakan kepadanya, "Hatiku … telah dicuri," Bo Ra yang berusia 17 tahun mengeluarkan napas panjang.

4 dari 4 halaman

Dijanjikan Menyentuh Hati

Lebih lanjut teaser itu memperlihatkan, setelah jatuh cinta pada pandangan pertama, Yeon Doo baru tahu bahwa nama perempuan yang disukainya adalah Baek Hyun Jin. Terlepas dari kurangnya informasi ini, Bo Ra bertekad memastikan cinta pertama temannya berhasil dan berjanji mencari tahu segalanya tentang Hyun Jin.

Bo Ra mengumpulkan sejumlah informasi yang Yeon Doo ingin ketahui tentang perempuan yang disukainya itu dan pergi mengamati Hyun Jin untuk mengisi bagian yang kosong. Melalui teman terdekat Hyun Jin, Woon Ho, Bo Ra mengetahui tinggi badannya, minatnya, dan banyak lagi.

Juga, secara alami jadi dekat dengan kedua orang tersebut. Saat Bo Ra terus menghabiskan lebih banyak waktu dengan kedua pria itu, ia mulai mengembangkan perasaan untuk Woon Ho, yang dengan malu-malu ia akui dalam email ke Yeon Doo.

20th Century Girl dijanjikan menyentuh hati pemirsa karena menangkap kenangan cinta pertama seorang anak berusia 17 tahun, serta refleksi dan perspektif Bo Ra tentang hubungan tersebut setelah ia dewasa. Ini akan jadi film komersial full-length pertama sutradara Bang Woo Ri setelah diakui di Blue Dragon Film Awards untuk film pendek Mrs. Young.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.