Sukses

Meriahnya Koleksi Kolaborasi Para Desainer dan Brand Lokal di JMFW 2023

Enam desainer dan brand lokal unjuk gigi di landasan pacu JMFW 2023 dalam proyek kolaborasi dengan Wardah.

Liputan6.com, Jakarta - Sederet karya kolaborasi desainer Indonesia hadir dalam gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang dihelat pada 20--22 Oktober 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Dalam kolaborasi bersama Wardah di hari pertama JMFW 2023, Kamis 20 Oktober 2022, hadir di satu panggung koleksi Itang Yunasz, Dear Dein x Atas Bawah, Barli Asmara, KHANAAN, Buttonscarves x Benang Jarum, dan Jenna & Kaia.

Tak hanya menampilkan deretan koleksi, Wardah mengajak enam perempuan inspiratif untuk jadi muse mereka di JMFW 2023. Koleksi busana dari masing-masing desainer dikenakan muse yang memiliki keunikan dan keberagaman perempuan Indonesia, yaitu Dhini Aminarti, Donita, Zee Zee Shahab, Soraya Larasati, Fanny Fabriana, dan Nina Zatulini.

Tiara Putri, Head of Wardah, mengatakan, "Kolaborasi positif Wardah dengan seluruh pemangku kepentingan industri fesyen diharapkan dapat berdampak dan bermanfaat untuk seluruh fashion designer tanah air agar termotivasi dalam menciptakan karya yang dapat bersaing di pasar internasional."

Pihaknya berharap label fesyen dalam negeri bisa mendapat akses lebih mudah untuk mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas. Sementara, di landasan pacu JMFW 2023, desainer kenamaan Itang Yunasz membawakan koleksi bertajuk "Mesa Stila."

Inspirasinya didapat dari keindahan resort Mesastila di Magelang, Jawa Tengah. Dijelaskan bahwa akomodasi tersebut dikelilingi tujuh gunung dengan panorama menawan dan pepohonan rindang. 

"Diawali dengan warna hijau, biru langit, dan temaram cahaya orange kemilau dari bunga dan tanaman yang tumbuh indah di sana jadi motif dari koleksi yang saya hadirkan di atas bahan satin dan linen polyester," ujar Itang saat konverensi pers JMFW 2023, Kamis 20 Oktober 2022. 

Tercatat ada delapan artikel dengan gaya long dress longgar yang dipersentasikan Itang. Sentuhan warna rose gold pearl sesuai tema riasan wajah pun menambah kesan eksotis koleksi resort kali ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usung Feminitas

Selanjutnya, ada deretan koleksi modest wear milik Dear Dein x Atas Bawah. Bertajuk "Beauty and Diversity," mereka mengangkat tema keberagaman budaya songket sebagai salah satu warisan budaya dari Palembang.

Dalam mempresentasikan karyanya, unsur budaya Palembang hadir dalam aksesori yang dikenakan para model, termasuk oleh Dinda Hauw yang jadi muse kali ini. Tampak beberapa di antaranya siluet ala putri duyung dengan potongan menyempit di bagian paha dikombinasikan bersama aksen lengan puff. 

Pemilihan bahan yang berkilauan tampak menambah percaya diri model yang mengenakannya. Dengan warna-warna cerah dan unsur wastra dari songket Palembang, koleksi tersebut diberi sentuhan modern dan feminin dengan unsur layering pada tiap potongan. 

Adapun judul koleksi ini merupakan salah satu cara Dear Dein menyebarluaskan pesan kebaikan bahwa setiap wanita di seluruh dunia itu cantik dan beragam. Mereka percaya bahwa setiap tindakan kecil yang dilakukan akan berdampak pada orang lain. 

 

3 dari 4 halaman

Tampil Menawan Tanpa Repot

Kemudian, untuk JMFW 2023,  KHANAAN membawakan koleksi peralihan atau disebut dengan koleksi Resort untuk menyambut Spring/Summer 2023. Menampilkan siluet yang anggun, namun ringan dan tak lekang waktu, koleksi itu disebut membuat pemakainya tampil cantik dan anggun tanpa kesulitan.

Selain itu, koleksi ini dibuat dengan karakter dan potongan yang bisa dipakai hingga 3--5 tahun ke depan. Karakter warna yang dipakai dalam koleksi ini pun dipilih dengan warna yang mudah dipadu-padankan, namun tetap dapat dipakai dalam waktu yang lama. 

Lanjut, ada koleksi dari Buttornscarves x Benang Jarum. Kali ini, mereka berkolaborasi bersama Disney untuk menghadirkan busana bertema "The Wonderland" dalam gelaran JMFW 2023.

Koleksi kolaborasi tersebut terinspirasi dari salah satu film Disney berjudul Alice in Wonderland dan merepresentasikan Alice sebagai karakter utama yang dikenal sebagai seorang pemimpi, pemberani, dan selalu ingin tahu.

 

4 dari 4 halaman

Koleksi Menginspirasi

Hadir dengan kombinasi warna dan motif yang bold dan trendi, koleksi Button Scarft X Benang Jarum ini bisa jadi  inspirasi para wanita yang ingin tampil stylish, modern, dan elegan. Motif pada koleksi ini menampilkan perpaduan harmonis antara elemen geometris dengan bunga-bunga berbentuk unik.

Perpaduan warna membuat koleksi ini semakin terlihat feminin, manis, dan atraktif. Terdiri dari shirt, dress, dan rok, koleksi ini menghadirkan desain modern, elegan, dan bergaya. Rangkaiannya juga mengeksplorasi aksen klasik dan tak lekang waktu, seperti puff sleeve, pleated, hingga smocked.

Berbagai material yang nyaman dan flowy, seperti satin, katun, dan tile dengan sentuhan modern dan dreamy jadi daya pikat tersendiri. Melalui koleksi yang dirancang dengan desain yang elegan ini, ditunjukkan pula kekuatan padu-padan antara Buttonscarves dan Benang Jarum.

Dengan memberikan sentuhan akhir yang elegan, Buttonscarves menampilkan berbagai aksesori untuk melengkapi. Ini termasuk scarf, tas, ikat pinggang, dan sepatu yang ditujukan untuk menambahkan kesan elegan pada keseluruhan koleksi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.