Sukses

Ragam Aktivitas Seru Anies Baswedan Usai Lepas Masa Tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta

Selepas tak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjalani beragam aktivitas yang dibagikannya di Instagram pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta telah berakhir pada Minggu, 16 Oktober 2022. Lepas masa tugas jadi orang nomor satu di ibu kota, Anies menjalankan beragam aktivitas.

Momen-momen tersebut dibagikan Anies melalui unggahan di akun Instagram pribadi. Berdasarkan saran dari warganet, Anies diusulkan untuk rehat sejenak dan hal tersebut dijalankannya di hari pertama lepas masa tugas, yakni pada Senin, 17 Oktober 2022.

"Alhamdulillah, hari pertama kembali sebagai warga Jakarta. Bareng Fery jalan kaki ke sekolah Kaisar, untuk menghadiri undangan pertemuan orang tua dan guru, yang sudah lama absen," tulis Anies Baswedan dalam kolom keterangan unggahannya.

Dalam potret yang dibagikan Anies, ia tampak berbalut kemeja batik lengan pendek dipadu celana bahan dan sepatu hitam. Sedangkan sang istri berjalan di sampingnya dengan berbalut kemeja lengan panjang bermotif garis-garis dengan hijab biru senada.

Sesampai di sekolah buah hati, mereka menuju salah satu ruang kelas untuk pertemuan orangtua. Ada pula momen kala Anies berbincang dengan lainnya di ruang kelas tersebut.

Momen tersebut juga diabadikan dalam potret bersama di muka kelas. Setelah pertemuan tersebut, ada banyak hal yang ternyata dilalui oleh pria berusia 53 tahun tersebut.

"Di perjalanan pulang, Fery menyempatkan belanja beberapa mangga dan ikat rambut di pedagang keliling dekat rumah," lanjutnya.

Hal tersebut juga terabadikan dalam potret yang diunggah mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Sang istri, Fery, terlihat tengah memilih mangga dari gerobak pedagang keliling.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali ke Rutinitas

Sesampainya di gang depan rumah, Anies melihat anak-anak bermain sepak bola sehingga ia mengajak mereka main tendang dan tangkap bola. Kegiatan lainnya berlanjut pada sore hari saat ia kembali ke rutinitasnya.

"Sore harinya bisa kembali melakukan rutinitas untuk memandikan koleksi burung sekaligus memberi mereka pakan, ada Anis Merah, Kacer, dan Kenari yang menemani suasana sore di rumah kami," tutupnya.

Dalam potret yang dibagikan, Anies terlihat sedang terduduk ke kebun rumahnya sembari memandikan koleksi burung yang ada di dalam sangkar. Ia juga tampak membersihkan sangkar dengan di kelilingi oleh koleksi burung lainnya dengan beberapa sangkar ada di dekatnya.

Sebelumnya, Anies juga tampak menaiki vespa dengan rombongan lainnya. Sembari tersenyum, satu tangannya melambai di udara.

"Setelah mengembalikan mandat ke warga Jakarta, kembali menjadi warga Jakarta. Terima kasih kepada teman-teman yang menemani pulang ke Lebak Bulus, juga kepada yang sudah menunggu dan menyambut di rumah," tulis Anies.

3 dari 4 halaman

Ucap Syukur

"Alhamdulillah, lima tahun yang dijalani dan diiringi dengan doa, dukungan, dan dampingan dari Ibu/Bapak semua, dan amanah itu tuntas dilaksanakan," lanjut Gubernur DKI Jakarta periode 2017--2022 tersebut.

Anies menjelaskan bahwa tugasnya di Jakarta memang telah selesai, namun tidak dengan kebersamaan. "Insya Allah kita tetap berjalan bersama, maju ke depan. Bila ada niat baik, dikerjakan dengan cara-cara yang baik, bersama dengan orang-orang baik, maka Insya Allah akan membuka pintu kesuksesan ke depan," tambahnya.

Ia juga mengunggah momen ketika berada di Balai Kota DKI Jakarta yang disambut lautan relawan Anies. Dikatakan Anies, di tempat itu lima tahun lalu ia diantar sebagai Gubernur DKI Jakarta dan juga dilepas di tempat yang sama.

"Begitu banyak yang datang untuk menyampaikan langsung salam perpisahan dan menitipkan harapan, bahkan sudah menunggu di Balaikota sejak subuh. Balaikota tak muat menampung semua antusiasme teman-teman, hingga tumpah ruah memenuhi Medan Merdeka Selatan. Terima kasih bagi semua yang telah hadir maupun ikut mengapresiasi dari jauh. Terima Kasih Jakarta," terangnya.

4 dari 4 halaman

Acara Perpisahan

Dikutip dari News Liputan6.com,  Anies Baswedan menghabiskan waktu terakhirnya menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama para pendukungnya di Balai Kota Jakarta hari ini, Minggu, 16 Oktober 2022. Acara perpisahan Anies digelar begitu meriah. Selain diramaikan dengan iringan musik dangdut, deretan spanduk dari sejumlah warga bertuliskan "Terima Kasih Anies" turut meramaikan suasana.

Kesempatan untuk berswafoto ria dengan mantan Mendikbud itu bahkan tak disia-siakan warga Ibu Kota di hari terakhir Anies menjabat sebagai gubernur. Momen menarik lainnya, saat terdengar seruan Anies untuk Presiden di 2024 menggema di balik kerumunan warga. Mendengarnya, Anies yang tiba pada pukul pukul 09.20 WIB di Balai Kota Jakarta, hanya tersenyum.

Pada kesempatan berpidato, mantan Menteri Pendidikan itu menyatakan masih ada pekerjaan lain yang telah menantinya setelah tak lagi menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. "Saya tidak akan bicara panjang-panjang karena kerja untuk bangsa dan negara ini masih panjang ke depan, satu babak berakhir mari sambut babak berikutnya," kata Anies ketika pidato di atas podium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.